Barney Si Dinosaurus Ungu Akan Diproduksi Ulang, Serial Animasinya Tayang 2024

Masa kecil generasi 90-an banyak ditemani oleh tayangan khusus anak-anak. Namun setelah beranjak dewasa, mereka sudah tidak bisa menonton tayangan itu lagi meskipun banyak pesan moral dari tayangan itu yang masih relate dengan generasi saat ini. Hal itulah yang membuat serial Barney akan di-remake dan salah satu tujuannya adalah untuk melanjutkan pesan moral tayangan itu ke anak-anak generasi sekarang.

Advertisement

Serial animasi Barney akan dijadwalkan debut secara global pada 2024 mendatang. Diproduksi oleh Nelvana milik Corus Entertainment, acara televisi tersebut akan kembali memperkenalkan karakter dinosaurus berwarna ungu ke anak-anak generasi baru saat ini.

Lantas apa alasan lainnya dari perusahaan Mattel dalam memproduksi ulang Barney ini? Simak informasinya, ya, SoHip~

Alasan Mattel merilis Barney ke serial animasi adalah untuk memperkenalkannya ke generasi saat ini

Barney & Friends 1992

Barney & Friends 1992 | Credit: IMDb

Perusaahaan mainan Mattel mengumumkan rencananya untuk meluncurkan ulang waralaba Barney si dinosaurus ungu. Penggarapan ulang tersebut dilakukan secara menyeluruh mulai dari mainan, pakaian hingga acara televisi. Dalam pengumuman di laman mereka pada Senin (13/2), Mattel menyebut usaha ini adalah untuk menjangkau pasar generasi baru. Namun, Barney klasik untuk pasar orang dewasa juga tetap ada.

Advertisement

“Mattel akan merilis lagi Barney  ke generasi baru dengan serial animasi baru, dijadwalkan debut global pada 2024,” kata Mattel dikutip dari CNN Indonesia (16/02/2023)

Serial yang ditujukan untuk anak-anak prasekolah itu akan memperkenalkan kembali Barney dengan image dinosaurus ungu yang ramah kepada anak-anak generasi baru. Selain itu, serial ini dijanjikan akan mengenalkan penonton baru Barney dengan kisah petualangan di dinosaurus ungu. Tujuan kembalinya karakter Barney pun masih sama, yakni untuk mengajarkan cinta, kebersamaan, dan keberanian lewat petualangan yang diwarnai dengan musik yang menyenangkan. Selain itu, mengajak anak-anak untuk mengikuti impian mereka dan memberdayakan diri mereka sendiri dengan kekuatan persahabatan.

Melansir dari Culturacolectiva (16/2), menurut Entertainment Weekly, itulah nilai-nilai yang ingin dibawa Mattel perusahaan mainan populer kepada generasi baru melalui pembuatan ulang program ini dalam format animasi yang juga akan ditayangkan di platform lain, seperti bioskop dan YouTube.

Advertisement

Mattel ingin membangkitkan nostalgia generasi 90-an melalui konten, produk dan pengalaman

Barney & Friends 1992

Barney & Friends 1992 | Credit: IMDb

Mattel menyebut serial ini ikut digarap oleh Nelvana milik Corus Entertainment. Fred Soulie dan Christopher Keenan akan menjadi produser eksekutif untuk Mattel Television bersama dengan Colin Bohm dan Pam Westman untuk Nelvana.  Perusahaan ini disebut sudah menghasilkan berbagai konten anak-anak ternama, dan pernah bekerja sama dengan Mattel. Mattel mengakui bahwa usaha ini adalah bagian dari strategi perusahaannya untuk menggali potensi dan memanfaatkan hak cipta dari berbagai produk mereka.

Selain meluncurkan serial televisi dan koleksi mainan Barney, Mattel juga membeberkan rencananya untuk memperluas waralaba tersebut ke dalam bentuk film, konten YouTube dan musik. Adapun produk lainnya untuk anak-anak seperti buku, pakaian, dan lain-lain. Koleksi aksesori dan pakaian untuk penggemar Barney yang telah dewasa juga tengah dikembangkan.

Chief Franchise Officer and Global Head of Consumer Products Mattel, Josh Silverman jugamengatalkan remake ini akan menjadi nostalgia bagi generasi yang tumbuh bersama Barney dan kini sudah menjadi orang tua.

“Pesan Barney akan cinta dan kebaikan telah teruji oleh waktu. Kami akan memanfaatkan nostalgia generasi yang tumbuh bersama Barney, yang sekarang sudah banyak yang menjadi orang tua, dan mengenalkan dinosaurus ungu ikonis ke generasi baru anak-anak juga keluarga di seluruh dunia melalui konten, produk dan pengalaman,” kata Josh Silverman.

Dalam menciptakan serial Barney terbaru nantinya, Mattel juga akan menyesuaikan dengan dunia anak-anak saat ini supaya tetap relevan.

“Barney versi modern diharapkan dapat menginspirasi generasi berikutnya untuk mendengarkan, peduli, dan bermimpi. Kami rasa orang tua yang ingat dengan Barney dari masa kecilnya juga akan mencintai acara ini,” kata Fred Soulie,S VP dan general manager Mattel Television.

Apa sih yang bakal berubah dari remake serial Barney ini?

Barney remake

Barney remake | Credit: Mattel

Melansir dari Connx (16/02/2023), awal mula acara Barney & Friends dibuat oleh seorang mantan guru bernama Sheryl Leach. Acara ditayangkan secara perdana di PBS di Amerika Serikat. Kisah Barney sebelumnya dikenal dengan serial televisi anak-anak Barney & Friends. Serial ini tayang perdana pada 6 April 1992 dan berjalan hingga 14 musim dan 268 episode.

Serial ini kemudian selesai tayang pada 2 November 2010 setelah mengudara selama 18 tahun. Acara tersebut sering ditampilkan di taman bermain atau sebuah ruang kelas bahkan tak jarang Barney menampilkan berbagai aktor cilik termasuk Demi Lovato dan Selena Gomez.

Saat ini, dikabarkan bahwa Barney akan muncul kembali dengan penampilan yang baru. Untuk mencapai hal ini perusahaan memutuskan untuk memberikan Barney desain yang lebih bergaya dan berjiwa muda, tapi tetap mempertahankan detail dari versi aslinya, seperti warnanya.

Jika pada awalnya tayangan Barney menggunakan aktor yang mengenakan kostum dinosaurus berbaris dan bernyanyi-nyanyi untuk anak kecil, penampilan baru Barney akan dibuat secara animasi yang fresh tetapi masih menggunakan karakter Barney yang ikonik, yaitu dinosaurus berwarna ungu dan hijau yang ramah dan menyenangkan.

Generasi 90-an, yuk merapat, kita nostalgia bersama~

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Bukan sekedar hobi, melainkan memberi arti~

Editor

Writing...

CLOSE