Pada tanggal 1 Mei, Indonesia (dan seluruh dunia) akan sama-sama memperingati Hari Buruh. Tujuan dari peringatan hari tersebut adalah untuk menghargai keberadaan buruh dan hak-hak mereka. Biasanya nih ketika Hari Buruh berlangsung akan ada banyak aksi unjuk rasa dari para buruh yang menuntut mulai dari kenaikan gaji, fasilitas kerja, dan sederet tuntutan lainnya.

Kalau dipikir-pikir, sebenarnya momen tersebut bisa dimanfaatkan sebagai ladang untuk menghasilkan uang. Dengan sedikit kreativitas kamu bisa tuh membuka bisnis-bisnis kecil-kecilan yang gak hanya berguna untuk kamu saja, tapi juga para buruh yang sedang memperjuangkan hak mereka. Berikut ini Hipwee akan mengulas beberapa barang dagangan yang bisa kamu jual saat Hari Buruh datang:

1. Air minum adalah kebutuhan bagi setiap orang, apalagi kalau lagi panas-panasan demo. Makanya, berjualan aneka jenis minuman bisa membuatmu pulang dengan keuntungan menjulang.

jual minuman taku ada yang haus

jual minuman taku ada yang haus via www.anatoemon.com

Advertisement

Terlepas dari apapun jenis minumannya setiap orang tentu butuh yang namanya air minum. Mulai dari air mineral, soda, teh kemasan, dan lainnya pasti akan banyak dicari. Berangkat dari perkiraan ini berdagang air minum dapat menjadi pilihan yang bisa kamu jalani jika berniat berjualan di Hari Buruh nanti. Mereka yang akan berunjuk rasa tentu akan berada di bawah terik panas matahari pastinya butuh banget dong asupan air? Nah maka daripada itu menjual aneka minuman dapat menjadi ide brilian yang bisa kamu aplikasikan.

2. Setelah seharian berunjuk rasa tentunya rasa lapar akan mendera. Ini momen tepat untukmu yang berniat jual makanan bungkus.

jualanan makanan supaya gak lapar

jualan makanan supaya gak lapar via bisniskumantaps.blogspot.com

Di mana ada minuman paling pas kalau ada pasangannya berupa makanan. Apalagi kalau dipikir-pikir nih setelah seharian sibuk berunjuk rasa dan mengutarakan pendapatnya, para buruh tentu akan merasa lapar. Di sinilah kamu sebagai seorang pengusaha yang cerdas membaca peluang bisa memanfaatkan hal tersebut untuk berdagang makanan. Kamu bisa menjual mulai dari makanan berat kayak camilan. Nasi bungkus, mie gelasan sampai dengan puding untuk hidangan penutup bisa di jual di sana.

3. Cuaca panas di Indonesia membuat para demonstran butuh topi untuk melindungi kepala dari sengatan matahahari.

dagang topi biar pada terlindung dari panas

dagang topi biar pada terlindung dari panas via hirangputihhabang.wordpress.com

Saat aksi unjuk rasa nanti kemungkinan besar para buruh harus berhadapan dengan cuaca panas yang pasti terasa menyiksa. Untuk membantu mereka agar tetap bertahan dengan cuaca panas, kamu bisa loh berjualan topi yang akan mengurangi siksaan panas terik matahari yang datang. Jenis barang dagangan ini memang terlihat sepele, tapi ternyata banyak dibutuhkan. Siapa tahu di antara mereka ada yang lupa bawa dari rumah, ya kan?

4. Selain topi, kamu juga bisa menyediakan kacamata hitam untuk melindungi mata para buruh dari silaunya sinar matahari.

kacamata hitam supaya gak silau

kacamata hitam supaya gak silau via fjb.kaskus.co.id

Advertisement

Melindungi diri tidak hanya cukup dilakukan dengan topi saja tapi juga kaca mata hitam. Bisa bayangin gak betapa silaunya harus teriak-teriak di bawah teriknya sinar matahari? Karena itu mereka butuh tuh kacamata hitam agar mata mereka tetap terlindung dari bahaya sinar ultraviolet. Kamu tidak hanya bisa menjual kacamata ke para pengunjuk rasa saja tapi juga kepada para Pak Polisi yang sedang bertugas menertibkan jalannya aksi unjuk rasa.

5. Khusus bagi kamu yang jago merangkai kata sindiran, manfaatkan kelebihan tersebut untuk berjualan poster dengan kata-kata yang menohok!

dagang poster juga bisa

dagang poster juga bisa via www.lensaindonesia.com

Punya kelebihan berekspresi dengan kata-kata? Kalau iya manfaatkan kelebihan tersebut untuk berjualan benda yang bisa berguna untuk banyak orang. Berhubung ada Hari Buruh, kamu bisa membantu mereka membuatkan poster yang berisi kata-kata menohok mengkritik hak-hak buruh yang sepertinya belum terakomodasi dengan baik di negara ini.
Ya, salah bentuk barang dagangan super kreatif ini memang layak kamu coba jika ingin terlihat berbeda dari pedangan lainnya.

6. Teriak-teriak saat berdemo bikin leher pendemo gatal, hal ini bisa dimanfaatkan untuk berjualan permen pelega tenggorokan.

biar tenggorokan gak skait

biar tenggorokan gak skait via www.tokopedia.com

Saat ada kegiatan demo tentu ada orang yang akan berteriak-teriak menyuarakan pendapatnya. Karena berteriak-teriak seperti itu maka gak heran mereka pasti memerlukan permen mint untuk melegakan tenggorokan yang gatal dan sakit. Di sinilah sebagai seorang yang berjiwa enterpreneur kamu wajib memanfaatkan peluang emas tersebut dengan menjual permen pelega tenggorokan. Untuk membantumu mendapat pangsa pasar, selalu usahakan berdiri di dekat orang yang memegang pengeras suara. Dijamin deh permenmu itu akan laku jika dijual kepada mereka.

7. Berhubung sekarang lagi musim anomali cuaca, sediakan pula payung dan jas hujan kalau-kalau cuaca cerah berubah jadi hujan deras.

jas hujan harus ada juga

jas hujan harus ada juga via bajumurah.info

Gak cuma topi dan kacamata hitam saja yang dibutuhkan, mereka juga butuh payung atau jas hujan kalau tiba-tiba cuaca berubah. Berhubung akhir-akhir ini banyak anomali cuaca yang terjadi wajib pula kamu menyediakan alat-alat yang bisa melindungi mereka dari air hujan. Maka dari itu berjualan payung atau jas hujan bisa jadi pilihan yang layak diperhitungkan.

8. Seharian berdiri pasti membuat mereka butuh tempat untuk beristirahat, maka dari itu cobalah usaha menjual atau menyewakan kursi lipat.

sedia kursi lipat

sedia kursi lipat via sewakursi-murah.blogspot.com

Berjualan atau menyewakan kursi lipat saat unjuk rasa sedang berlangsung jadi pilihan bisnis yang layak kamu lakukan. Bayangin deh seharian berdiri di jalan raya tentu akan membuat tubuh dan kaki mereka kelelahan. Belum lagi para pendemo itu ada ibu-ibu yang bawa anak.Pasti butuh deh barang dagangan seperti ini. Jangan ragu untuk mencoba bisnis kecil-kecilan seperti ini karena sepertinya banyak yang butuh deh.

9. Ada juga demo yang menggunakan kendaraan seperti motor untuk melancarkan aksi mereka. Karena itu siap sedia dengan bensin eceran juga bisa jadi pilihan menarik.

Kadang-kadang saat berdemo ada banyak orang yang menggunakan sepeda motor untuk konvoi. Motor-motor tersebut biasanya akan melewati rute yang panjang di mana kemungkinan besar persediaan bensin yang mereka miliki tidak mencukupi. Padahal kalau bensin mereka habis di tengah jalan, itu pertanda buruk untuk para pendemo melanjutkan aksi mereka. Untuk itulah kamu bisa memanfaatkan peluang ini menjual bensin eceran kepada pihak-pihak yang membutuhkan.

10. Aksi bakar-bakaran dalam kegiatan demo juga kamu manfaatkan dengan berjualan ban bekas di sekitar wilayah unjuk rasa.

jualan ban

jualan ban via s1148.photobucket.com

Aksi demo di Indonesia biasanya akan diwarnai dengan aksi bakar ban dan sejenisnya. Memang sih tindakan ini tidak dibenarkan, namun kalau dipikir-pikir sebetulnya ada celah keuntungan bagi kamu yang memang berniat jualan. Kamu bisa menyediakan bahan baku dari aksi mereka. Apa bahan bakunya? Ya dengan jualan ban dong. Bannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan, mulai dari ban mobil, motor, atau yang lebih kecil sepeda. Beli ban bekas, jual mendekati harga ban baru. Cing! *suara mesin kasir*

Dari sekian banyak ide barang dagangan versi Hipwee di atas, mana nih yang paling kamu suka guys? Jangan lupa share di kolom comment di bawah ya..

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya