10 Buku Anak yang Justru Nggak Cocok buat Anak-Anak. Bagi Orang Dewasa Aja ‘Lucu’ Banget!

Buku anak kocak

Masa kanak-kanak ialah waktu yang tepat untuk belajar. Daya serap otak dan rasa ingin tahu anak sedang moncer-moncernya. Di momen inilah para orang tua mesti membimbing anak agar berpengetahuan. Nggak cuma pengetahuan umum, nilai hidup yang baik juga mesti diajarkan.

Advertisement

Salah satu media yang menunjang pembelajaran adalah buku. Media yang menjadi sumber nutrisi kecerdasan otak anak. Namun ada hal yang mesti diperhatikan dalam memilih buku yang baik untuk anak. Sebab banyak buku yang nggak layak dibaca anak sebab absurd, baik dari cover maupun isinya.

1. Tebak-tebakan menjadi salah satu metode agar otak anak terangsang untuk berpikir. Cuma kenapa judulnya “anak nakal” sih?!

Anak baik. via www.1cak.com

2. Mendekatkan materi pembelajaran dengan yang disukai anak emang baik, namun baiknya pilih-pilih juga objeknya sih. “Smack Down” diwarnai??

Mewarnai Rikishi. via www.brilio.net

3. Nggak ada yang salah sih sama penggunaan kata ‘waria’-nya, yang menjadi masalah adalah konteks kalimatnya. Mestinya nggak dikonsumsi anak-anak nih yang kayak gini 🙁
4. Judul buku yang menggunakan metode clickbait khas judul konten YouTube. Pakai diksi-diksi yang heboh dan membahana

“Penghancur” via www.1cak.com

5. Buku ini kalau dipegang orang dewasa imajinasinya jadi beda. Ayo, jangan omes!

Advertisement

6. Sungguh buku yang plinplan. Maunya pakai bahasa Jawa atau Indonesia sih? Udah gitu salah lagi jerapah ditulis ‘zarapah’

He? via www.1cak.com

7. Kenapa gambar sampul mesti begitu sih? Sebuah situasi yang kerap ditemukan di video-video yang ‘mempemersatukan’ warganet

Johnny Sins? via news.detik.com

8. “Ih, pegang-pegang! Nih, bogem mentah buat kamu!”

“Colak-colek, emangnya aku sabun?!” via keepo.me

Advertisement

9. Silsilah keluarga yang jauh dari konsep ilmu pengetahuan bab reproduksi. Di mana-mana bapak+ibu=anak, ini kok …

Hadeeeh! via www.1cak.com

10. Pembuat buku ini ada masalah apa sih kok sampai tega bikin konten beginian untuk buku mewarnai anak? -_-

… via www.1cak.com

Sungguh sebuah buku yang absurd. Ada yang mewarnai ‘Smack Down’, ada yang sampulnya 18+, ada yang bahkan sampai isinya menjurus kepada hiburan orang dewasa. Hmm, kok buku semacam ini lulus penerbit sih?! Alarm nih bagi para orang dewasa untuk selalu memilah dan mendampingi anak saat membaca buku.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Fiksionis senin-kamis. Pembaca di kamar mandi.

Editor

Senois.

CLOSE