6 Bangunan di Dunia yang Dibangun Atas Kekuatan Cinta. Romantis!

Selain arsitektur yang ikonik dan mewah, bangunan ini ternyata dibangun sebagai tanda cinta untuk orang tersayang

Hari valentine yang jatuh pada tanggal 14 Februari lalu dikenal sebagai hari kasih sayang dan identik dengan hal-hal yang romantis. Pada praktiknya, banyak pasangan yang memberikan kejutan romantis pada momen tersebut mulai dari memberi balon, bunga dan juga coklat dengan berbagai macam ungkapan rasa sayang.

Tapi, kamu tahu nggak sih kalau ternyata ada beberapa orang di dunia yang mengungkapkan rasa sayangnya melalui sebuah bangunan? Bahkan ada salah satu bangunan yang masuk ke dalam daftar situs warisan budaya UNESCO lo. Kira-kira apa aja, ya? Nah buat kamu yang penasaran, kamu bisa simak ulasan di bawah ini!

ADVERTISEMENT

1. Taj Mahal merupakan bangunan yang menjadi wujud kasih sayang seorang raja kepada istrinya

Bangunan lambang cinta

Bangunan di dunia | Photo by Jovyn Chamb on Unsplash

Masjid yang dibangun oleh Raja Shah Jahan ini merupakan wujud penghormatan untuk sang istri, Mumtaz Mahal yang meninggal dunia setelah melahirkan putrinya yang ke-14. Bangunan yang didominasi oleh warna putih ini juga masuk ke dalam daftar situs warisan dunia oleh UNESCO.

Warna putih sendiri dipilih oleh raja karena memiliki arti yang tulus dan suci. Selain itu, kubah masjid yang megah ini juga dihiasi berbagai batu mulia seperti berlian dan kristal. Nggak hanya menjadi masjid, bangunan ini juga merupakan makam dari mendiang Mumtaz Mahal.

ADVERTISEMENT

2. Seorang istri di Jepang mendedikasikan sebuah kuil bernama Kodai-Ji untuk suaminya

Bangunan lambang cinta

Bangunan di dunia | Credit via kodaiji.com

Kuil Kodai-Ji merupakan sebuah kuil Buddha yang dibangun oleh Kita-no Mandokoro untuk mengenang suaminya, yaitu Toyotomi Hideyoshi. Beliau merupakan seorang samurai yang berperan besar dalam menyatukan Jepang dan meninggal dunia pada tahun 1598.

Sang istri pun memutuskan untuk menjadi biksu di kuil ini hingga ia meninggal pada tahun 1624. Benar-benar cinta sejati!

ADVERTISEMENT

3. Seorang suami di Amerika Serikat juga berniat membuat sebuah kastil bernama Boldt Castle untuk istri tercinta

Bangunan lambang cinta

Bangunan di dunia | Photo by Ad Meskens on Wikimedia Commons

Boldt Castle dibangun oleh George C. Boldt khusus untuk istrinya yang bernama Louise. George berencana membangun 11 kastil di atas pulau berbentuk hati pada tahun 1901 dan akan menjadi rumah musim panas bagi keduanya.

Sayangnya, sang istri meninggal dunia sebelum seluruh kastil selesai dibangun. Merasa terpukul oleh kepergian sang istri, Boldt pun memilih untuk nggak melanjutkan pembangunan kastil. Namun, otoritas pengembang setempat mengambil alih kastil tersebut dan kini sering dijadikan sebagai tempat pernikahan.

ADVERTISEMENT

4. Kompleks rumah mewah Chandor Gardens di Amerika Serikat merupakan kenang-kenangan untuk sang suami

Bangunan lambang cinta

Bangunan di dunia | Photo by gettingpasttaken on Wikimedia Commons

Kompleks rumah mewah ini dibangun oleh pasangan suami istri bernama Douglas Chandor dan Ina Kuteman pada tahun 1936. Awalnya, rumah mewah ini diberi nama White Shadows, namun setelah sang suami meninggal dunia, sang istri mengganti nama rumah ini menjadi Chandor Gardens sebagai bentuk penghormatan dan kasih sayang terhadap seuaminya. Bangunan ini masuk ke dalam daftar National Register of Historic Places di Amerika Serikat.

ADVERTISEMENT

5. Mirabell Palace and Gardens di Austria merupakan kastil yang dibuat dengan lambang cinta

Bangunan lambang cinta

Bangunan di dunia | Photo by Andrew Bossi on Wikimedia Commons

Pangeran Uskup Agung, Wolf Dietrich membangun sebuah istana sebagai bentuk cinta untuk istrinya yang bernama Putri Salome Alt. Bangunan ini pertama kali diperkenalkan dengan nama Altenau Castle dan di kastil ini pula mereka membangun rumah tangga hingga dikaruniai 15 orang anak.

Namun, setelah sang pangeran meninggal dunia, nama istana ini pun diubah menjadi Mirabell Castle yang diambil dari kata “mirabelle” yang dalam bahasa Italia berarti terpuji.

ADVERTISEMENT

6. Seorang raja di Prancis juga membuat bangunan rumah bernama Petit Trianon sebagai ungkapan sayang untuk selirnya

Bangunan lambang cinta

Bangunan di dunia | Photo by Starus on Wikimedia Commons

Bangunan rumah ini dibangun oleh Raja Louis XV untuk selirnya yang bernama Madame de Pompadour. Sayangnya, sang selir meninggal dunia empat tahun sebelum rumah ini selesai berdiri. Bangunan yang berada di bagian taman istana kerajaan Versailles ini memiliki arsitektur khas Yunani yang dipadukan ornamen klasik untuk interiornya.

Ketika sang raja turun takhta, rumah ini diwariskan kepada Raja Louis XVI dan diberikan sebagai hadiah untuk cintanya kepada Marie Antoinette.

Nah itulah beberapa bangunan di dunia yang pembangunannya didedikasikan untuk orang tersayang. Kamu pernah dengar yang mana aja nih SoHip?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Kadang menulis, kadang bercocok tanam