Mengisi waktu luang dengan menonton acara musik melalui siaran stasiun televisi (tv) kadang bikin kamu malas. Bukan karena nggak suka dengan aliran musiknya, tapi musisi yang dihadirkan itu-itu aja. Padahal masih banyak musisi lain yang layak tampil memanjakan telinga dan mata para pemirsa. Entah karena stasiun tv “latah” dengan genre yang lagi digandrungi masyarakat atau tuntutan dari pemiliki tv yang punya hubungan baik dengan musisi tertentu, lambat laun bikin kamu ogah menonton acara musik.

Itulah kenapa sebaiknya kamu sesekali menonton acara konser musik langsung. Karena kenyataannya, para grup band yang jarang tampil via tv ini punya musik dan aksi panggung keren lho! Nggak hanya lirik-liriknya yang “menyentil” pemerintah maupun masyarakat, tapi juga kostum nyentriknya dan penampilan berkesannya berbeda dari musisi lain pada umumnya.

Advertisement

Siapa aja ya para grup band yang dikenal dengan aliran musik alternatif dan live performance kerennya? Langsung aja yuk simak!

1. The one and only: Endank Soekamti. Belum sah sebagai penikmat musik kalau belum nonton mereka secara langsung. Pasti bikin gregetan!

Grup band yang nggak sekadar band ini memang layak kamu lihat aksi panggungnya. Bukan sekadar memainkan lagu-lagu yang bikin kamu semangat, tapi juga kostum dan penampilan nyentrik mereka. Endank Soekamti ini nggak segan mengeluarkan daya kreativitasnya untuk memberikan aksi terbaiknya. Nggak heran penampilan ala joker hingga badan dicat mereka lakukan. FYI, pada 2015 grup band yang juga membuat film, buku, dan sekolah animasi ini pernah menyabet penghargaan The Best Stage Performance dari majalah HAI lho. Sayangnya, baru beberapa waktu belakangan band ini kehilangan Ari Dwi Hamzah, sosok drummernya yang menyatakan untuk mundur.

2. Rugi banget kalau kamu cuma nonton Superman Is Dead via Youtube aja. Keriuhan live concert mereka nggak ada yang ngalahin deh!

yakin nggak mau nonton?

yakin nggak mau nonton? via irockumentary.com

Penampilan dari Superman Is Dead (SID) selalu memberikan pesan ke para penikmatnya. Mereka bukan cuma menyanyikan lagu-lagunya yang mengkritik pemerintah aja, tapi juga membawa pesan untuk menjaga lingkungan. Berbagai orasi lingkungan sering banget SID lakukan. Kebayang dong seperti apa keriuhan live concert mereka? Yuk ah buruan move on dari Youtube! ;p

3. Jangan lupakan Efek Rumah Kaca. Pada konser awal tahun ini, mereka sukses memanjakan telinga dan mata kamu dengan konsep yang unik!

wah banget!

wah banget! via malesbanget.com

Advertisement

Awal 2016 ini, Efek Rumah Kaca (ERK) mengadakan konser di Jakarta. Tentu bukan sembarang konser dengan berisi nyanyian dari album-album aja, tapi konsep unik yang dihadirkannya. Mulai dari lagu-lagunya yang dibuat mengharukan dengan orkestra hingga visualisasi melalui lighting keren yang mampu merepresentasikan pesan lagu-lagunya. Tuh, nggak rugi kan?

4. Mungkin kamu penggemar Pee Wee Gaskins dari zaman sekolah. Tapi apa nggak penasaran dengan live performance mereka sekarang kayak apa?

super!

super! via www.bintang.com

Grup band satu ini udah cukup lama berkecimpung dalam industri musik alternatif Tanah Air. Nggak heran sejak sekolah dulu kamu sering mendengarkan karya musik Pee Wee Gaskins. Hidup pun terus berjalan, lalu kamu yang udah makin dewasa apa nggak penasaran dengan Pee Wee Gaskins sekarang? Serius nggak mau lihat aksi panggung mereka saat menggabungkan lagu andalannya dengan lagu-lagu baru yang lagi hits? ;D

5. Ada juga The S.I.G.I.T nih – grup band yang musiknya selalu menemani hari-harimu dari zaman sekolah. Duh, rugi deh kalau nggak nonton langsung!

bohemian <3

bohemian <3 via www.tribunnews.com

Grup band yang personilnya serba gondrong dan bercelana cutbray ini juga merupakan teman setiamu saat zaman sekolah dulu. The Super Insurgent Group of Intemperance Talent (The S.I.G.I.T) memang punya ciri khas yang bikin kamu puas menikmati karya musik dan penampilannya. Gaya bohemiannya yang sesuai dengan pesan lagu-lagunya ini bikin keriuhan suasana aksinya selalu hidup. Kamu yang masih ragu nonton mereka, duh rugi banget deh!

6. Ini lho Payung Teduh – band yang memberikan kamu keteduhan saat mendengarkan lagu-lagunya. Yakin nggak mau menikmati penampilan mereka dengan mata telanjang?

meneduhkan suasana hati ~

meneduhkan suasana hati ~ via www.warningmagz.com

Siapa yang mau menolak keteduhan yang diberikan Payung Teduh? Lagu-lagu cinta yang mampu menyayat hati ini sukses bikin kamu tenang dan “terhipnotis” sejenak dengan keteduhan aksi  panggung mereka. Makanya kamu yang lagi baik-baik aja atau emosi sedang bergejolak, nggak ada salahnya nonton mereka dengan mata telanjang lho. Yah, demi hati yang makin adem dan lebih bahagia tentunya. ;D

7. Band dengan vokalis cewek kayak White Shoes and The Couples Company juga nggak kalah keren. Serius masih ragu?

lucuu <3

lucuu <3 via www.lifeinkl.com

Jawaranya musik alternatif yang sukses bikin kamu menikmati konser dengan khidmat nggak cuma milik grup band dengan vokalis cowok, tapi cewek juga. Hal ini pun jatuh pada White Shoes and The Couples Company. Karena pada aksi panggungnya, mereka memanjakan kamu dengan suara merdu vokalis yang dibalut indah dengan aransemen musiknya. Ditambah lagi tarian dari personil yang bikin kamu makin kagum dengan mereka. Yakin masih nggak mau nonton mereka secara langsung? ;D

8. Perjalanan musiknya udah cukup lama. Nggak salah kalau penampilan Maliq & d’Essentials wajib kamu lihat secara langsung!

zuIyjiDdWa

buruan nonton deh! via www.metrotvnews.com

Lagu-lagu Maliq & d’Essentials selalu sukses membawamu “pergi sejenak” menikmati bait demi bait. Aransemen musik yang berpadu dengan variasi vokal Angga dan Indah saat bernyanyi telah membuktikan penampilan menarik seperti apa. Ditambah dengan koreografi personil pada beberapa lagu membuat indra penglihatan dan pendengaranmu benar-benar dimanjakan. Duh, jangan lagi berpikir dua kali untuk menonton aksi panggung mereka ya!

 

Grup band alternatif ini memang layak kamu lihat secara langsung. Totalitas vokal, aransemen musik, tata panggung, dan berbagai kejutan-kejutan aksinya mampu membuat dirimu berdecak kagum. Makanya, coba deh cari jadwal live performance mereka terus datangi acaranya. Dijamin bakalan puas udah pernah nonton mereka walau hanya sesekali. ;D

Kalau nonton konser Slank menurut kamu gimana? 😀

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya