5 Rekomendasi Anime Ghibli yang Paling Sedih. Cocok buat Menemani Waktu Menunggu Buka Puasa~

Anime Ghibli paling sedih

Menunggu waktu buka puasa terkadang memang terasa membosankan kalau kamu udah nggak punya kegiatan lainnya. Bahkan, waktu yang sebenarnya mungkin tinggal setengah jam aja rasanya bisa lebih lama karena saking bosannya. Maka dari itu, kamu perlu kegiatan yang menyenangkan untuk mendistraksi hal tersebut. Salah satunya yang gampang dan bisa kamu lakukan adalah nonton film.

Advertisement

Nggak perlu yang berat-berat, ada banyak film ringan yang bisa kamu nikmati sambil menunggu momen buka puasa. Beberapa di antaranya adalah anime-anime besutan Studio Ghibli asal Jepang. Jika biasanya anime memiliki tema cerita yang ceria, namun beberapa anime dari Ghibli ini punya kisah sedih dan mengharukan yang bisa kamu ikuti. Nah, berikut rekomendasinya~

1. Drama kakak beradik di tengah kondisi dunia yang kacau. Siapkan tisu sebelum nonton Grave of The Fireflies, ya!

Grave of The Fireflies. via www.rotoscopers.com

Kebayang nggak sih gimana rasanya hidup di era perang dunia tengah berlangsung? Pasti rasanya nggak tenang banget, tapi itulah yang dialami dalam film ini. Grave of The Fireflies menceritakan kisah tentang dua orang kakak beradik yang bertahan hidup di tengah kondisi peperangan sengit. Kamu bakalan melihat gimana harunya perjuangan seorang kakak yang berusaha memperjuangkan hidup dirinya sendiri dan juga adiknya. Sedih banget sih ini. ๐Ÿ™

2. Mengenang memori masa kecil dengan menonton My Neighbor Totoro

My Neighbor Totoro. via www.theverge.com

Bagi penggemar Studio Ghibli, pasti udah nggak asing lagi dengan salah satu anime paling legendaris yang satu ini. My Neighbor Totoro mengisahkan tentang dua gadis cilik dan perjalanannya berpindah ke sebuah desa di mana ibu mereka yang sedang sakit berada. Dalam kisahnya tersebut, mereka bertemu dengan sosok roh penjaga hutan. Mulai dari situlah cerita demi cerita tercipta secara perlahan. Oh iya, anime ini fokus banget ke sudut pandang anak-anak. Kamu bakal merasa dibawa ke masa lalu di mana kamu masih berumur bocah~

Advertisement

3. Memahami kehidupan masyarakat Jepang di tengah Perang Korea lewat anime berjudul From Up On Poppy Hill

From Up On Poppy Hill. via centerlinerule.blogspot.com

Kemampuan Ghibli menciptakan anime dengan jalan cerita yang menarik memang nggak diragukan lagi sejak dulu. Mirip dengan Grave of The Fireflies, film anime ini memiliki latar belakang masa perang Korea. Menceritakan tentang seorang gadis berumur 16 tahun bersama adik dan juga neneknya. Lewat anime ini kamu bisa merasakan bagaimana suasana hati orang-orang Jepang di masa-masa yang kurang mengenakkan tersebut. Pokoknya sayang banget deh kalau melewatkan yang satu ini.

4. Pernah kebayang nggak sih, gimana jahatnya manusia dengan bumi yang ditinggalinya? Coba tonton Pom Poko deh!

Pom Poko via www.imdb.com

Berbeda dengan anime-anime Ghibli yang sebelumnya, Pom Poko ini bisa dibilang lebih unik. Meski dikemas dengan bumbu-bumbu mistis, tapi melalui anime ini kamu bisa merasakan bagaimana kejamnya manusia terhadap bumi. Pom Poko mengisahkan tentang tokoh utamanya yang merupakan seekor Rakun saat menghadapi ancaman akan kepunahan habitatnya. Hal itu dikarenakan oleh pembangunan yang dilakukan manusia secara besar-besaran. Jangan heran, ya, kalau di film ini kamu bakal sadar bahwa manusia itu makhluk yang sangat egois.

5. The one and only yang nggak boleh kamu lewatkan, Spirited Away!

Advertisement

Spirited Away. via www.dictio.id

Dari semua anime Ghibli yang ada, bisa dibilang Spirited Away adalah salah satu yang paling terkenal. Kartun ini mengisahkan tengan seorang bocah perempuan bernama Chiciyo yang terjebak di dunia arwah. Di dalam dimensi yang berbeda tersebut, ia harus berusaha keras untuk kembali ke dunia nyata dan menyelamatkan orang tuanya yang disihir menjadi babi. Konon, anime ini dicitakan sebagai bentuk protes kepada pemerintah Jepang saat dilanda krisis ekonomi. Coba deh tonton sampai habis!

Nah, itulah rekomendasi film anime Ghibli dengan jalan cerita yang sedih dan juga mengharukan. Daripada kamu gabut dan nggak tahu mau ngapain menjelang buka puasa, kan, mending nonton film ini aja sampai habis. Dijamin betah deh~

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE