Masih ingat lirik “baby, baby, baby ooh” dari lagunya Justin Bieber? Lagu ini tepatnya dirilis enam tahun yang lalu pas Justin Bieber masih polos dan unyu-unyunya. Selain itu, mungkin kamu masih ingat juga sama lagu-lagu lain kayak Just The Way You Are, atau She Will Be Loved yang membawa dampak berkepanjangan bagi kamu untuk pengen ngubak-ubek karya-karya lain dari Bruno Mars dan Maroon 5. Sekarang, udah banyak banget perubahan yang terjadi sama musisi-musisi ini, dari mulai: fisik, penampilan, gaya, hingga musikalitas.

Nah, di artikel ini, Hipwee merangkum lagu-lagu yang akan mengingatkanmu dengan momen awal jatuh cinta pada deretan bintang pop yang sekarang kian berjaya di panggung dunia. Boleh jadi, lagu favoritmu udah jadi beda, tapi ibarat detik-detik pertama jantungmu tertancap panah cinta dari si doi, kenanganmu pada lagu-lagu ini enggan terhapus oleh masa. Sekalian nostalgia, guys.

The A Team – Ed Sheeran 

Ed Sheeran baru mulai dikenal 2011 kemarin, tapi ia mampu dengan cepat menarik hati para pendengar. Cuma butuh 5 tahun buat musisi dengan ciri khas rambut merahnya ini buat menyabet sejumlah penghargaan bergengsi. Sebelum terkenal dengan albumnya yang berjudul X di tahun 2014, Ed Sheeran dulunya sering main musik di jalanan sebelum akhirnya ketemu sama aktor terkenal Jamie Foxx yang nawarin dia buat bikin album penuh. Lagu The A Team sendiri diciptakan Ed Sheeran menurut pengalaman pribadinya pasca bertemu seorang cewek bernama Angel yang jadi relawan di penampungan tunawisma. Direkam dengan dana di bawah kisaran 3,7 juta rupiah, lagu ini berhasil terjual sebanyak 200.000 keping di minggu pertamanya! Bahkan untuk pembuatan video klip ini, Sheeran hanya butuh uang sebanyak 20 poundsterling atau jika dirupiahkan menjadi 370 ribu rupiah.

Just The Way You Are – Bruno Mars 

Mengawali dari panggung kecil sampai ke konser-konser akbar, Bruno Mars mulai dikenal dari tahun 2010 dengan ciri khas topi fedora dan suaranya yang bisa bikin siapa aja meluluh ini. Lagu yang berhasil membawa Bruno Mars memenangkan penghargaan Grammy Award di kategori Best Male Pop Vocal Performance ini membuktikan Bruno Mars mampu merengsek ke papan atas industri musik! Lagu berdurasi 3.47 menit ini sebenarnya adalah single dari band Bruno Mars bernama Doo Wop’s & Hooligans yang juga menjadi nama album debutnya. Berkisah tentang Just The Way You Are, Bruno Mars menyatakan jika tidak ada latar belakang khusus di balik pembuatannya. Ia hanya suka dengan lagu cinta klasik yang langsung menuju poinnya dan mengatakan apa yang tidak dikatakan lagu cinta saat itu. Just The Way you Are secara simpel menegaskan kepada seorang perempuan bahwa dia cantik apa adanya.

She Will Be Loved – Maroon 5 

Single dari album pertama Maroon 5 ini sangat menyita perhatian kita saat itu. Tidak hanya rupawan, Adam Levine mampu hadir sebagai idola kaum hawa nomor satu saat itu dengan suaranya yang sangat khas. She Will Be Loved sendiri telah memenangkan penghargaan Best Video MTV Asia Awards di tahun 2002. Lagu yang diambil dari nama mantan pacar Adam Levine ini menceritakan tentang seorang sahabat perempuan yang menjadi pacar orang lain. Ketika perempuan tersebut mencurahkan cerita kesedihan lantaran hubungannya memburuk kepada sahabatnya, pria ini selalu memberi saran baik karena diam-diam dia menyukai sahabatnya sendiri. Familiar ya? Balik lagi ke Adam Levine, kehadirannya saat itu bisa dibilang mampu menggeser dominasi Justin Timberlake di tangga lagu teratas.

Baby – Justin Bieber 

Advertisement

Cowok yang berasal dari Ontario, Kanada ini memulai karirnya di 2009. Banyak yang jatuh cinta sama Bieber sejak pertama kali video-live nya diunggah oleh ibu kandungnya. Di lagu Baby ini sendiri, Justin Bieber bisa memenangkan penghargaan Billboard Music Award dalam kategori Top Streaming Video di tahun 2011 silam. Lagu yang doi bawain bareng rapper Ludacris ini menjadi video yang paling banyak ditonton sepanjang tahun 2010 lho! Baby mengisahkan tentang pengalaman pribadi Justin saat marah sama pacarnya, tapi tetap setia karena nggak ingin hubungannya berakhir. So sweet banget kan? Sampai akhirnya kini beranjak semakin terkenal dan jadi bad boy, belum ada yang dulu meramalkan mau jadi seperti apa Justin Bieber.

Teenage Dream – Katy Perry

Sepanjang hidupnya, karya-karya Katy Perry telah dinominasikan di penghargaan sebanyak 298 kali dan 85 di antaranya mampu menjadi pemenang. Salah satu yang paling terkenal adalah Teenage Dream. Katy Perry mengakui bahwa ia menulis lagu ini karena setiap orang pasti pernah mengalami momen-momen remaja, seperti perasaan saat jatuh cinta pertama kali hingga patah hati yang pasti bikin siapa saja bakal galau. Artis yang baru saja bercerai dengan aktor Russell Brand pada 2012 lalu ini sudah memulai karirnya di tahun 1999 lewat jurusan kuliah Italian Opera di Music Academy of The West.

Someone Like You – Adele

Wanita berusia 27 tahun jebolan BRIT School for Performing Arts and Technology ini mulai memasuki dunia tarik suara pada tahun 2006. Adele juga bisa menulis lagunya sendiri lho! Salah satunya ya lagunya yang berjudul Someone Like You ini. Album 21 yang memuat lagu ini terjual sebanyak lebih dari 3 juta keping dalam setahun di Inggris! Lagu ini sendiri punya latar belakang yang sangat melankolis lho, ditulis dari pengalaman pribadi doi buat mantan kekasihnya yang sempat memadu kasih selama 1,5 tahun. Adele mengakui jika ternyata mantan pacarnya ini nggak sadar kalau dirinya menjadi inspirasi lagu ini. Yang lebih parah, kenapa Adele sempat galau sampai menahun adalah karena mantan pacarnya meninggalkannya demi orang lain, padahal kabarnya mereka sudah hampir menikah. Kurang sedih apa coba?

Love Story – Taylor Swift

Baik kaum adam maupun hawa mengidolakan musisi bertalenta ini.  Seperti kebanyakan karya dari Taylor Swift, Love Story muncul lantaran pengalaman pribadinya perihal seorang pria, atau lebih tepatnya mantan kekasih dari Taylor Swift. Saat remaja, musisi berusia 27 tahun ini pernah adu pendapat bersama orangtuanya terkait dengan kekasihnya. Orangtuanya mengatakan jika apa yang dialami Taylor Swift hanyalah sebatas cinta monyet belaka. Selain itu, lagu ini juga bisa jadi menceritakan kisah cintanya di tahun 2008 bersama Joe Jonas dari Jonas Brothers. Lirik “Romeo, take me some place we can be alone” menggambarkan secara pasti bagaimana mereka sangat jarang sekali bisa berdua bersama dikarenakan popularitas keduanya yang selalu mengundang kumpulan paparazzi.

Thriller – Michael Jackson 

Siapa yang nggak kenal Michael Jackson? Cewek-cewek di jaman puncak kesuksesan Michael Jackson mungkin  udah jadi ibu-ibu, tapi kaya-karyanya tetap bergema sampai sekarang. Musisi bertalenta yang juga dijuluki sebagai rajanya pop dunia ini memulai karirnya di kelompok bernama Jackson 5 bareng saudara-saudara kandungnya.  Melepaskan diri dan berkiprah sebagai artis solo, Thriller–dari album bertajuk sama–adalah salah satu single andalan dari musisi yang sudah tutup usia 7 tahun ini.  Sampai sekarang, belum ada satu pun album di dunia yang bisa ngalahin angka penjualan dari album Thriller, 65 juta kopi. Lagu Thriller sendiri memadukan tema horor dengan aransemen pop, plus koreografi ikonik yang sangat tenar di video klip yang nggak kalah fenomenal juga. Apapun fenomenal lah pokoknya si Michael Jackson ini.

Your Body Is A Wonderland – John Mayer 

Musisi asal Connecticut berusia 38 tahun ini sering gonta-ganti pacar lho! Dari Jessica Simpson, Jennifer Aniston, sampai Katy Perry pun pernah dia pacari. Jelas, siapa yang nggak takluk sama paras menawan dan suara lembut dari pria ini.  Your Body is A Wonderland sendiri dirumorkan terinspirasi dari hubungan singkat antara doi dan mantan pacarnya, Jennifer Love Hewitt. Namun ternyata Jennifer menyangkalnya karena menurutnya tidak mungkin juga hubungan super singkatnya dengan John Mayer yang penuh ketidakstabilan mampu membuatnya terpikir untuk membuat lagu ini. Dan ternyata benar, Your Body is A Wonderland dirilis bahkan sebelum mereka berdua resmi berpacaran. Hmmm, terus lagu ini buat siapa ya?

What Makes You Beautiful – One Direction

Boyband asal Inggris yang mungkin paling digandrungi cewek-cewek kekinian ini akhir Maret kemarin habis ditinggal salah satu personilnya, yakni Zayn Malik. Sebelum ditinggal, mereka udah klop banget sebagai boyband. What Makes You Beautiful sendiri berhasil menjadi penanda kesuksesan awal One Direction. Tercatat sebanyak 10 penghargaan seperti: MTV Video Music Award, Kid’s Choice Award, Teen Choice Award, sampai Brit Award mampu disabet oleh One Direction hanya dengan satu lagu saja.

Lagu dengan penjualan tercepat pada 2011 yang mencapai angka penjualan 153 ribu keping di satu minggu setelah rilisnya ini ditulis oleh seorang produser keturunan India bernama Savan Kotecha yang terinspirasi dari kisah istrinya. Para personil One Direction sendiri merupakan kandidat dari acara pencarian bakat The X Factor. Kalo habis lihat video ini, jadi kelihatan banget ya perbedaan mereka di tahun 2011 dengan sekarang.

Nah, belum tentu para bintang pop ini jadi sedigdaya dan setenar sekarang tanpa lagu-lagu di atas. Jadi ingin balik memutar lagu-lagu lama mereka kan?