Balada Rasanya Jadi Guru Muda di Sekolahan. Berasa Kayak Orang Serba Bisa di Semua Bidang!

Balada guru muda

Dunia pendidikan Indonesia memang punya keunikannya sendiri-sendiri, apalagi kalau ngomongin seputar tenaga pengajar yang ada di lingkup sekolahan. Entah itu SD, SMP, maupun SMA. Nggak dimungkiri lagi bahwa di Indonesia memiliki banyak tenaga pengajar yang berkompeten dan memiliki semangat tinggi. Namun, kebanyakan dari tenaga pengajar kita didominasi oleh orang-orang yang memiliki umur menengah ke atas, meski nggak sedikit juga sih yang berumur masih muda.

Advertisement

Nah, di situlah hal-hal unik dan kocak yang kerap terjadi. Sebagai tenaga pengajar berusia muda, tentu punya banyak banget serba-serbi dan lika-liku yang dirasakan ketika berada di lingkup dunia pendidikan yang mana dinamika umur orang-orangnya begitu beragam. Bagi anak-anak muda yang berprofesi sebagai tenaga pengajar di berbagai tingkat sekolah, pasti udah nggak asing lagi dengan kejadian-kejadian di bawah ini.

Kalau ada guru yang lagi mager tapi berlagak sibuk, kita yang disuruh ganti buat ngisi kelasnya :’)

Ilustrasi guru / Credit: Editor via editor.id

Namanya juga orang tua, kadang ada-ada aja kalau udah ketemu dengan yang namanya rasa bosan. Ada yang tiba-tiba jadi mager, pengennya duduk di dalem kantor, hingga yang males masuk kelas buat ngajar. Terlebih kalau anak-anak didiknya bandelnya nggak main-main. Makanya nggak heran jika tenaga pengajar muda yang kerap jadi sasaran. Pokoknya, setiap kali ada guru berusia menengah ke atas lagi mager, guru muda yang langsung disuruh jadi penggantinya. Padahal, terkadang yang harus diisi juga bukan materi yang dikuasi. Hadeeeh!

Jadi guru iya, jadi driver pun iya. Apalagi kalau pas banyak banget undangan kunjungan. Alih-alih bayar orang buat nyetir, tetap aja kita yang disuruh jadi kang setirnya

Ilustrasi guru muda / Credit: Kompasiana via www.kompasiana.com

Kalau kamu bekerja sebagai guru di sebuah instansi pendidikan, pasti udah nggak asing lagi dengan kegiatan-kegiatan bersama dengan para guru lainnya. Mulai dari kunjungan kerja hingga acara bersama, udah jelas dan udah pasti kalau guru muda yang bakalan disuruh nyetirin mobil. Kocaknya, terkadang sebenarnya di setiap sekolah itu ada driver yang khusus nganter guru ke berbagai kegiatan yang ada di luar sekolah. Tapi, tetap aja kita yang dikasih tanggung jawan sebagai driver dadakan. Fix, kalau kamu pengin daftar sebagai guru muda, mending kamu juga harus menguasai kemampuan nyetir biar nggak kikuk kalau dimintai tolong.

Advertisement

Komputer ngehang dikit langsung ada yang teriak-teriak manggil nama kita. Padahal sebenarnya cuma error biasa

Menjelang momen paling ngeselin / Credit: Sahabathguru via www.sahabatguru.com

Kamu belum bisa dibilang menjadi guru muda seutuhnya kalau belum pernah merasakan pengalaman kocak sekaligus nyebelin yang satu ini. Bayangin, pas lagi nggak ada jam ngajar, kamu lagi enak-enaknya duduk santai sambil makan soto di kantin sekolah, tiba-tiba ada yang manggil kenceng-kenceng disuruh lari ke kantor. Nggak ada kejadian apa-apa sih, cuma gara-gara komputer yang ada di ruang guru ngehang aja biasanya. Lagian sih aneh-aneh aja, udah tahu seringkali komputer di ruang guru itu speknya cuma seadanya, masih aja dibuat ngelakuin banyak banget aktivtas. Mulai dari dengerin musik, streaming YouTube, ngetik, main game, sampai bikin desain. Hmmmmmm~

Itu belum seberapa, kalau printer macet aja kadang juga jadi urusan kita

Ilustrasi printer / Credit: Befren via www.befren.com

Udah paling bener sih kayaknya kalau jadi guru muda itu memang harus serba bisa. Pasalnya kalau kamu nggak bisa menguasai skill-skill yang nggak terduga, ada kemungkinan bakal jadi bulan-bulanan guru lainnya. Yakali anak muda nggak bisa diandalkan, iya kan? Tapi, terkadang skill-skill nggak terduga yang harus dikuasia itulah yang bikin kita kesel sendiri. Permasalah komputer ngehang udah pasti jadi urusan kita, ditambah lagi kalau ada masalah sama printer. Mulai dari petugas TU, guru mata pelajaran, guru BK, atau karyawan lain di sekolah, pasti selalu ngandalin kita cuma buat perkara urusan ngeprint. Susah bener jadi guru muda mah. :’)

Kocak sekaligus ngeselin sih, tapi memang begitulah balada jadi guru muda di dunia pendidikan Indonesia. Sebenarnya kalau nggak dipikir berat ya bisa jadi hiburan juga lo. Hitung-hitung sambil bantuin orang tua, kan? Semangat dan salut untuk semua tenaga pengajar di Indonesia deh. Semoga pemerintah semakin memperhatikan nasib kita, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE