Percaya atau nggak, kalau ngomongin setan, jin, atau makhluk gaib lainnya kadang suka bikin merinding. Kamu meyakini para makhluk gaib itu bakal ganggu buat menakut-nakuti dengan wujudnya yang seram. Ditambah lagi berbagai cerita horor yang suka bikin kamu jadi makin ogah ke mana-mana sendirian. Bukannya kamu belum dewasa yang apa-apa kayak serba takut gitu nggak berani, tapi hadirnya kisah-kisah mistis di sekitarmu (mungkin kamu udah pernah alami sendiri) memang punya sisi seram yang kelihatan nyata.

Wujud hantu dalam pikiranmu nggak jauh-jauh dari kuntilanak, genderuwo, tuyul, atau pocong – setan khas Indonesia. Nah, itu tadi adalah setan-setan Tanah Air, kalau di negara lain apakah sama? Misalnya saja yang berada di negara-negara barat, salah satunya vampir. Bisa dibilang kamu kenal vampir dari cerita-cerita novel maupun film yang mengangkat kisahnya. Jika dipikirkan lagi, keberadaan vampir seolah sulit bikin kamu percaya kalau makhluk halus khas negara di benua Eropa dan Amerika itu memang ada. Tapi, banyak informasi merebak kalau vampir memang benar ada – yang disertai bukti penelitian hingga legenda kuno yang masih dijaga ceritanya.

Meski nggak sedikit yang menyangkal, kisah-kisah tersebut bikin kamu jadi percaya kalau apa yang diceritakan dalam film Twilight maupun serial The Vampire Diaries memang ada di kenyataan. Oleh karena itu, simak yuk 7 kisah horor tentang vampir yang telah Hipwee himpun dari berbagai sumber berikut ini.

1. Dari banyaknya mitos di dunia tentang vampir, Bulgaria adalah negara yang terkenal salah satunya dengan keberadaan vampir. Konon, terdapat serangan massal oleh sejumlah vampir pada tahun 1863

mana yang familiar? via theday.co.uk

Berbagai informasi yang merebak di dunia maya memberitakan kalau negara Bulgaria adalah negara yang terkenal salah satunya dengan kisah horor vampirnya. Dikatakan bahwa di negara ini terdapat cukup banyak vampir – di mana pada 1863 pernah terjadi serangan massal vampir muda ke suatu desa bernama desa Dekekuoi. Dengan badan berkilauan, para vampir muda itu menyerang desa Dekekuoi dengan menyerang warga, berteriak-teriak di sekitar rumah, hingga merusak foto-foto orang kudus di sana serta melemparinya memakai kotoran hewan.

Advertisement

Awalnya para vampir ini nggak tampak oleh manusia, namun saat hari mulai gelap, perlahan mereka mulai tampak karena tubuhnya mengeluarkan cahaya. Lantaran serangan mereka tak berhenti dan warga makin terganggu, akhirnya para penyihir di desa tersebut melakukan aksi penumpasan. Penyihir itu pergi ke pemakaman untuk mencari lubang makam mana saja yang mengganggu warga desa. Dia menyegel lubang-lubang kuburannya, lalu sejak saat itu desa Dekekuoi udah nggak pernah dapat serangan lagi.

2. Selain Bulgaria, ada lagi di Yunani kisah vampir yang cukup bikin geger karena dituliskan dalam sebuah buku berjudul Travels in Crete oleh warga Inggris

kalau vampir kayak gini mau digigit nggak? via mybabysittersavampire.wikia.com

Bukan cuma Bulgaria, negara di benua Eropa lainnya yang juga memiliki kisah vampir ialah Yunani. Pada 1837, ada seorang warga Inggris bernama Robert Pashley yang menuliskan kisah pertemuannya dengan vampir di Yunani melalui buku berjudul Travels in Crete. Dia menceritakan bahwa sebelum sampai di Crete, dirinya sempat tertidur di depan kuburan Katakhanas (vampir wilayah itu) yang mengeluarkan sebuah suara misterius dari dalam makan. Suara tersebut meminta agar Pashley memindahkan senjata yang dibawanya, karena saat itu ia menaruh senjata seperti posisi salib.

Ketika Pashley sadar bahwa itu adalah suara Katakhanas, dia langsung berinisiatif melakukan perjanjian dengannya asal sang vampir nggak melukai siapapun. Sayangnya Katakhanas ingkar janji karena akhirnya melukai beberapa pengantin baru pada malam senjata Pashley dipindahkan. Lalu, Pashley pun melaporkannya kepada pendeta dan tak lama massa hadir di pemakaman untuk membakar Katakhanas.

3. Nggak sah kayaknya kalau belum menyebut Rusia dalam daftar negara Eropa yang memilki vampir. Apalagi wabah-wabah penyakit yang merebak zaman dulu salah satu faktornya disebut-sebut karena mereka

Jika daritadi kisah vampir yang merebak adalah tentang penyerangan dan perburuan yang dilakukan vampir, di Rusia malah wabah penyakit yang dikaitkan dengan mereka. Ini terjadi pada sekitar abad ke 19 di mana terdapat seorang warga yang sakit akibat wabah karena ulah vampir. Wabah yang tersebar yaitu penyakit kolera pada Agustus 1848 yang diidap oleh perempuan hamil bernama Justina Yudchkov (disinyalir seorang vampir). Setelah isu tersebut menyebar, dengan kompak para petani daerah setempat setuju untuk mengecek jenazah Yuschkov yang dilihat mulutnya sedang terbuka. Keadaan jenazah yang seperti itu membuat para warga sepakat menyatakan kalau wanita hamil yang mengidap penyakit kolera itu adalah seorang vampir.

Setelahnya, para petani melakukan aksi menyayat tubuh jenazah itu untuk mencari jabang bayi – yang ternyata ada di peti jenazah, bukan di dalam perut. Keanehan tersebut makin menguatkan pernyataan kalau Yuschkov memang  seorang vampir. Mereka pun menusuk mulut jenazah menggunakan salib, sayangnya aksi itu dianggap terlalu brutal dan dilaporkan ke pengadilan setempat oleh pendeta.

4. Teror vampir yang sulit dihentikan akhirnya dapat selesai dengan menggunakan jasa pemburu vampir profesional. Hmm abad ke 14 udah ada ya profesi itu?

para pemburu vampir via misantropey.com

Salah satu vampir yang terornya sulit dihentikan terjadi pada awal abad ke 14 di desa Blau, Bohemia. Kisahnya berawal dari seorang pengembala bernama Myslata yang tewas dan berubah jadi vampir lalu tak berhenti menakut-nakuti para warga. Selain sulit dimatikan, Myslata pun cukup hebat dalam melakukan perburuan karena tak harus capek menghampiri manusia. Ia bisa membunuh cukup dengan memanggil nama korban incarannya saja. Lebih kejinya, korban-korban Myslata nggak langsung tewas, tapi menunggu sekitar 8 hari dulu. Warga pun makin marah, dan mereka mencoba memakai pancang serta menusukannya ke jantung vampir itu. Sayangnya, perlawanan itu ternyata nggak mempan. Kegagalan tersebut membuat mereka memakai jasa para pemburu vampir profesional agar Myslata bisa dibinasakan – yang akhirnya benar mati lalu dibakar agar tak bangkit lagi.

5. Kalau dari tadi para vampir diceritakan berhasil dibunuh, lain lagi dengan kisah satu ini. Ada legenda dari Yunani yang mengatakan hadirnya vampir saat malam Natal tiba

Ada lagi cerita mistis dari Yunani yang telah jadi legenda di sana. Dikisahkan terdapat sosok vampir yang hanya muncul saat malam Natal. Vampir yang dinamakan Callicantzaro ini disinyalir bergentayangan selama 12 malam dan tak tanggung-tanggung akan menghisap seluruh darah korbannya sampai habis. Apalagi dipercaya juga kalau vampir kejam satu ini memakan nyawa sang korban. Salah satu vampir yang ditakuti ini sering dianggap muncul dalam wujud bayi yang tanpa disangka-sangka berubah menjadi pengisap darah dan meneror manusia.

6. Ada juga kisah klasik tentang para “vampir” yang senang meminum darah manusia

vampir era ini via www.capitalbay.news

Seorang wanita bernama Julia Caples yang tinggal di Wilkes Barre, Pennsylvania mengaku gemar meminum darah manusia. Pengakuan ini diceritakannya sejak dia masih remaja, ketika ia mulai merasa aneh saat melakukan ciuman pertama karena dirinya ketika itu punya hasrat mengigit pasangannya. Dia pun bilang kalau hingga kini masih rutin melakukan ritual tersebut. Kalau punya kerabat seperti ini, kamu bakal gimana?

7. Ada sebuah penelitian yang mengidentifikasi soal “vampir” masa kini lho

ada aliansi vampir lho via www.nationalreview.com

Director of the Social Work Program di Idaho State University bernama DJ William mengatakan kalau dirinya mempercayai adanya vampir. Ia mengaku pernah bertemu dengan seorang wanita yang mengklaim dirinya sebagai vampir sejati yang melakukan kegiatan seperti manusia lainnya. Hanya saja yang membedakan adalah mereka meminum darah manusia. Caranya dengan melukai bagian leher orang lain memakai silet.  Nggak hanya itu, William juga berkata kalau dirinya sempat bertemu aliansi Vampir Atlanta, yakni sekelompok vampir yang terdiri dari 11 vampir dewasa yang berasal dari kalangan berbeda.

Terlepas dari berbagai spekulasi tentang keberadaan vampir, kisah-kisah masa lalu yang jadi legenda itu bisa jadi salah satu referensimu buat percaya soal vampir. Paling tidak, kamu jadi punya alasan untuk mendukung kebenaran sains dari cerita yang diangkat Twilight maupun The Vampire Diaries.