Lebaran sebentar lagi! Sudah pasti di hari yang fitri ini, kamu akan bertemu dengan banyak orang untuk bersilahturahmi. Mungkin mereka datang ke rumahmu atau kamu yang datang untuk berkumpul di rumah kakek-nenek atau saudara. Pada saat lebaran nanti, tentunya kamu akan bertemu banyak orang dengan bermacam-macam gaya.

 1.  Ada yang suka bagi-bagi THR pas acara kumpul keluarga.

Bagi-bagi THR

Bagi-bagi THR via www.vivaborneo.com

Waktu kumpul-kumpul lebaran nanti, mungkin ada satu atau dua orang dari keluarga atau kerabat orang tua kamu yang hobi bagi-bagi THR. Nah, kalau kebetulan ketemu yang begini ini, jangan ragu untuk selalu pasang senyum manis di depannya. Dudukmu pun jangan-jangan jauh dari dia. Jadi pas waktunya bagi-bagi THR, kamu langsung siap sedia. Biasanya yang suka begini adalah saudara bapak ibu yang paling tua atau saudaramu yang sudah mapan.

2. Ada juga yang suka tanya-tanya mulai dari karir hingga masalah jodoh.

Tanya terus deh!

Tanya terus deh! via suryadisaputera.blogspot.com

Advertisement

Ada juga tipe-tipe orang yang hobinya tanya-tanya waktu ngumpul lebaran. Semuanya ditanyain. Dari masalah karir, asmara, kesehatan, pokoknya persis kayak zodiak. Untuk kamu yang jomblo, belum kerja, atau belum lulus kuliah, ada baiknya kamu menghindari ngobrol terlalu jauh dengan yang macam ini supaya hati dan pikiranmu tetap tenang hingga akhir libur lebaran.

Yang suka tanya-tanya: Sudah lulus belum? Terus kerja di mana? Kapan kawin?

kamu: Maaf, saya masih baru aja keterima kuliah pas pengumuman kemarin.

3. Enggak peduli apa yang terjadi, pokoknya suka ngabis-ngabisin makanan.

Pokoknya makan!

Pokoknya makan! via rievees.blogspot.com

Bisa jadi kamu adalah salah satunya. Salah satu kenikmatan lebaran, selain berkumpul bersama keluarga, adalah hidangan yang melimpah dan menarik untuk dinikmati. Setelah sebulan penuh berpuasa, makan pagi dan makan siang menjadi hal yang paling dirindukan. Untuk itulah pada hari lebaran, kerinduan akan makan pagi dan makan siang dicurahkan penuh. Dari selesai sholat ied sampai sore hari bawaannya pengen nyobain semua makanan terus. Enggak apa-apa sih mumpung banyak makanan, kalau nggak dimakan kan mubasir.

4. Ada juga yang suka pamer pencapaian, prestasiand all about me”

Berisik banget sih!

Berisik banget sih! via alot2thinkabout.wordpress.com

Advertisement

Kamu juga akan ketemu mereka yang memanfaatkan moment kumpul-kumpul lebaran untuk menunjukkan eksistensi diri. Tanpa ditanya-tanya, dia akan dengan leluasa mempresentasikan dirinya: bagaiamana studinya, apa pekerjaannya sekarang, siapa pacarnya.

Si tukang pamer: Hai bro, kemarin gue lulus cumlaude sekarang gue kerja di perusahaan minyak. Tahun depan gue mau nikah lho, Bro!

Kamu: Enggak nanya! *sambil makan opor*

5. Ada juga yang memanfaatkan acara kumpul keluarga yang hikmat ini untuk berbisnis.

Siapa tahu ada yang pingin bisnis

Siapa tahu ada yang pingin bisnis via pojokjendela.wordpress.com

Selain mereka yang mempresentasikan diri sendiri, kamu juga akan bertemu mereka yang mempresentasikan bisnis mereka. Ya niatnya sih mumpung ketemu banyak orang sekalian aja diprospek  eh dikenalkan bisnisnya siapa tahu ada yang tertarik. Lumayan kan, lebaran mendatangkan berkah tersendiri.

Kerabat yang berbisnis: cuma dengan modal segini, Bro! Kapan lagi kamu bisnis sambil kuliah, ya kan?

Kamu: udah pernah denger yang kayak gini berkali-kali!

6. Pasti selalu ada mereka yang suka minta THR. Ih gemes~

Buat beli apa hayo?

Buat beli apa hayo? via elangg.com

Om, THR om

Ini biasanya ponakan atau adik sepupu kamu yang masih SD. Sebenarnya sih mereka cuma perlu uang jajan buat beli kembang api atau mercon aja sih.

7. Selalu ada kemungkinan kamu akan bertemu mak comblang. Butuh nggak butuh tetap aja hobinya jodoh-jodohin orang.

Siapa juga yang butuh dijodohin

Siapa juga yang butuh dijodohin via giphy.com

Tukang jodoh: Eh, ini kenalin Tante sama ponakan. Anaknya baik lho, cantik kan? Dia ini anak kedokteran.

Kamu: Kenalin juga, ini pacar saya.

Tanpa bertanya apakah kamu jomblo atau nggak, apakah kamu ingin cari pasangan atau nggak, tiba-tiba datang dengan mengenalkan seseorang. Kamu mungkin juga akan bertemu dengan kerabat semacam ini saat lebaran nanti. Lagi enak-enak ngemil nastar, eh tiba-tiba ada yang datang bawa ponakannya sambil ngenal-ngenalin, padahal pacar kamu juga ada di sebelah kamu.

8. Si penyendiri, dan nggak suka kumpul-kumpul.

Dia hanya ingin menyendiri

Dia hanya ingin menyendiri via ambhen.wordpress.com

Saat bertemu, kamu dan dia hanya saling bersalaman sambil saling mengucapkan maaf lahir batin. Setelah itu, dia kembali duduk sendiri dan berdiam diri dalam kesendiriannya. Ketika ada yang ingin menyapa lebih lanjut, dia selalu punya cara untuk menghindarinya. Tak perlu cemas, jika kamu bertemu saudaramu yang begini saat hari lebaran. Mungkin dia takut ditanya puasanya bolong berapa…

9. Meskipun lebaran ada juga yang suka gosip.

Masih aja ngegosip!

Masih aja ngegosip! via meangirlgifs.tumblr.com

Memang kalau udah kebiasaan susah ya dihilangkan. Waktunya kumpul-kumpul lebaran buat saling memaafkan, masih aja buat gosip-gosip. Bukan tidak mungkin waktu lebaran nanti kamu akan menemukan yang seperti ini. Kamu bisa menyindirnya dengan halus.

“Ehem, kemarin sudah ngempet gosip banget ya pas puasa?”

10. Saudara yang bawa kamera dan suka foto-foto.

Si seksi dokumentasi

Si seksi dokumentasi via www.gilangajip.com

Sepertinya yang begini memang harus ada pas lebaran. Yang begini bisa juga disebut sebagai seksi dokumentasi saat lebaran. Mereka yang punya kamera digital, meski nggak jago-jago banget motret, selalu mengabadikan setiap moment saat lebaran. Mulai foto pas makan-makan, foto generasi tua yang ngobrol, foto generasi muda yang lagi kumpul, sampai foto bersama satu trah. Jangan heran kalau mereka yang suka foto-foto ini setelah lebaran suka nge-tag kamu di facebook.

11. Saudara yang suka update sosmed.

Posting terus!

Posting terus! via ciricara.com

Lagi mau berangkat sholat ied, diajakin foto selfie buat di upload di sosmednya. Di masjid, tiba-tiba ditag lagi sholat ied sama dia. Waktu makan, dia posting semua hidangan. Pokoknya eksis di sosmed banget lah!

12. Saudara yang suka gonta-ganti pacar.

Wah baru lagi?

Wah baru lagi? via bisikan.com

Mungkin kamu juga akan ketemu saudara yang setiap lebaran selalu bawa pacar baru. Mungkin dia kalau lebaran bukan cari baju baru tapi pacar baru ya?

Banyaknya orang yang akan kamu temui saat lebaran nanti, tentu akan membuat lebaranmu semakin berwarna. Bermacam orang dengan karakter yang berbeda ini juga akan membuat acara kumpul-kumpul saat lebaran terasa lengkap.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya