Bulan puasa telah tiba! Saatnya kamu untuk menahan diri dari segala hawa nafsu termasuk haus dan lapar. Namun, selain makan dan minum, ternyata ada banyak hal lho yang bisa membatalkan puasamu. Hal-hal ini bahkan sangat sederhana dan mungkin selama ini kamu nggak kepikiran kalau itu bisa membatalkan puasa.

Agar puasamu lebih afdol dan diterima dengan baik, Hipwee secara khusus membagikan hal-hal sederhana yang bisa membatalkan puasamu.

1. Sikat gigi bisa menyebabkan puasamu batal… Kalau odolnya pakai kuah rendang!

Menyikat gigi bisa menyebabkan puasamu batal

Menyikat gigi bisa menyebabkan puasamu batal via atrl.net

Advertisement

Dengan menyikat gigi, nafasmu memang terasa lebih segar. Kuman dalam mulutmu pun akan hilang. Tapi ternyata, sikat gigi ini bisa menjadi penyebab batalnya puasamu. Puasamu akan dikatakan batal jika kamu menyikat gigi dengan sikat yang diolesi dengan kuah rendang atau kuah kari. Jadi, jangan coba-coba kamu melakukan hal itu saat bulan puasa, karena puasamu akan menjadi sia-sia. Sebaiknya, selama puasa, kamu menyikat gigi dengan pasta gigi saja. Enggak perlu deh pakai kuah rendang atau kari segala, karena itu namanya bukan sikat gigi tapi mencicip menu buka puasa.

2. Mandi juga akan membuat puasamu nggak sah.(

Kalau mandi bareng anjing batal nggak ya?

Kalau mandi bareng anjing batal nggak ya? via meh.com

Puasamu juga bisa dianggap nggak sah kalau mandi. Memang, agar badanmu selalu bersih dan wangi pada saat puasa, biasanya kamu tetap mandi dua kali sehari. Kalau mandi di kamar mandi pribadi yang tertutup dan (yang paling penting) seorang diri sih nggak apa-apa, puasamu nggak akan batal. Puasamu akan batal ketika kamu mandi secara bersama-sama dan bercampur dengan lawan jenis yang bukan muhrim. Mandi semacam ini saat puasa sangatlah berbahaya. Puasa kamu terancam nggak sah kalau nekat melakukan tindakan ini.

3. Puasamu juga dianggap batal kalau menelan ludah dengan sengaja. Eits, ludah siapa dulu?

Jangan lakukan ini dulu ya selama puasa

Jangan lakukan ini dulu ya selama puasa via giphy.com

Menelan ludah secara sengaja akan membuat puasa kamu dianggap batal. Ini berlaku ketika ludah yang kamu telan adalah ludah orang lain atau pasangan, dengan kata lain kamu berciuman. Wah, ini jelas akan membatalkankan puasa.

4. Ngabuburit yang berlebihan juga bisa membuat puasamu batal. Apalagi kalau ngabuburitnya sambil ngopi.

Ngopi dulu lah sambil nunggu buka puasa

Ngopi dulu lah sambil nunggu buka puasa via giphy.com

Advertisement

Sembari menunggu buka puasa, kamu biasanya menghabiskan waktu sore dengan jalan-jalan atau yang sering disebut dengan ngabuburit. Mulai sekarang, kamu sepertinya harus sedikit berhati-hati dengan kegiatan ngabuburit , karena bila kamu melakukannya secara berlebihan bisa-bisa puasa kamu batal.

Ngabuburit yang berlebihan ini misalnya, ketika kamu menunggu buka puasa sambil jalan-jalan di mall. Setelah muter-muter dan naik turun, tapi masih juga jam empat sore. Sembari menunggu jam puasa kamu pun memutuskan menunggu di cafe sembari minum secangkir kopi. Waspadalah, ngabuburit semacam ini akan merusak puasamu.

5. Tidur memang bisa dianggap ibadah, tapi bisa juga membatalkan puasa.

Tidurnya sendiri-sendiri dulu ya

Tidurnya sendiri-sendiri dulu ya via www.travelfreak.com

Bagi sebagian orang, pada saat berpuasa, tidur adalah hal yang paling menyenangkan. Di samping bisa membunuh waktu sembari menunggu buka puasa, konon tidur saat berpuasa juga dianggap sebagai ibadah. Itu kalau kamu tidurnya benar-benar tidur. Nah, kalau kamu tidur bareng lawan jenis apalagi yang bukan muhrim. Wah, itu sih bukan batal lagi puasanya! Selain berbahaya karena membatalkan puasa, kamu juga bisa kena razia polisi. Jangan coba-coba ya!

6. Sahur yang berlebihan bisa menjadi penyebab batalnya puasa.

Pengen makan semuanya

Pengen makan semuanya via goodtimes.ndtv.com

Sebagai salah satu sunah dalam berpuasa, kamu dipersilahkan untuk sahur sebelum berpuasa. Kamu bisa makan besar sebelum imsak untuk mengisi energimu berpuasa. Saat sahur sebaiknya, kamu tak perlu berlebihan. Yang dimaksud berlebihan di sini bukanlah berlebihan makannya, melainkan berlebihan waktunya. Misalkan saja, ketika sedang sahur, kamu sudah mendengar adzan subuh tapi kamu masih melanjutkan makan sampai adzan ke dua yakni adzan dhuhur. Puasa kamu akan dianggap batal kalau cara sahurmu seperti ini.

7. Puasa di saat yang tidak tepat akan membuat rasa laparmu sia-sia.

Namanya puasa pasti lapar!

Namanya puasa pasti lapar! via thrivalroom.com

Segala sesuatu yang datang di saat yang tidak tepat hanya akan mendatangkan kesia-siaan, begitu juga dengan puasa. Menjalankan ibadah puasa di saat yang tidak tepat juga akan menjadikan ibadah puasamu sia-sia. Puasa di saat yang tidak tepat ini contohnya adalah ketika kamu puasa di malam hari dan berbuka dan sahur di siang hari ini. Puasamu bukan hanya dianggap batal tapi juga nggak berguna. Kamu juga dikira menganut aliran sesat kalau mengubah puasa seenak jidat seperti itu.

8. Membaca artikel ini juga bisa bikin puasamu sia-sia.

“ARRGGHHH, artikel apaan nih?!!!”

Sabar, sabar kan lagi puasa 🙂

Jika kamu setelah membaca artikel ini, kamu langsung emosi dan marah-marah, bisa jadi puasamu akan sia-sia. Ingat, puasa itu bukan sekedar nggak makan dan nggak minum. Puasa itu juga menjaga hati, pikiran, dan hawa nafsu.

Ayo senyum!

Ayo senyum! via s219.photobucket.com

Jadi, kalau lagi puasa jangan gampang marah-marah ya! Ayo senyum… Say cheese…

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya