Viral, Polisi Loloskan Mobil dari Tilang dengan Minta ‘Dibayar’ Hafalan Alquran. Bukan Duit Lagi!

Bayar tilang

Polisi lalu lintas kerap jadi momok para pengendara. Momen ketilang merupakan hal yang bikin males karena ngurusnya mesti nunggu sidang terlebih dahulu. Sebenarnya ada cara cepat, tapi tergolong melanggar hukum, yaitu dengan menyuap petugas yang menilang.

Advertisement

Praktik suap-menyuap sudah bukan barang baru. Nggak semua karena kehendak pelanggar, beberapa polisi pernah terciduk duluan meminta pungli. Motifnya sering disengaja; nggak ada angin, nggak ada hujan, tiba-tiba menilang. Syukurnya nggak semua polisi begitu. Ada kejadian unik yang viral di media sosial, di mana seorang polisi meloloskan pengendara meminta ‘bayaran’ yang nggak biasa. Penasaran? Cekidot!

Viral polisi meloloskan pengendara yang seharusnya ditilang bukan dengan suap uang, tapi dengan hafalan surat Alquran. Mantul!

Belum lama ini viral video polisi hendak menilang pengendara mobil. Video itu diunggah oleh akun @salingsapaid. Dalam video tersebut terlihat polisi sedang bernegosiasi dengan penumpang mobil yang kebanyakan bocah belia. Dari dialog tersebut polisi kemudian tahu bahwa salah satu penumpang merupakan hafiz Quran.

Advertisement

“Kalau enggak (baca) aku suruh kamu berhenti di sini lama-lama. Cepat, surat Al Fajr. Kamu tahfiz apa kalau enggak tahu,” kata polisi.

Mendengar itu, kemudian sang polisi menyuruh sang hafiz untuk melantunkan Surat Al Fajr jika ingin diloloskan. Dengan agak malu-malu sang hafiz kemudian melantunkan ayat demi ayat hafalannya. Setelah penumpang paling belakang berhasil menyelesaikan hafalan, polisi tersebut mempersilakan mereka untuk jalan. Mantul, Pak!

Meski seharusnya polisi itu menilang pengendara, tapi dengan nggak meminta bayaran uang polisi itu justru menerima banyak pujian

Tuai pujian via www.instagram.com

Advertisement

Memang secara hukum jika terjadi pelanggaran lalin seharusnya mobil tersebut kena tilang. Namun polisi tersebut lebih memilih meloloskan dengan hafalan. Sikap polisi ini bukannya dipermasalahkan oleh warganet, justru malah menuai pujian.

@fitriyana1233 “Pak Pol syariah.. semoga byk yg baik kayak gini”

@xcruzzmix “respect… ini lebih mendidik.. semoga tetap istiqomah djl Allah,”

@theasbachtiar “masyaAllah seandainya semua mr polis macam tu”

Pujian yang disematkan ini boleh jadi karena warganet gerah dengan pungli yang kerap dilakukan beberapa polisi. Bagi para warganet yang kebetulan muslim, cara ini dianggap lebih mendidik.

Menilang dengan meminta bayaran uang itu udah nggak zaman. Semoga makin banyak polisi bener dan pengendara yang taat

Stop pungli dan suap-menyuap via news.okezone.com

Praktik pungli masih jadi keresahan banyak orang. Seharusnya polisi sadar bahwa itu melanggar hukum. Dan sudah sepatutnya kita semua nggak tergoda untuk menyuap petugas. Daripada menyuap petugas lebih baik memperbaiki diri dengan taat peraturan. Meminta atau membayar uang itu udah nggak zaman, Cuy. Ayolah sama-sama bikin perubahan.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Fiksionis senin-kamis. Pembaca di kamar mandi.

Editor

Senois.

CLOSE