Era di mana segala informasi dapat tersebar dengan cepat rupanya dimanfaatkan oknum-oknum tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan berita palsu alias hoax. Parahnya tidak semua pengguna internet peduli terhadap isu ini. Banyak dari mereka yang tidak sadar telah menelan mentah-mentah informasi yang beredar tanpa lebih dulu mencari tahu kebenarannya. Kebanyakan kelemahan inilah yang dimanfaatkan orang lain untuk menipu seseorang demi keuntungan pribadi.

Beberapa hari lalu diketahui sebuah bom meledak di tengah kemeriahan konser Ariana Grande di Manchester, Inggris. Hingga saat ini dilaporkan telah ada 22 korban meninggal dan 59 orang luka-luka akibat ledakan tersebut. Sontak, para penonton yang masih ada di dalam Manchester Arena panik dan berlarian keluar gedung. Peristiwa ini tentu saja mencuri perhatian tidak hanya warga Inggris tetapi juga penduduk di seluruh dunia. Bahkan beberapa artis papan atas turut mengungkapkan rasa dukanya melalui akun media sosial masing-masing, seperti Taylor Swift, Demi Lovato, dan Katy Perry.

Namun sayangnya, ketegangan tersebut tak luput dari rentetan berita hoax yang banyak beredar di dunia maya. Ironisnya, banyak orang mempercayainya!

1. Foto kolase orang-orang yang dinyatakan hilang ketika teror bom tersebut berlangsung viral di dunia maya, padahal mayoritas mereka baik-baik saja

Foto kolase palsu via www.express.co.uk

Beredar foto berupa kumpulan gambar orang-orang yang dinyatakan hilang saat kejadian teror bom berlangsung. Setelah dikonfirmasi, ternyata beberapa orang ini baik-baik saja. Bahkan, beberapa mengaku justru tidak sedang berada di tempat kejadian saat bom meledak. Salah satu dari orang-orang dalam foto itu ternyata adalah anak dari seorang fotografer asal Australia yang mengaku dihujani pertanyaan melalui Facebook. Mereka menanyakan apakah anaknya baik-baik saja. Padahal anaknya tidak hilang dan sehat wal’afiat.

2. Sebuah tweet berisi curahan hati orangtua yang mengaku kehilangan anaknya ini juga dikira serius, padahal…

Advertisement

YouTuber yang jadi sasaran hoax via www.buzzfeed.com

Akun Twitter dengan nama @GamerGateAntifa mengatakan bahwa anaknya berada di Manchester Arena saat kejadian dan belum mengangkat teleponnya sama sekali. Hal itu membuatnya panik. Dalam tweet tersebut, ia juga meminta bantuan pada pengguna jejaring sosial tersebut. Setelah viral, tweet-nya mampu mengantongi 14 ribu retweet dan ratusan komentar yang menawarkan bantuan dan saran. Usut punya usut, foto yang diklaim sebagai anaknya tersebut adalah foto seorang Youtuber bernama John! Setelah dikonfirmasi, John saat itu malah sedang berada di Amerika Serikat. John sendiri mengaku banyak dihubungi teman dan koleganya terkait berita palsu tersebut. Gila ya 🙁

3. Berita tentang adanya penembakan di sebuah rumah sakit ini juga palsu lho

Rumah Sakit The Royal Oldham via www.mirror.co.uk

Berita palsu via www.buzzfeed.com

Rumah Sakit The Royal Oldham terletak 8 mil dari arena ledakan bom. Setelah kejadian tragis tersebut, beredar berita tentang adanya orang bersenjata api di luar rumah sakit itu. Isu ini merebak setelah adanya akun Facebook dengan nama Laura Bailey-Wood yang menyatakan bahwa ia saat itu sedang berada di dalam rumah sakit dengan keadaan terkunci dari dalam, di mana ada seorang pria dengan pistol berada di luar. Polisi setempat menyatakan bahwa berita tersebut sama sekali tidak benar. Pihak rumah sakit juga turut mengonfirmasi dan berkata bahwa lokasi dan para pasien bisa dipastikan aman.

4. Seorang pengguna Twitter, @KylieManser1 mengunggah foto adiknya yang hilang saat kejadian

Lagi-lagi palsu via www.buzzfeed.com

Ternyata foto model dari artikel di majalah 🙁 via twitter.com

Kylie Manser mengunggah foto seorang anak kecil berbaju merah yang diakui sebagai adiknya dan hilang saat kejadian bom berlangsung. Ia juga meminta bantuan pengguna Twitter yang lain untuk retweet unggahannya agar viral. Padahal setelah ditelusuri, foto anak tersebut adalah fotomodel down syndrome yang pernah dijadikan foto artikel sebuah majalah di tahun 2014. Ya ampun!

5. Masih di dunia Twitter, salah satu akun juga mengunggah foto seorang wanita yang diakui sebagai sahabatnya yang hilang

Tweet kehilangan yang ternyata hoax via twitter.com

Memang banyak sekali pengguna media sosial yang memanfaatkan musibah bom konser Ariana untuk mendapatkan perhatian pengguna lain, salah satunya akun dengan nama @cook99official ini. Terus kalau sudah dapat banyak retweet kira-kira mereka akan dapat apa sih? Kepuasan? Uang? Duh ada-ada saja ya para penggila popularitas ini 🙁

6. Yang paling menyebalkan, beredar foto Ariana Grande dengan muka kotor bekas darah yang diduga diambil pasca-ledakan

Foto palsu Ariana Grande via twitter.com

Foto Ariana yang tengah duduk memegang kepala dengan wajah sedikit kotor bekas darah ini viral di internet. Bahkan foto ini juga diunggah oleh salah satu akun Instagram Indonesia yang berisi tentang berita-berita yang sedang viral. Padahal foto itu adalah foto Ariana saat sedang syuting acara televisi berjudul Scream Queens pada 2015 silam! Duh jangan percaya Guys. 

Itulah rentetan berita palsu yang banyak diberitakan media-media asing terkait tragedi bom konser Ariana Grande. Sebagai pengguna yang baik, sudah seharusnya kita tidak lantas percaya begitu saja dengan berbagai informasi yang beredar di tengah kehidupan kita. Selalu biasakan untuk cek informasi melalui portal atau sumber yang terpercaya. Jangan sampai hoax malah merugikan kita ya! Be smart Guys.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya