Fakta Menarik Album Terbaru Tulus Bertajuk Manusia, Perayaan 10 Tahun Berkarya

Album ini berisi sebanyak 10 judul lagu yang siap didengar para penggemarnya

Bertepatan dengan 10 tahun berkarya di blantika musik Indonesia, Tulus mengeluarkan album terbarunya yang kelima bertajuk Manusia. Album yang berisi sebanyak 10 lagu tersebut dirilis dan diumumkan di konferensi pers pada tanggal 4 Maret 2022 via aplikasi Zoom.

Advertisement

Banyak netizen yang penasaran kenapa album milik pria kelahiran 20 Agustus 1987 ini bertajuk Manusia. Di album-album sebelumnya yang berjudul Tulus, Gajah, dan Monokrom, Tulus sukses mendapatkan banyak apresiasi dari para pendengarnya. Lantas, fakta unik apa saja yang ada di album Manusia ini? Simak sampai habis, ya!

1. Alasan judul album Manusia

tulus

Credit: Instagram @tulusm

“Lagu-lagu di dalamnya menceritakan ragam rasa yang dialami oleh manusia. Saat menggenggam albumnya, kita berharap sadar kalau album ini adalah tentang kita,” jelas Tulus.

Dalam konferensi persnya, Tulus menjelaskan alasannya memberi nama Manusia di albumnya kali ini. Menurut Tulus, lagu-lagu yang ada di album Manusia ini mengisahkan tentang beragam perasaan yang dialami oleh manusia. Tulus juga berharap bahwa album ini menyadarkan kita sebagai manusia.

Advertisement

2. Inspirasi album Manusia

Tulus

Credit: Instagram @tulusm

“Karena album ini memang menceritakan kita, manusia, sehingga lagu-lagunya yang ditulis di dalamnya juga banyak berdasarkan dari cerita yang saya alami. Cerita yang saya lihat, interaksi saya dengan orang lain, dan interaksi dengan saya sendiri,” ujar Tulus.

Tulus mengungkapkan dari mana ia mendapatkan inspirasi untuk lagu-lagu yang ada di album Manusia. Menurut Tulus, sebagian besar lagu yang ada di album tersebut adalah berdasarkan pengalaman yang ia rasakan ketika berinteraksi dengan orang lain dan dengan dirinya sendiri.

3. Warna album Manusia

Tulus

Credit: Tangkapan Layar Instagram @tulusm

Advertisement

“Saat merilis album baru, saya selalu berusaha untuk menghadirkan sesuatu yang baru tapi tidak terdengar asing,” ungkap Tulus.

Di setiap album yang ia buat, Tulus ingin memberikan warna dan ragam baru dan berbeda di lagunya. Tak terkecuali di album Manusia ini. Ia mengatakan bahwa ia selalu berusaha menampilkan sesuatu yang baru namun tetap terasa familiar oleh yang mendengarkan.

4. Menggunakan orkestra Erwin Gutawa

Tulus

Credit: Instagram @tulusm

“Dengan segala jumlah talenta yang terlibat itu saja sudah bisa menggambarkan kira-kira bagaimana kami melakukan eksplorasi dalam proses membangun lagu-lagu atau karya-karya di album ini,” jelas Tulus.

Lagu-lagu Tulus dari album Manusia ini menjadi sempurna karena menggaet paduan suara dan orkestra ternama milik Erwin Gutawa. Tulus mengatakan bahwa dengan keikutsertaan orkestra dan paduan suara ini sudah terbayang  betapa ia melakukan eksplorasi yang luas untuk albumnya kali ini.

5. Berkolaborasi dengan musisi lain

tulus

Credit: Instagram @tulusm

Selain menggunakan paduan suara dan orkestra Erwin Gutawa, Tulus juga berkolaborasi dengan beberapa musisi lain seperti Ari Renaldi yakni produser yang telah banyak menghasilkan karya bersama Tulus. Dalam menulis lagu, Tulus juga dibantu oleh musisi lain seperti Dere, Petra Sihombing, Topan Abimanyu, dan Yoseph Sitompul.

Dengan dibantu oleh musisi-musisi tersebut, maka album Tulus kali ini memiliki perpaduan yang sangat khas dan penuh dengan ragam warna.

6. Lagu favorit di album Manusia

Tulus

Credit: Tangkapan Layar Instagram @tulusm

Ketika Tulus ditanya apa lagu favoritnya di album Manusia ini, Tulus sempat merasa bingung untuk menjawabnya. walaupun begitu, akhirnya ia menjawab satu buah lagu yang menjadi favoritnya yakni Tujuh Belas. Bukan tanpa alasan Tulus memilih lagu tersebut. Apa lagi angka tujuh belas merupakan angka favoritnya.

“Saat teman-teman dengarkan albumnya atau diklik secara digital, nomor pertama yang akan teman-teman dengar adalah Tujuh Belas. Dan itu merupakan nomor favorit saya sebagai pembuka untuk menuju ke sembilan lagu favorit berikutnya,” kata Tulus sambil diselingi candaan.

Mendengar penuturna tersebut, rasanya sudah tidak sabar untuk mendengarkan semua lagu-lagunya ya, SoHip! Sukses untuk album terbarunya ya, Tulus!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Introvert

Editor

Kadang menulis, kadang bercocok tanam

CLOSE