Rekomendasi 7 Buku Self Improvement untuk Bantu Pengembangan Diri

Rekomendasi buku self improvement

Setelah membuat beragam resolusi untuk menyambut tahun 2022 yang lebih baik, saat ini banyak orang yang mulai bergerak untuk mencapai resolusinya masing-masing. Ada yang ingin mulai menjalani pola hidup sehat, mendapatkan pekerjaan yang settle, ingin meningkatkan skill dan pengetahuan, lebih banyak meluangkan waktu dengan keluarga dan masih banyak lagi.

Advertisement

Untuk mencapai resolusi tersebut, rasanya kita juga butuh masukan dan insight supaya lebih semangat mencapai hal-hal yang kita inginkan. Nah, buat kamu yang memiliki keinginan untuk melakukan pengembangan diri untuk mencapai keinginan, kamu bisa mempelajarinya lewat tujuh bukubuku bertema self improvement ini lo!

1. Buku berjudul Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat mengajarkan pembaca untuk lebih peduli terhadap hal-hal kecil dalam hidup yang bermakna bagi diri kita

Buku self improvement | Credit via Pinterest

Buku pengembangan diri karya Mark Manson ini berisi ajakan untuk lebih peduli terhadap hal-hal kecil dalam hidup yang bermakna bagi kita. Nggak hanya itu, buku ini juga menampilkan riset akademis dan sedikit humor yang membuat pembaca betah membuka lembar halaman demi halaman.

2. Sang penulis buku Goodbye, Things: Hidup Minimalis ala Orang Jepang memutuskan untuk melakukan perubahan hidup dengan menjalani kehidupan yang minimalis

Buku self improvement | Credit via ebooks.gramedia.com

Sebuah buku karya Fumio Sasaki ini menceritakan pengalamannya yang pernah merasakan stres akibat sering membandingkan dirinya dengan orang lain. Akhirnya, ia membuat sebuah keputusan untuk membuat perubahan dalam hidupnya dengan meninggalkan semua hal yang nggak ia perlukan. Kemudian, Sasaki menceritakan pengalaman dan kebahagiaannya menjalani kehidupan yang minimalis melalui sebuah buku.

Advertisement

3. Buku Filosofi Teras akan membantumu untuk mengatasi emosi negatif dan melatih mental agar tangguh menjalani naik turunnya fase kehidupan

Buku self improvement | Credit via Pinterest

Buku bertajuk self improvement karya Henry Manampiring ini berisi tentang cara menerapkan hidup ala filsafat stoa atau stoisisme yang berasal dari Yunani. Sang penulis menggunakan kata filosofi teras agar stoisisme lebih mudah dicerna. Filosofi ini membantu kita untuk mengatasi segala emosi negatif dan belajar melatih mental agar tangguh dalam menjalani beragam fase kehidupan.

4. Kamu bisa belajar menjadi pribadi yang lebih baik untuk diri sendiri dan sekitar melalui buku The 7 Habits of Highly Effective People

Buku self improvement | Credit via Pinterest

Bagi kamu yang ingin mempelajari cara untuk menjadi pribadi yang lebih baik bagi diri sendiri dan sekitar, buku ini bisa jadi pilihan yang tepat untuk kamu baca. Pasalnya, dalam buku ini, Stephen Covey menjabarkan tujuh kebiasaan baik yang dilakukan oleh orang-orang sukses. Ia juga mengajak para pembaca untuk menerapkan kebiasaan baik ini agar bisa mencapai hal-hal yang diinginkan selama hidup.

5. Nggak hanya mendapatkan insight baru, kamu juga bisa langsung menuangkan isi pikiranmu melalui lembar to-do list yang tersedia di buku How to Respect Myself

Buku self improvement | Credit via bukukita.com

Buku pengembangan diri karya dari penulis Korea Selatan, Yoon Hong Gyun ini juga bisa jadi pilihanmu. Uniknya, buku ini nggak hanya mengajakmu untuk belajar lebih menghargai diri sendiri, tapi kamu juga bisa menuangkan isi pikiranmu secara langsung melalui lembar to-do list yang tersedia di dalam buku. Dengan begitu, kamu bisa langsung mengaplikasikan isi buku melalui tulisan.

Advertisement

6. Buku Atomic Habits mengajarkan kita untuk tetap produktif, termotivasi dan bahagia melalui kebiasaan kecil yang kita lakukan setiap hari

Buku self improvement | Credit via gramedia.com

Buku pengembangan diri karya James Clear ini bercerita bahwa kebiasaan-kebiasaan kecil yang kita lakukan dapat memberikan pengaruh yang besar pada kehidupan kita. Ia menemukan bahwa keberhasilan merupakan gabungan dari ratusan keputusan kecil, misalnya rutin bangun pagi dan olahraga setiap hari. Kebiasaan kecil tersebut yang disebut sebagai atomic habits.

Selain itu, buku ini juga membagikan kisah inspiratif dari para CEO terkemuka dan atlet peraih medali emas di Olimpiade. Kamu juga bisa menemukan banyak tips dan panduan pengembangan diri di dalam buku ini.

7. Kalau buku sebelumnya tergolong non fiksi, kamu juga bisa membaca buku self improvement dalam bentuk novel yang berjudul The Alchemist

Buku self improvement | Credit via Pinterest

Novel ini menceritakan tentang perjalanan seorang penggembala yang berkelana mencari arti kehidupan. Lewat beragam simbol dan analogi, Paulo Coelho ingin memberi pesan kepada pembaca agar terus mencari arti dan tujuan hidup.

Bagi kamu yang ingin mengembangkan diri baik dari segi mental dan pengetahuan, tujuh buka bertema self improvement di atas bisa jadi salah satu sumber referensi. Selamat membaca!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE