7 Hal yang Nggak Boleh Kamu Lakukan Saat Jenguk Teman Sakit. Sepele sih, Tapi Sering Diabaikan

adab menjenguk teman sakit

Sebagai manusia yang dalam hidupnya pernah merasakan sakit, kamu pasti ngerasa nggak enak kan, kalau ketika sakit mesti terbaring lemes di kamar, atau bahkan sampai dirawat di rumah sakit yang hanya bisa memandang polosnya langit-langit kamar. Apalagi kalau sakit dan jauh dari orang tua, duh. Sakitnya sampai ke ubun-ubun!

Advertisement

Nah, karena orang sakit itu merasakan serba nggak enak, untuk kamu yang ingin datang menjenguk teman, usahakan jangan jadi penyebab eksternal yang bikin dia makin merasakan nggak enaknya terbaring sakit. Seperti misalnya, jangan tanya status hubungannya atau perkembangan penulisan skripsinya. Jangan!

Selain itu ada beberapa hal penting lain yang nggak boleh kamu lakukan ketika menjenguk temanmu yang sedang sakit. Simak nih, biar kita tahu adab yang benar dalam menjenguk teman sakit.

1. Jangan bawa hewan peliharaanmu. Ingat, kamu itu mau jenguk teman bukan mau jalan-jalan sore di taman

Mau vakansi? via tipsliburan.over-blog.com

Begini, orang sakit itu butuh ketenangan untuk masa pemulihannya. Kalau kamu datang menjenguk temanmu membawa hewan peliharaan, bukan ketenangan yang dia dapat. Yang ada peliharaanmu itu berkeliaran sampai ke kasur tempat temanmu terbaring. Atau ngeong-ngeong minta makan yang bisa aja nambah sakit di kuping temanmu. Kecuali piaraanmu ular atau binatang lain yang nggak berisik. Tapi ngapain bawa ular sih?

Advertisement

2. Kalau ingin bawa bingkisan, bawa buah-buahan saja. Jangan perparah sakit temanmu dengan bawa daftar hutang yang harus dia bayarkan. Kan kasihan…

Nah gini dong, sehat dan mantap. via www.inovasee.com

Sebenarnya pihak rumah sakit sudah membuat peraturan untuk setiap yang datang menjenguk, untuk nggak bawa bingkisan dalam bentuk apa pun. Karena biasanya itu akan membawa bakteri dan kuman baru yang bisa memperburuk keadaan pasien. Tapi, kalau kamu anaknya rebel, yang meyakini peraturan itu dibuat untuk dilanggar, maka cukup bawakan buah-buahan yang mampu membantu pemulihan kesehatan temanmu. Jangan sekali-kali bawa bingkisan sekardus mi instan apalagi daftar hutang yang harus temanmu itu bayarkan. Kasihan dia!

3. Gunakan pakaian yang rapi seadanya. Nggak perlu dandan berlebihan kayak model catwalk London Fashion Week

Cukup bingkisan kamu aja yang isinya buah-buahan. kamu nggak usah! 🙁 via www.cosmopolitanme.com

Ini penting karena kamu nggak lagi jadi modelnya Ivan Gunawan. Kamu itu mau jenguk temanmu yang sakit. Dandan seperlunya saja. Apa kamu mau dandananmu yang serba mewah dan berlebihan itu nantinya bikin temanmu iri dan menyalahkan keadaan, kenapa dia terbaring dan nggak bisa bergaya bak model sepertimu? Nggak mau, kan? Makanya dandan biasa saja deh.

4. Kalau kamu terlanjur datang saat temanmu sedang istirahat, nggak perlu dibangunin segala. Kamu bukan mau ngajak dia main!

Kepala reejaaaa lagi sakit! via www.wowmenariknya.com

Anggaplah kamu udah kenal temanmu ini sejak masih ingusan, kamu tetap nggak boleh seenaknya, ya. Kalau kamu datang di waktu temanmu sedang tidur, ya, udah, kamu pulang aja. Nggak perlu sampai dibangunin segala. Kamu itu nggak lagi mau ajak temanmu main keliling kompleks.

Advertisement

5. Walaupun sudah berteman akrab, jangan lontarkan becandaan seperti, “Kapan mati, Bro?” ke teman yang lagi dijenguk. Selain nggak lucu, becandaan itu sadis banget

Rangga, yang kamu lakukan ke aku itu… Afgan! via tenor.com

Becandaan seperti ini mungkin bagi kamu yang sudah berteman akrab akan terdengar biasa saja. Tapi, jika kamu ucapkan kepada temanmu yang sedang terbaring sakit, dan di sana ada sebagian dari keluarganya? Please deh, becandaan seperti ini nggak ada lucu-lucunya. Malah terdengar jahat. Buang jauh-jauh deh.

6. Ingat, kamu menjenguk bukan dijenguk. Jadi nggak usah ikut ngemil buah atau makanan untuk temanmu yang lagi sakit itu

dasar khoceng oren nggak di mana-mana emang via www.wowkeren.com

Ini sepertinya sudah jadi kebiasaan kalau yang dijenguk teman akrab. Kamu itu datang menjenguk sebenarnya niat untuk menghibur dan mendoakan kesembuhan temanmu, atau sengaja karena sedang lapar sih? Memang orang sakit itu biasanya hilang nafsu makan. Tapi bukan berarti semua makanan yang ada di sana disediakan untuk kamu, apalagi dibawa pulang. Kadang bingkisan yang dibawa juga dimakan sendiri. Hadeeehh!

7. Yang paling perlu kamu ingat. Kamu datang untuk jenguk temanmu, hibur dia. Jangan malah pura-pura sakit juga!

Terserah kamu aja.. males udah via www.brilio.net

Ini yang terpenting dari 6 hal sebelumnya. Ketika kamu sudah berniat datang menjenguk temanmu, berarti kamu sudah siap untuk menghibur dia agar bisa kuat melawan penyakitnya. Minimal kehadiranmu bisa bikin dia ceria deh. Bukan malah pura-pura sakit dan ikut-ikutan meringkuk di balik selimut di ranjang sebelah temanmu. Jangan lupa diri!

Kamu boleh ingat-ingat selalu 7 hal di atas, biar nggak ditimpuk nampan rumah sakit, dilempar botol infus, tabung oksigen, atau ranjang pasien ketika menjenguk temanmu yang sakit. Semoga kamu dan teman-temanya selalu sehat, ya, karena sakit itu nggak ada enaknya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

colour my life with the chaos of trouble

Editor

Senois.

CLOSE