Tanggung jawab adalah nilai hidup yang mesti dipegang orang. Biar nggak semena-mena ke sesama, kita mesti bertanggung jawab jika melakukan kesalahan. Sebagaimana yang dilakukan bocah yang viral di media sosial belakangan. Tindakannya yang lugu tapi bertanggung jawab menuai pujian warganet.

Pasalnya, bocah ini membawa seekor ayam dan selembar uang kertas. Lalu fotonya tersebar dan menjadi viral. Tapi sebenarnya, apa sih yang dia lakukan? Selengkapnya di Hipwee Hiburan nih!

Awalnya, ada seorang bocah asal India yang pergi ke rumah sakit membawa seekor ayam mati dan sedikit uang untuk mengobatinya

Advertisement

As per Reports: This young boy from Sairang, Mizoram, accidentally ran over his neighbour's chicken. He took the…

Posted by Sanga Says on Tuesday, 2 April 2019

Sebuah kisah viral di Facebook tentang seorang bocah bertanggung jawab yang dibagikan oleh Sanga Says pada Rabu (2/4). Seorang bocah asal Sairang, wilayah Timur India, membawa ayam mati ke rumah sakit dengan membawa uang seadanya. Bocah itu bernama Derek C Lalchhanhima.

Melansir newindianexpress.com, kejadian itu bermula saat ia sedang bermain sepeda lalu nggak sengaja melindas ayam tetangganya. Merasa bersalah, Derek pulang ke rumah dan meminta orang tuanya untuk membawanya ke rumah sakit. Namun orang tuanya enggan memberi tahu Derek bahwa ayam itu sudah mati dan memintanya pergi ke rumah sakit sendiri jika dia mau. Di sinilah Derek menunjukkan sikap ksatria, tanpa ragu-ragu dia membawa ayam itu ke rumah sakit dengan berbekal uang kertas 10 Rupee (Rp2.000).

Berkat sikap bertanggung jawab ini, Derek kemudian diberi penghargaan dari sekolahnya atas tindakan baiknya itu

Advertisement

I guess by now you all know who this adorable kid is.Derek C Lalchhanhima (age 6) is being honoured by his school and…

Posted by Sanga Says on Thursday, 4 April 2019

Apa yang dilakukan Derek merupakan wujud sikap bertanggung jawab. Staf rumah sakit pun sampai terkejut meminta bocah 6 tahun yang bingung dan sedih itu untuk kembali ke rumah. Namun Derek tetap ingin menyelamatkan ayam tersebut, setelahnya dia kembali datang ke rumah sakit dengan membawa uang 100 rupee (Rp20.000). Akhirnya orang tuanya menjelaskan kepada Derek bahwa ayam itu sudah mati, nggak bisa lagi diselamatkan.

Tindakan Derek menuai banyak pujian dari warganet. Unggahan Sanga Says mendapat 130 ribu likes dan 11 ribu komentar. Setelahnya, Sanga yang juga merupakan teman dari Ayah Derek, kembali mengunggah foto Derek pada Kamis lalu (4/4). Unggahan tersebut menjelaskan bahwa Derek mendapat sertifikat atau penghargaan dari sekolahnya atas tindakan bertanggungjawabnya.

Apa yang dilakukan Derek sungguh patut diteladani. Meski masih bocah, namun dia mengerti bagaimana caranya bertanggung jawab dan berbelas kasihan. Inilah yang mestinya ditiru orang dewasa yang kerap kali abai dan lari dari tanggung jawab.

Coba perhatikan, ketika kamu melihat bangkai kucing, ayam, ular terlindas, dibiarkan begitu saja, kan? Boro-boro dibawa ke rumah sakit, dikubur aja nggak. Memang mereka sudah mati, tapi bukankah yang mati sebaiknya dikubur? Biar nggak mengganggu pemandangan dan kesehatan pernapasan orang yang melintas.

Belajar dari anak kecil memang nggak ada salahnya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya