Bro, itu gimana sih cara main Pokemon Go?

Gampang, bro. Tinggal install

Emang udah ada di Indonesia?

Udah dong, nih cobain kalau mau main.

Sebelumnya hipwee mau tanya nih, masih ada yang bingung main Pokemon Go nggak? Udah main tapi kayak nggak berkembang levelnya? Atau bahkan masih banyak yang nggak bisa dan nggak tahu cara nge-download Pokemon Go? Nah, sekarang hipwee bakal ngasih tahu beberapa tips dan trik biar kamu bisa jadi jagoan di game tersebut. Mulai dari cara mengunduh dan meng-install, sampai ke manuver-manuver agar sepak terjangmu sebagai Pokemon Go bisa membanggakan. Langsung aja yuk simak!

Oh ya, sebelum main, jangan lupa siapin paket data yang banyak dan baterai handphone yang full! Biar nggak mati dan gagal  di tengah jalan.

Kita mulai dari cara meng-install, yang udah bisa boleh langsung skip ūüėÄ

Gampang sebenarnya mainnya via inwepo.co

Memang belum ada kabar pasti tentang waktu rilis resmi Pokemon Go di Indonesia, jadi kamu belum bisa mengunduh langsung dari Google Play Android atau App Store iOS. Tapi tenang aja, kamu tetap bisa mengunduhnya kok. Yang pertama kamu butuhkan jelas adalah smartphone Android minimal KitKat 4.4 atau minimal iPhone 5 dengan iOS 8.2. Selanjutnya, kamu juga harus punya akun Gmail.

Advertisement

Setelah semua terpenuhi, kamu bisa mulai masuk ke menu Settings, Security dan silahkan centang unknown sources. Lantas, carilah file APK Pokemon Go yang sudah tersebar di banyak situs. Nih, kita kasih. Untuk smartphone iOS, ada dua cara download dan install: pertama adalah dengan menggunakan Apple ID negara yang sudah mendapatkan game ini secara resmi, dan yang kedua adalah men-download dari toko aplikasi eksternal. Sisanya, ya tinggal install aja seperti biasa. Mudah kok.

Pokemon Go merupakan permainan berbasis peta di dunia nyata dengan memanfaatkan GPS. Jika kamu ingin menangkap Pokemon, kamu cukup berjalan ke arah yang kamu suka. Saat Pokemon muncul, klik Pokemon tersebut. Lalu kamu akan berhadapan dengan Pokemon tersebut di dunia nyata. Sementara jika saat bermain terdapat pesan ‚ÄúGPS signal not found‚ÄĚ , itu menandakan GPS belum siap dan sedang mencari. Makanya, ini tergantung juga dari kondisi sinyal dan koneksi internet yang bisa terjangkau oleh smartphone-mu.

Pidgetto! via inwepo.co

Inti dari game Pokemon Go sebenarnya adalah mengumpulkan Pokemon sebanyak-banyaknya dan menjadi Pokemon Master terkuat di setiap wilayah. Saat ini kita belum bisa melakukan pertukaran Pokemon ke sesama Pokemon Master/Trainer. Sementara untuk bertarung dengan teman hanya bisa dilakukan di tempat yang dinamakan gym, yang ada di map dengan ditandai oleh tower tinggi yang tersebar di berbagai penjuru. Biasanya kamu bisa menemukan gym di mal, restoran dan kafe. Kamu bisa memasuki gym hanya ketika sudah mencapai level 5.

Nah, kalau kalian udah punya game-nya, udah coba-coba main, dan mulai pengen lebih jago, coba deh kenali poin-poin ini.

Lingkaran

Kalau kalian ketemu Pokemon liar, mungkin kalian bertanya-tanya apa maksud lingkaran bergerak yang warnanya ijo atau orange di badan Pokemon itu. Warna ijo artinya Pokemon itu termasuk cemen alias gampang ditangkep karena CP-nya ngga gede-gede banget. Warna oranye, artinya Pokemon ini rada tengil dan bisa jadi Pokeball kalian dihempas manja sama itu Pokemon. Dan terakhir, ada warna merah yang artinya itu Pokemon kelas berat, bisa jadi legendary atau Pokemon dengan CP gede.

Selain paham warnanya, kalian juga kudu paham apa maksud lingkaran itu berubah-berubah ukuran. Intinya itu semacam indikator target. Semakin lemparan kalian tepat mengenai Pokemon pas lingkarannya mengecil, artinya kesempatan kalian mendapatkan Pokemon itu makin besar. Kalo lemparan kalian tepat, bakalan ada tulisan ‚ÄúNice‚ÄĚ atau ‚ÄúGreat‚ÄĚ yang nantinya membuat kalian menerima rejeki bonus poin.

Beberapa dari kalian mungkin nggak sadar kalau di bagian opsi Items ada Razz Berry. Item ini cuma bisa aktif dan dipakai kalau lagi berhadapan sama Pokemon liar. Intinya, Razz Berry adalah item yang berguna untuk memperbesar kemungkinan kita mendapatkan Pokemon itu. Biasanya untuk Pokemon yang indikatornya warna kuning atau merah.

Awas ada pokemon liar! Awas baterai!

Awas, pokemon liar!

Kalau tiba-tiba di layar kamu muncul penampakan Pokemon liar, otomatis tampilan handphone menampilkan kamera dengan mode AR (augmented reality) yang aktif supaya terkesan Pokemonnya adadi dunia nyata. Tapi, sebenernya sensasi visual seperti itu benar-benar menguras baterai. Duh, gawat~

Kalian bisa mematikan mode AR ini langsung dengan klik tombol AR di kanan atas pas lagi berhadapan sama Pokemon. Begitu menekan klik, seketika layar langsung berubah tampilan dari kamera menjadi tampilan kartun (background-nya macam di kebon pisang gitu deh). Emang sih nggak terlalu greget jadinya, cuma lumayan lho buat irit-irit baterai. Takutnya handphone keburu mati~

Ada cara lain. Mau hemat baterai? Langsung aja menuju setting.

Dalam opsi setting, ada pilihan Battery Saver. Fungsinya sebenernya simpel. Fitur ini bakalan mematikan layar handphone pas lagi kita kantongin. Cara lainnya, kamu bisa meminimalisir penggunaan aplikasi lain, termasuk juga mengurangi brightness layar.

Sudah mengenal PokeStops? Kamu harus paham luar dalam!

Waduh via manggadget.com

Barangkali kalian ada yang belum paham cara akses PokeStops. Nah, kalau kalian menemukan banyak tempat-tempat di sekitar yang menjelma menjadi PokeStops (indikatornya kubus warna biru), kalian bisa mendapatkan reward Pokeball dan item-item lainnya secara gratis. Saat kalian mendatangi PokeStops, nantinya ikon PokeStops kubus biru itu bakalan berubah animasinya sebagai tanda kalian sudah bisa mengakses dan mengklaim hadiahnya. Cara mengklaimnya tinggal klik dan swipe berulang-ulang di foto tempat itu sampai muncul item-item gratisannya.

Oh iya, teori ini bisa juga kalian praktikan demi mencari apa yang disebut Pokemon Candies untuk melakukan evolusi.

Bahkan, tiap PokeStops punya tingkat kemewahan sendiri-sendiri.

Poke ball via manggadget.com

Semakin mewah tujuan PokeStopsmu, hadiahnya juga akan makin bagus. Di daerah Jakarta Pusat, kalau PokeStops-nya sekedar tugu batas wilayah aja, biasanya bakalan tersedia 3-4 Pokeball. Tapi kalau di landmark patung megah, kesempatan mendapat 6-7 Pokeball plus telur Pokemon makin besar. Keren kan!

Nah segitu dulu aja ya tips-tips dari Hipwee, supaya kamu nggak terlalu kecanduan Pokemon. Lain kali kita bagi lagi info-info penting lainnya. Salam Pikachu! Jangan lupain pacar!