“Pagi-pagi udah rapi. Kamu mau ke mana?”

Siapa yang pernah cemburu sama pasangannya? Semua pasti pernah ya, minimal sekali seumur hidup. Kalau kamu gak pernah cemburu sekali pun, berarti kamu hebat. Kamu bisa percaya sepenuhnya sama pacarmu. Atau malah kebalikannya, kamu tidak peduli sama sekali dengan pacarmu.

Advertisement

Di balik rasa curiga pencemburu dan rasa tidak nyaman sang tertuduh karena rasa dicemburui, sesungguhnya cemburu punya banyak manfaat lho. Ini serius. Cemburu gak selamanya negatif karena bisa menyiratkan banyak hal yang positif. Bahkan bisa dibilang, cemburu itu menyehatkan buat hubunganmu. Masih belum percaya?

1. Cemburu adalah kode dan sinyal keras kalau kamu masih penting dan dia masih peduli sama kamu.

Kamu dipentingkan

Kamu dipentingkan via img.brainjet.com

Ketika kalian jadi sepasang kekasih, tentu saja kamu mendadak jadi prioritas dalam hidupnya. Entah prioritas yang ke berapa (bila dibandingkan dengan keluarga dan pekerjaan), namun kamu selalu akan didahulukan di atas hal-hal lain yang kurang penting. Bila ia cemburu, artinya dia masih membutuhkanmu dan punya peran penting dalam hidupnya.

2. Kalau kata pepatah klasik sih, cemburu itu tanda sayang. Benar atau betul?

Sayang setengah mati

Sayang setengah mati via www.pgmbologna.com

Boleh percaya atau enggak, rasa cemburu itu lebih mahal harganya dibandingkan bunga, mobil mewah, atau tas bermerek milik artis-artis. Kamu bisa kasih dia macam-macam barang, tapi apa sudah pasti rasa sayangmu teruji?

3. Cemburu bisa jadi sinyal dari alam semesta kalau sudah waktunya kamu introspeksi diri.

Apa salahku?

Apa salahku? via i1.wp.com

Advertisement

Apalagi kalau cemburunya diiringan pertengkaran dangak saling bicara selama berhari-hari. Kamu harus dapat menganalisis apa yang bikin dia secemburu itu.

4. Enakan mana? Damai tapi gak dipedulikan atau cemburu tapi diperhatikan?

Aku lihat kamu lo

Aku lihat kamu lo via i.telegraph.co.uk

Cowok: “Sayang, kamu tumben perginya cepet-cepet.”

Cewek: “Iya, bosku sudah memanggil ke kantor nih.”

Cowok: “Mmm… Tapi gak biasanya kamu gitu lo. Biasanya, kamu pasti ngabisin makanan dulu baru kemudian kamu pergi. Enggak dibiarkan tersisa banyak seperti sekarang.”

*nah lo!*

5. Cemburu juga punya definisi baru: alarm buat kamu supaya gak main-main sama hati pasanganmu.

Tuh kan, udah dikasitahu gak percaya sih

Tuh kan, udah dikasitahu gak percaya sih via phunuplus.com

Daripada sengaja bikin petisi atau perjanjian hitam di atas putih bermaterai, cemburu adalah cara tersimpel untuk menekankan jangan bermain-main dengan perasaan. Kalau kamu sudah melihat si dia cemburu, hati-hati saja. Dia tak akan mau hatinya dipermainkan sebelum macam-macam resiko muncul.

6. Cemburu meningkatkan rasa kewaspadaanmu kalau gelagat-gelagat aneh mulai datang.

Juga kamu bisa waspada di kehidupan mendatang kalau kamu mau diselingkuhi.

7. Cemburu itu membuatmu memperhatikan kesehatan. Misalnya, mencegah dehidrasi atau kurang makan.

Saya cemburu

Saya cemburu via img.baidu.com

Orang cemburu akan merasakan sedikit stres, tidak nyaman, bahkan tegang. Perasaan-perasaan yang diakibatkannya tersebut tak jarang bikin kamu berkeringat. Kalau sudah berkeringat seperti ini, kamu harus banyak minum. Karena cairan dari dalam tubuh berkurang dan resiko dehidrasi bisa datang kalau kamu gak segera minum. Ayok minum!

Ada juga yang melampiaskan rasa cemburu dengan banyak makan. Tapi perhatikan nutrisi juga, ya! Jangan sampai malah kena obesitas atau kolesterol gara-gara makanan berminyak dan berlemak.

8. Kadang ada yang cemburu, bertengkar sampai teriak-teriak. Hati-hati teriakanmu bisa disambi latihan olah vokal!

Bisa disalurkan untuk nyanyi

Bisa disalurkan untuk nyanyi via savepic.ru

Selain melatih ketinggian nada, kamu bisa menguji kemampuanmu menjadi penyanyi rock atau metal!

9. Mau mengasah kepekaan sama lingkungan? Ini bisa dipraktekkan saat pasanganmu jelalatan.

Duh duh duh

Duh duh duh via media.songkhoe.vn

Kalau lagi di tempat umum sama dia, terus ada cewek cantik nan seksi lewat, ini waktunya beraksi! Langsung aja lihatin wajah pacarmu. Kalau matanya ngikutin itu cewek, sambil ga kedip, sambil terngiler-ngiler, coba cubit pasanganmu itu!

10. Rasa ingin tahu kamu semakin berkembang manakala kamu kepoin isi sosial medianya.

Lagi ngapain sayang?

Lagi ngapain sayang? via img.lrytas.lt

“Kok dia sering banget ya like status Facebook-nya? Patut curiga nih, jangan-jangan…”

11. Kehidupan sosialmu makin meningkat tatkala kamu ‘memata-matai’ si dia via teman-temannya.

Cemburu juga bikin pergaulan meningkat

Cemburu juga bikin pergaulan meningkat via image.elelmiszer.hu

“Eh, dia itu kalau di kantornya gimana ya? Terus kalau pulang kantor ke mana?”

12. Karena peka, punya rasa ingin tahu, dan sosialisasimu tinggi, kamu jadi berbakat di bidang riset atau intelijen.

Pencemburu berbakat jadi detektif

Pencemburu berbakat jadi detektif via www.filipiknow.net

“Kamu lahirnya Jumat Wage. Kamu orangnya kepo sama pacar. Cocoknya jadi detektif, peneliti, atau intelijen.”

13. Cemburu pada pasangan itu pertanda kamu gak jomblo, hehehe…

Gak jomblo kok

Gak jomblo kok via cafecomamigas.com

Paling gak, kamu bukan jomblo ngenes…

Dan yang pasti, cemburu adalah tanda kalau kamu masih cinta dan masih dicintai.

Jadi, gimana? Masih meragukan pacarmu yang cemburu? Tapi ingat, kamu dan pasanganmu harus tahu kalau:

Cemburu itu boleh, cemburu buta itu jangan! Fatal akibatnya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya