Kalau saja akun Friendstermu masih bisa dibuka sekarang, mungkin kamu akan melongo di depan komputer. lLlu geleng-geleng kepala, lalu mulai meragukan dirimu sendiri: Bener nggak sih ini dulu aku yang nulis?

Tenang aja, kamu nggak sendirian.Semua orang pasti pernah alay pada waktunya. Nggak perlu malu karena alay adalah salah satu tahap dalam proses pencarian jati diri kita. k4m03 y4Ng cKr4n6 k3Sus4h4n 84c4 k4L!m4t !n!, mungkin dulu pernah menulis dengan cara yang sama di salah satu akun media sosialmu.

Ingat nggak sih dulu kamu pernah main di warnet berjam-jam? Mulai dari chatting nggak penting sama orang asing, sampai serius banget desain profil Friendster kamu biar ciamik? Apa aja sih yang kamu lakukan untuk menjadi anak gaul nan alay pada masa itu? Nah, ayo coba buka lagi memorimu.

Untuk membantumu mengingat, Hipwee sudah mendaftar situs-situs dan aplikasi yang menemani masa alaymu.

1. Berbagai Aplikasi Chat yang selalu menemani hari-harimu

Jauh sebelum ada LINE, WhatsApp, Wechat, dan sebagainya, kamu sudah akrab dengan berbagai situs chat. Maklumlah, kamu butuh teman ngobrol meski sudah tengah malam. Bedanya, kalau LINE dan Whatsapp biasanya kamu gunakan untuk komunikasi dengan teman yang lebih irit pulsa, aplikasi-aplikasi chat di bawah ini juga kamu pakai untuk mencari teman-teman baru di dunia maya.

Advertisement

Mungkin kamu dulu pakai salah satu dari aplikasi di bawah ini:

a. mIRC

tampilan chat di mIRC via www.simplyasep.com

Mau chat tapi males nge-share informasi pribadi? Pake aja mIRC, pelopor aplikasi chat via PC di Indonesia. Hari ini kamu bisa bernama lonely_gurl dan besok kamu bisa ganti jadi Bebh_si_cantiquw. Kamu bisa chat dengan banyak orang, baik private ataupun di chatroom bareng-bareng. Jangan kaget kalau teman chatmu ternyata temanmu di dunia nyata yang menyamar dengan nama coolboy_is_me.

Yang punya akun mIRC pasti tau maksudnya dari singkatan lol, ppl, dan asl yang akan dijawab dengan 17/F/Cianjur.

Lupa? Inget-inget plz.

b. Mig33

Nah, ini gebrakan untuk handphone kita yang kian canggih! Setelah hadirnya HP java dan sinyal GPRS, kamu nggak Cuma bisa chat via PC, tapi ada aplikasinya di handphone. Meski lagi ngantre bayar supermarket, eksis jalan terus dong yaa.

Dulu kalau chat di group mig33, kalau nggak suka sama orang, tinggal bawa bala tentara, terus kick deh itu orang yang nyebelin. Atau kamu dulu flooder yang hobi ngepos banyak chat sampai roomnya nge-lag? Hayo, ngaku!

c. Nimbuzz

si oranye ngejreng nimbuzz via indonesia.blog.nimbuzz.com

Si oranye yang namanya sama kayak kendaraannya Harry Potter ini bisa jadi salah satu alternatif chat kalau-kalau aplikasi mig33mu lagi eror. Jangan lupakan aplikasi yang mewarnai masa-masa SMPmu ini yaa~

d. Mxit

Karena dulu biaya SMS bisa Rp 350/sms, kehadiran mxit ini bagaikan surga. Kamu bisa ngobrol dengan teman hanya dengan biaya super 1.00/chat. Sama kayak Whatsapp dan Line, di sini kamu bisa chat rame-rame se-RT dengan biaya murah. Kamu yang nggak suka cari temen baru di dunia maya, pasti lebih memilih mxit.

e. Yahoo Messenger

Jangan lupakan juga aplikasi kawakan yang masih ada hingga kini, Yahoo! Messenger. Emotnya yang lucu-lucu pasti dulu keren banget menurut kamu :))

2. Jangan lupakan plasa.com dan telkom.net, tempat kamu bikin email pertamamu.

Mungkin sekarang kamu lebih akrab dengan Gmail. Tapi jangan pernah lupakan plasa.com dan telkom.net. Bagaimanapun mereka adalah koentji. Mereka adalah awal dari eksistensimu di dunia internet yang maha luar biasa ini. Coba ingat-ingat, mungkin dulu kamu punya alamat email namasaya(taruh nama kerenmu di sini)@plasa.com.

3. Friendster, tanda kamu memasuki dunia anak gaul

Sandra dewi juga main efes! via www.junglekey.in

Siapa yang nggak kenal friendster. Di Indonesia, Friendster ibarat ibu dari segala media sosial. Sebelum facebook muncul, kamu hanya resmi gaul kalau punya friendster dengan ribuan teman. Nggak kenal nggak apa-apa, yang penting banyak yang nge-add as friend.

Thx 4 add. Capa d’sana?

Aiihh…masa-masa itu :’)

Friendster juga bisa melatih daya kreatifmu. Mulai dari bagus-bagusan background dan aneh-anehan nama, sampai bikin teks warna-warna yang bisa jalan-jalan dan  ada lagunya. Fotomu nggak boleh kalah gaul. Kalau bisa angel foto dari atas, atau foto yang cuma kelihatan separo wajah aja. Ah, ribet. Mendingan ambil foto di google cowok/cewek yang punya postur paling mirip sama kamu, dan lagi membelakangi kamera. Ceritanya tampak belakang, gitu lho.

Alay? Nggak juga. Nggak ada alay di friendster, karena istilah itu dulu nggak ada dan kelakuan yang sekarang khusus dilakukan para alay dulu dilakukan kita semua. Hehehe

4. liveconnector.com, Friendster produksi dalam negeri

liveconnector buatan anak negeri via forum.indogamers.com

Nggak mau kalah sama Friendster yang bikinan luar negeri, Indonesia juga punya situs media sosial sendiri lho. Di liveconnector kamu nggak cuma bisa balas-balasan pos di wall, tapi juga bisa chat pribadi. Jadi, kalau kamu lagi modusin banyak orang, nggak bakal ketahuan lalalala~

5. Multiply.com, chat dan ngeblog jalan terus

profil di multiply via wowhtkaskus.blogspot.co.id

Kamu yang merasa gaul di tahun 2006-2008 pasti punya akun Multiply juga. Sebelum jadi platform e-commerce seperti sekarang, Multiply juga platform jejaring sosial. Sama kayak Friendster. Bisa add teman, ngobrol, main games, dan lain-lain. Kamu juga bisa unggah foto alay-mu di sini lalu nunggu oleh teman-temanmu. Bedanya, di multiply, kamu nggak bisa bagis-bagusan tema background. Sebagai multiplayers, kamu harus cukup puas dengan default yang disediakan mereka. Tapi jangan sedih, meski nggak bisa mengeksplor kreativitas, kamu masih bisa ngeblog juga di sana. Curhat kejadian sehari-hari sampai posting lirik lagu yang lagi menggambarkan hatimu cukup membantumu eksis kok.

Sampai sekarang multiply.com masih ada. Yang ngeblog di sana juga masih banyak. Meski berselang-seling digempur Facebook, Twitter, Path, masih banyak kok pengguna Multiply yang setia. Kamu berminat main Multiply lagi nggak?

6. Mailing List alias Milis, dulu belum ada group chat, kalau mau diskusi yaa… pake email.

milis=group chat versi jadul via www.inijie.com

Dulu belum ada yang namanya group chat. Kalau mau diskusi ya lewat mailing list, atau milis. Jadi, milis ini semacam group chat, tapi chatnya masuk ke email. Semakin banyak milis yang kamu ikuti, semakin banyak email yang akan masuk ke emailmu. Kan keren gitu kalau banyak yang email. Eksis banget ;p

Kalau kamu ikut milis, pasti inget deh jengkelnya gimana kalau udah buka email, eh isi pesannya cuma “bagus ya…”, atau tiba-tiba ada yang jualan seprei. Atau jangan-jangan kamu pelakunya? hehehe

7. Karena jodoh itu adalah misteri, jangan lupa cek jodohmu di primbon.com!

ramalan jodoh

Namanya juga primbon. Pasti hubungannya sama ramal-ramalan. Mulai dari ramalan zodiak, karir, kesehatan, semua ada. Kalau kamu punya pacar, kamu pasti buru-buru ngecek kalian jodoh apa nggak di sini. Kalau kamu masih jomblo, pasti penasaran kaaan jodohmu nanti kayak gimana.

Nggak cuma itu. Primbon.com juga bisa memfasilitasi rasa penasaranmu pada dunia gaib. Kalau kamu hobi lihat foto-foto penampakan kuntilanak, tuyul, genderuwo, dan teman-temannya, kamu pasti suka nongkrongin situs ini.

8. waptrick.com, nggak gaul kalau HPmu nggak dihiasi tema-tema yang lucu

mau download apa? via men.kapanlagi.com

Masih ingat zaman-zaman HP symbian? Yak, sebelum android merajai pasaran, dulu ada HP yang pakai sistem symbian. Jangan ngaku gaul kalau HPmu polos tanpa tema-tema dan wallpaper lucu.

Waptrick.com adalah situs yang kamu pakai untuk download tema HP. Mulai dari tema yang natural, mobil-mobilan, dark, emo, sampai hello kity pun ada. Download tema pastinya jadi hal yang wajib kamu lakukan pas di warnet. Ibaratnya kalau memori HPmu 512MB, 200MBnya kamu alokasikan buat tema. Biar bisa ganti tema tiap hari gitu loh.

Meski sekarang mereka sudah nggak lagi ada, atau ada tapi berubah guna, jangan lupakan keberadaan mereka di hidupmu. Ingat, bagaimanapun mereka ambil bagian dari eksistensimu di dunia maya. Bisa jadi malah ambil bagian dari kisah percintaanmu.

PS: Ada yang pernah dapat pacar dari situs-situs di atas nggak, Lay? ;))