Artikel Hipwee ini dipersembahkan oleh Kesatria Semangat Mizone. Minuman yang bisa membangkitkan semangatmu demi mewujudkan mimpi.

Skripsi sering jadi momok yang membuat mahasiswa terseok-seok menyelesaikan studinya. Bukan karena gak bisa bahannya sih, kita justru lebih sering terjebak dalam kubangan lumpur hisap skripsi sekian lama karena malas mengerjakan atau kehilangan semangat di tengah jalan.

Padahal semangat skripsi itu tidak bisa didatangkan oleh siapapun, kecuali diri sendiri. Kalau sudah begini, apa yang harus dilakukan agar semangat itu bangkit lagi? Di sini Hipwee dan Mizone akan memberikan 8 realita yang bisa membuatmu melecut diri.

1. Paling gampang sih lihatin foto wisuda teman-teman sebelum mulai buka file skripsi. Biar kamu ingat kalau sebentar lagi nggak ada teman lagi

Mereka udah. Giliranku kapan? via tumblr.com

Februari: 25 temen lulus

Mei: 10 teman lulus, 5 diantaranya temen baik

Agustus: 8 teman lulus, 3 diantaranya teman baik

November: Kamu masih juga belum lulus

*backsound* “Sudah terlalu lama sendiri~*

2. Temen-temen udah mulai kerja sana-sini. Kamu, kapan dapet duit sendiri?

Sedih gak sih gak punya duit mulu? via giphy.com

Di suatu acara kumpul-kumpul seangkatam, teman-teman dengan santai memesan berbagai makanan. Bahkan mereka dengan ringan menawarkan mau pesan apa buat share dish yang bisa dimakan bersama. Sementara dalam otakmu….

“Anjir lah mahat amal sih makanannya. Alamat 2 kali gak makan siang deh ini sampai lusa.”

Hehe. Hehe. Ciyan belum lulus

3. Saat teman-teman udah mulai resepsi….maukah kamu terus terjebak dalam lumpur hisap skripsi tak berujung ini?

Teman = resepsi; Kamu = mahasiswa abadi via tumblr.com

2013;

“Kapan nikah?”

“Yaelaah…masih skripsi juga.”

2014:

“Belum mau nikah lu?”

“Belum kelar skripsi gue. Gila apa?”

2015:

“Lu nggak pengen nyusul anak-anak nikah? Kasihan pacar lu.”

“….masih skripsi.”

Pertanyaan: Itu skripsi apa memahat patung Kak? Butuh 3 tahun banget…

4. Orangtuamu makin pengen punya cucu. Waktu tak bisa menunggu

Mama udah mau cucu, Nak. Kamu kapan lulus? via tumblr.com

Orangtuamu gak bakal makin muda dari ke hari. Semakin dewasa, mereka makin ingin ada anak kecil unyu yang bisa menggantikan posisimu yang tak lagi lucu. Selain membahagiakan mereka dengan keberhasilanmu, hadiah apa lagi yang lebih menyenangkan selain..cucu?

5. Gak semua perusahaan mau menerima mahasiswa yang kuliah lama tanpa alasan kuat di baliknya. Yakin gak mau cepet lulus aja?

Errrrr lulus lama? Kenapa ya? via giphy.com

Gak papa sih lulus lama. Asal kamu punya alasan kuat yang bisa mendukung keputusanmu. Nah, kalau udah lulus lama – gak ngapa-ngapain lagi — perusahaan yang mau nge hire harus bilang apa?

Bayangin aja begini dalam interview,

(studi kasus 1)

Interviewer: “Wah lama ya lulusnya? 7 tahun?”

Kamu: “Oh iya Pak. Saya juga kerja dan mengembangkan bisnis.”

Interviewer: “Wow cool. Oke, kamu pekerja keras ya? Saya suka.”

(studi kasus 2)

Interviewer: “Wah lulusnya 7 tahun? Ngapain aja?”

Kamu: “………..”

Interviewer: “Santai aja Mas. Jadi ngapain 7 tahun?”

Kamu: “……” (dalam hati) Masa gue jawab pacaran sama main DoTA?

6. Stok cewek dan cowok single udah mulai berkurang diambil temenmu yang sukses duluan. Kalau lulus lama mah kamu bakal kalah saing di lapangan

Lulus lama = stok cowok dan cewek keren makin berkurang via tumblr.com

Waktu lagi ogah jadi Kesatria Semangat buat lulus cepat, coba bayangkan apa yang akan terjadi sama calon jodohmu di masa depan. Tiap tahun, stok cowok dan cewek ganteng makin berkurang karena diambil mereka yang udah sukses duluan.

Lulus lama = dapat sisa-sisa.

Ambil Mizonemu, minum secepat mungkin biar konsentrasi dan semangat balik lagi, sabar-sabarkan diri duduk manis menatapi skripsi malam ini.

7. Beasiswa yang kamu incar itu belum tentu ada lagi tahun depan. Kesempatannya cepat lulus, atau beasiswa melayang?

Lulus cepat atau beasiswa melayang? via tumblr.com

Sekarang banyak pemberi beasiswa yang terkenal loyal memberikan bantuan dana bagi mahasiswa Indonesia. Tapi…beberapa tahun lagi belum tentu kesempatan yang sama akan datang lagi. Bisa jadi situasi ekonomi kita makin membaik, jadi pemberi beasiswa ogah murah memberi beasiswa lagi.

Kalau gak lulus sekarang, belum tentu kesempatanmu mendapat beasiswa masih sebesar ini.

8. Ngingetin aja sih. Bentar lagi lebaran. di umurmu sekarang udah gak jaman dapat salam tempel lagi. Udah waktunya kamu bagi-bagi

Buruan lulus! Cari duit! via tumblr.com

20 tahun sudah kamu menerima salam tempel dari Oom Tante. Ponakan udah tambah banyak. Sekarang waktunya kamu yang berbagi. Buruan lulus! Cari duit!

Gimana? Cukup menampar gak buat cepat lulus secepat kilat? Tuh, skripsinya dikerjain buruan!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya