Apakah kamu pencinta sinetron Tanah Air? Atau cuma suka nonton serial Korea, India, dan Turki? Nah, kalau kamu juga menyaksikan sinetron-sinetron Tanah Air, masih ingat nggak sinetron Intan? Atau Bajaj Bajuri? Atau yang paling lama tayang dan baru tamat beberapa waktu lalu: Tukang Bubur Naik Haji? Tentu kamu tahu dong para pemain sinetron ini? Sinetron-sinetron populer di kalangan masyarakat ini dibintangi oleh salah seorang aktris senior, Nani Wijaya. Coba tebak beliau memerankan tokoh apa saja di film tersebut?

Sebagai salah satu aktris yang masih eksis di kancah hiburan, kamu mesti tahu dong perjalanan nenek yang satu ini. Di umurnya yang udah nggak muda lagi ini, Nani sudah malang melintang di dunia perfilman selama puluhan tahun lho. Penasaran?

Nani memulai kariernya di dunia akting sejak tahun 60-an, namun baru populer semenjak kehadiran film berjudul Yang Muda Yang Bercinta

Perjalanan karier Nani Wijaya via banyubening17.blogspot.co.id

Advertisement

Nani Widjaja (EYD: Nani Wijaya) lahir pada 10 November 1944 di Cirebon. Setelah menamatkan bangku SMA, beliau melanjutkan pendidikannya di jurusan Kriminologi, Universitas Indonesia. Nani sebenarnya sudah memulai kariernya di ranah hiburan, tepatnya di dunia akting sejak tahun 60-an. Film pertamanya yang berjudul Darah Tinggi dirilis pada tahun 1960. Namun namanya baru populer setelah perannya dalam film Yang Muda Yang Bercinta pada tahun 1977 begitu membuat penonton kagum. Film tersebut juga mengantarkannya pada penghargaan Piala Citra kategori Pemeran Pendukung Wanita Terbaik FFI 1978. Sejak saat itulah Nani semakin dikenal di dunia perfilman Indonesia.

Nggak lama aktif di dunia hiburan, Nani menikah dengan Misbach Yusa Biran yang merupakan seorang sutradara sekaligus penulis beken

Nani menikah dengan Misbach via m.tempo.co

Sepertinya nggak cuma rezeki, tapi jodoh aktris satu ini juga ada di ranah hiburan. Buktinya, pada 10 Januari 1969 silam, Nani resmi dipersunting oleh Misbach Yusa Biran. Ia adalah seorang sutradara kawakan, penulis skenario, dan karya sastra lainnya. Dari hasil pernikahannya dengan Misbach, Nani dikarunia enam orang anak. Mereka adalah Nina Kartika, Tita Fitrah Soraya, Cahya Kamila, Firdausi, Farry Hanief, dan Sukma Ayu. Dari keenam anaknya, hanya dua yang mengikut jejak orang tuanya untuk terjun ke dunia hiburan, yaitu Cahya Kamila dan Sukma Ayu. Namun, pada tahun 2004 lalu, Sukma yang memerankan Rohaye di film Kecil-kecil Jadi Manten akhirnya berpulang setelah lima bulan koma alias tidak sadarkan diri.

Sekian lama malang melintang di dunia perfilman, berbagai penghargaan dimenangkannya oleh artis senior ini

Nani pernah beberapa kali memenangkan penghargaan di dunia perfilman via merahputih.com

Pengalaman Nani di dunia perfilman emang nggak perlu diragukan lagi. Puluhan tahun menggeluti dunia akting, membawanya ke berbagai nominasi penghargaan di dunia perfilman Tanah Air. Puluhan film dan sinetron yang dibintanginya akhirnya mendapatkan ganjaran yang pantas. Ia terpilih sebagai Aktris Pembantu Terbaik Festival Film Indonesia 1978 (Yang Muda Yang Bercinta), Aktris Pembantu Terbaik Festival Film Indonesia 1983 (RA Kartini),Lifetime Achievement SCTV Award 2004, Aktris Pembantu Sinetron Terpuji Festival Film Bandung 2005 (Bajaj Bajuri), Lifetime Achievement Festival Film Bandung 2010, dan Nominasi Piala Maya 2012 – Aktris Pemeran Utama (Film Ummi Aminah).

Makanya, Nani menjadi salah satu bagian dari ‘Golden Girl’ yang beranggotakan aktris senior yang populer di zamannya

Golden Girls-nya Indonesia nih via archive.tabloidbintang.com

Advertisement

Mungkin hanya sebagian dari kita yang tahu ternyata Golden Girls juga ada di Indonesia. Mereka adalah sekumpulan aktris senior yang populer di zamannya. Nggak cuma karena kecantikannya, tapi juga karena kemampuan dan pengalaman mereka di dunia akting yang nggak perlu diragukan lagi. Golden Girls ini memiliki empat personil. Mereka adalah Ida Kusumah, Connie Sutedja, Rina Hasyim, dan tentunya Nani Wijaya. Dan pada saat ini, hanya tiga di antara mereka yang masih eksis di dunia hiburan setelah salah satu personilnya, Ida Kesumah wafat pada tahun 2010 lalu.

Dan sekarang, Nani menebarkan kabar bahagia. Ia akan menikah kembali di umurnya yang ke-72 tahun ini!

Nani berencana menikah dengan Ajip Rosidi via paluekspres.fajar.co.id

Saat ini, kita masih bisa menyaksikan akting nenek satu ini di layar kaca. Meskipun umurnya nggak terbilang muda lagi, tapi Nani masih semangat dan eksis di dunia hiburan. Dan baru-baru ini, Nani menggemparkan dunia hiburan dengan kabar pernikahannya dengan seorang sastrawan senior yang mungkin udah nggak asing lagi bagi kamu, yaitu Ajip Rosidi. Di umur mereka yang sudah sama-sama nggak muda lagi, Nani (72 tahun) dan Ajip (79 tahun) berencana menikah dalam waktu dekat. Nani yang ditinggal suaminya pada tahun 2012 lalu dan Ajip yang juga menduda sejak 2014 kemarin memutuskan untuk menikah agar mereka bisa mendampingi satu sama lain di usia senja ini. Duh, semoga lancar ya kek, nek 😉

Kehadiran Nani sebagai salah satu aktris yang diperhitungkan di dunia hiburan tanah air emang patut diapresiasi. Usia yang sudah lanjut nggak menghalanginya untuk terus berkarya. Semoga sehat selalu dan dilancarkan pernikahnnya nanti ya Emak Haji (emaknya Haji Sulam).

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya