Sudah entah berapa lama kamu tak pulang ke rumah. Kesibukan hingga rasa nyaman di tempat rantau membuatmu terus menunda-nunda rencana pulang. Hey, sudah lupakah kamu pada rasa rindu dengan rumah, kampung halaman, juga orang-orang terkasih yang menunggumu?

Kalau kamu masih yakin untuk nggak pulang dalam waktu dekat, mungkin kamu harus coba mendengarkan lagu-lagu yang sudah Hipwee list di bawah ini. Jangan remehkan kekuatan dari musik, karena dijamin 10 lagu ini nggak cuma bikin kamu –si perantau yang nggak pulang-pulang — baper, tapi juga ingin segera pulang.

Advertisement

Penasaran? Simak ya!

1. Yakin nggak mau pulang? Mungkin rindu yang menyesak memang harus dibangkitkan. Coba deh dengarkan lagu dari Float yang berjudul Pulang…

Petikan gitar yang membuka lagu membuat pikiran kamu santai sejenak, sebelum akhirnya rindu digiring masuk ke sana dengan menggebu. Nggak cuma aransemen musiknya, lirik dari band dengan tiga personil ini benar-benar akan membangkitkan rindu yang sudah kamu pendam lama

Dan lalu…
Air mata tak mungkin lagi kini
Bicara tentang rasa
Bawa aku pulang, rindu!
Segera!

Jelajahi waktu
Ke tempat berteduh hati kala biru

2. Tentang Rumahku dari Dialog Dini Hari, nggak akan bisa membuatmu menghindar dari gambaran rumah yang nyaman

Bayangkan rumahmu, yang meski tak seberapa besar tapi menyediakan segala kehangatan. Belum lagi cerita-cerita tentang mimpi dan harapan yang tercipta di sana. Apa itu belum cukup kuat untuk memanggilmu pulang? Atau bayangkan saja orang-orang yang ada di dalam rumah itu, yang selalu menunggu kedatanganmu. Sejatinya rumahmu adalah tempat perhentian dari setiap langkahmu.

Advertisement

Rumah mungil dan cerita cinta yang megah… Bermandi cahaya di padang bintang… Aku Bahagia… Tentang Rumahku…

3. Lagu Rantau dari Silampukau, buat arek-arek Suroboyo yang nggak pulang-pulang

O, demi Tuhan, atau demi setan,
sumpah aku ingin rumah untuk pulang!

Tujuh tahun yang lalu,
impian membawaku ke Surabaya: berharap jadi kaya.

Liriknya-lirik lagu Silampukau memang nggak pernah mendayu dengan kata-kata manis. Tapi jangan salah, kata-kata seperti “jahanam atau kejam” di sana justru bisa membunuh keengganan kamu untuk pulang. Meski pemilihan katanya “realistis”, alunan gitar yang mengiringi lagu band asal Surabaya ini tetap bisa membuatmu merenung tentang rumah dan kampung halaman.

4. Ingat orangtuamu di kampung halaman lewat Ku Kan Pulang dari Dialog Dini Hari. Dijamin membuat kamu segera membuat rencana untuk pulang

Ingat-ingat sudah berapa lama kamu nggak pulang? Setahun atau mungkin dua tahun? Sadar nggak, kalau di rumahmu di kampung halaman sana ada orang tua yang menunggumu dengan usia mereka yang semakin menua. Jangan sampai kamu pulang di saat mereka yang menunggumu sudah tak ada. Cepat pulang ya.

Lamakah aku pergi
Hingga tak sadar rambutmu makin memutih
Banyak waktuku yang terbuang rugi

Lamakah aku pergi
Hingga tak sadar beribu kisah ingin ku bagi
Berilah aku waktu sebentar lagi

5. Lagi-lagi Di Beranda dari Banda Neira mengingatkan kamu pulang demi kedua orangtua yang menunggu di sana

Dan jika suatu saat
Buah hatiku, buah hatimu
Untuk sementara waktu pergi
Usahlah kau pertanyakan ke mana kakinya kan melangkah
Kita berdua tahu, dia pasti
Pulang ke rumah

Pada akhirnya, memang pulang adalah tujuan akhirmu. Tapi bukan berarti kamu terus menunda-nundanya. Lagu yang dimainkan oleh pasangan yang berasal dari dua tempat berbeda ini, juga masih sama mengingatkan kamu untuk pulang dengan bayang-bayang orangtua. Kamu dibawa mereka untuk membayangkan, perbedaan suasana rumah yang dirasakan oleh orangtuamu saat buah hatinya tak lagi tinggal serumah. Yakin belum mau pulang?

6. Tunggu Aku di Jakartamu dari Sheila on 7, cocok buat kamu yang merantau sekaligus LDR-an

SheilaOn7

Tunggulah aku di Jakartamu
Tempat labuhan semua mimpiku

Sebelum berangkat pergi ke pulau nan jauh di sana, kamu ingat janji yang pernah terucap untuknya? Atau malah kamu memberikannya banyak harapan tentang mimpi masa depan bersama di kota itu, semata agar dia tak hilang dari kehidupanmu. Coba deh dengar lagi lagu lawas dari band asal Jogja ini. Biar kamu yakin untuk segera pulang menemuinya.

7. Terlalu banyak kenangan di lagu Aku Ingin Pulang Ebiet G Ade. Apalagi kalau Ayah/Ibumu sering dengerin Ebiet — jadi tambah baper deh

ebietgade

Lagu di jaman bapak-ibumu masih muda ini harus kamu dengarkan. Kalau saja rindu nggak cukup buat kamu ingin pulang, mungkin kenangan serta perasaan lain yang bergulat di dirimu bisa meluluhkan keteguhan hati tak pulang.

Lihatlah aku terkapar dan luka… Dengarkanlah jeritan dari dalam jiwa
Aku ingin pulang… Aku harus pulang

Duh, kenapa pakai ada luka dan jeritan jiwa? Jadi baper nih…

8. Seperti kata Ello, Pergi Tuk Kembali. Akhir dari perjalananmu adalah dia yang menanti

a78hrVtohF

Aku pergi takkan lama

Hanya sekejap saja

Ku akan kembali lagi

Asalkan engkau tetap menanti…

Sekali lagi kamu harus ingat, ada banyak orang yang menantimu pulang, karena janjimu pun dulu demikian.

9. Buat kamu yang mungkin lupa, Dik Doank juga punya lagu berjudul Pulang

Dik Doank - Pulang

Dik Doank – Pulang via youtube.com

Penyanyi yang hits di tahun 90-an ini sekarang lebih dikenal sebagai aktivis sosial lewat sekolahnya, Kandank Jurank Doank. Tapi kamu belum lupa dong kalau Dik Doank punya lagu baper yang berjudul Pulang?

Terbayang bayang perhatikan kamarku
Mulai dari sepatu bola bututku
Gambar mantan pacar yang tak jemu jemu
Memandang kosong ruangan yang dulu..

Aduh, baper maksimal dengernya :'( Kamu dengerin juga dong, biar Hipwee ada temannya :”(

Gimana, udah dengar 9 lagu ini? Mendadak mau pesan tiket pulang nggak? Kerja keras di perantauan sih kewajiban, tapi jangan sampai lupa pulang ya. Sudah ada yang menunggumu di sana dengan cinta 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya