Cowok dan cewek memang diciptakan dengan berjuta perbedaan. Perbedaan tentunya ngga cuma sebatas fisik saja, tapi juga tingkat emosional dan pemikiran. Banyak yang bilang cewek lebih banyak pakai perasaan, sedangkan cowok lebih banyak menggunakan logika. Anggapan ini juga berlaku pada gaya belanja. Cewek akan kepikiran berhari-hari bahkan berbulan-bulan jika ada barang yang dia pengen tapi belum kesampaian beli. Cuma ya gitu, karena pake perasaan bikin para cewek kebanyakan mikir. Kalau cowok biasanya cuma akan melakukan dua hal kalau ada barang yang pengen dia beli, langsung dibeli atau ngga jadi beli aja sama sekali.

Ini nih perbedaan antara cowok dan cewek dalam berbelanja. Seperti apa uniknya perbedaan dua kaum yang ditakdirkan untuk bersama ini? Berikut jawabannya!

1. Cowok nggak masalah kalau belanja sendirian. Cewek bakal lebih senang kalau ada teman atau pacar.

belanja sendirian ngga masalah via dialog.scarborough.com

Seperti drama kolosal, cewek lebih suka berbelanja dengan para sahabatnya yang jumlahnya bisa lebih dari dua. Hal ini dikarenakan cewek beralasan semakin banyak teman yang ikut, semakin banyak pula pendapat yang bisa dia pertimbangkan untuk membeli sebuah barang. Tapi dengan catatan, cewek merasa nyaman berbelanja hanya dengan sabahat atau orang yang memang menjalin hubungan baik dengannya. Tidak bisa sembarang orang. Sementara cowok, sama siapa dan berapa orang yang ikut, tetep jalan.

2. Cowok (ngeliat barang), “Udahlah, aku ambil ini aja,”. Cewek: “Yang ini apa ini, ya? Bagusan mana?”

Cewek: Telitilah dalam memilih dan memilah! via efisecrets.gr

Advertisement

Ini yang bikin cowok gagal paham. Semisal beli shampoo, cewek akan mempertimbangkan: 1) wanginya, entah itu apel, jeruk, lavender, melati, alpukat, salak, #eh. 2) khasiat dari shampoo itu, untuk merawat rambut, menghitamkan rambut, menjaga rambut tetap lembut, mencegah kerontokan rambut, menguatkan akar rambut, dan lain-lain. 3) harga, dan 4) jumlah milligram untuk satu botol, sepadan nggak dengan harganya, atau beli yang botol kecil aja, harganya cuma beda dikit. Dan hal seperti ini berlaku untuk semua jenis barang yang ingin cewek beli!

Kata cowokmu: TERSERAH!

Sementara cowok, cuma butuh shampoo yang anti ketombe dan segera keluar dari antrean kasir. Cukup.

3. Cewek nggak pernah main-main soal nawar. Semakin dewasa, dia semakin tahu harga barang.

Mom: Murah yang ini, Nak, daripada yang di toko tadi. Ya, kan? via www.parenthub.com.au

Semakin senior seorang cewek, semakin jago dia menawar. Semakin jago seorang cewek menawar, semakin sedih abang yang dagang…

4. Cowok bakal beli barang pertama yang dia suka. Cewek biasanya nyobain satu barang, pindah ke toko lain, nyobain barang lain, baru balik lagi ke toko pertama. KENAPAA??

Teliti. Cari. Keliling. Cewek ketika membeli. via toppixgallery.com

Ih, yang di sana lebih murah tau! Barangnya juga lebih bagus.

Ya, udah, ke sana aja, yuk.

Cowok biasanya belanja karena memang lagi bener-bener butuh. Makanya, cowok akan langsung membelinya tanpa perlu repot-repot lagi. Sementara cewek, meski itu kebutuhan, dia tetap akan mencari barang yang harganya lebih murah. Cewek rela keliling semua toko yang ada di dalam mall demi mendapatkan harga barang yang lebih murah tapi dengan kualitas mewah. Sekalian sih buat olahraga kaki juga..

5. Cewek rela keluar malem-malem demi midnight sale. Cowok… mending nongkrong atau tidur sekalian.

BIG SALE!!! via www.nomi.com

DISKON 90%!!!

Cowok: …

Cewek: It’s time to party, Girls! Yeah!

Sudah menjadi tradisi sejak dulu kala. Mata cewek nggak bisa berdusta, jika barang dengan potongan lebih tinggi adalah hal yang seksi. Mereka akan berbondong-bondong membeli barang dengan tanpa perhitungan. Jika itu midnight sale, nggak masalah!

Jam midnight sale mending dipakai buat nonton pertandingan bola tim kesayangannya atau nongkrong bareng temen-temennya. Atau kalau nggak, ya sekalian aja buat tidur.

6. Cewek: “Ini bikin keliatan gendut ya? Aduh, gimana nih?”. Cowok (sambil ngelus perut): “Wah, perutku buncit. Gapapa, yang kayak gini disukain cewek,”

Nggak muat! Aaaaaaaaaaaak!!! via www.trbvis.com

Cewek: nggak pernah puas dengan apa yang sudah dibelinya. Cowok: ngga sabar pamer barang baru.

7. Cewek merasa dunia seolah runtuh, setelah dia membeli barang di toko A, sementara di toko B harganya lebih miring.

Bumi hancur karena selisih harga pakaian dalam cuma 500 perak. via toppixgallery.com

Cewek itu adalah makhluk yang sangat detail. Apalagi soal hitung-hitungan harga dan pengeluaran. Makanya ngga heran kalau cewek akan merasa rugi besar jika dia tahu harga yang dipatok untuk sebuah baju di toko A hanya selisih Rp500 dengan toko B. Dia pasti merasa sungguh menyesal tidak membeli barang yang ada di toko B.

Cowok sih mikirnya, “yaelah 500 doaaaang,”.

8. Cewek abis belanja: “Ih, seneng banget aku tadi abis dapet ini itu!”. Cowok abis (nemenin ceweknya) belanja: “……….” (hening saking bosennya).

abang lelah, dek via www.isciencetimes.com

Nggak salah kok cewek meluangkan waktu sehari penuh untuk membeli sesuatu. Karena belanja bagi cewek adalah refreshing, bisa untuk melepaskan penat setelah sibuk bekerja. Di hari libur, cewek bisa saja menghabiskan waktunya untuk seharian berada di mall. Sebab belanja atau window shopping adalah penghilang stres bagi cewek. Sementara kalau kamu cowok dan lagi nemenin cewekmu belanja, yaudah sabar aja yaaa…

Cowok dan cewek memang berbeda dalam segala hal, kecuali dalam cinta….