Charlie Watts Berpulang, ini 9 Lagu Terbaiknya bersama Band Rock Gaek Rolling Stones

Charlie Watts meninggal dunia

Pecinta musik 60-an berduka. Band rock Rolling Stones kehilangan salah seorang personelnya, Charlie Watts. Penabuh drum kelahiran 2 Juni 1941 tersebut dikabarkan meninggal dunia pada tanggal 24 Agustus 2021 waktu setempat, dalam usia 80 tahun di sebuah rumah sakit London, Inggris.

Advertisement

Meski nggak sepopuler Keith Richards di departemen gitar dan Mick Jagger sebagai vokalis utama, Charlie Watts yang sudah bersama band berlogokan hot lips sejak dibentuk pada tahun 1962 ini, punya peranan nggak kalah penting dalam perjalanan karya Rolling Stones.

Mengenang sang legenda, berikut 9 lagu Rolling Stones yang menunjukkan kepiawaian Charlie Watts, sang penjaga tempo musik Rolling Stones dilansir Kompas.com.

1. “Get Off Of My Cloud” (1965)

Lagu yang terhimpun dalam album December’s Children (And Everybody’s) ini bisa dibilang merupakan prototipe psychedelic garage rock Rolling Stones. Pada single kedua Stones yang berhasil menempati puncak Billboard Hot 100 ini, kamu bisa mendengar tabuhan drum Watts yang membakar semangat.

Advertisement

2. “19th Nervous Breakdown” (1966)

Secara teknis, lagu ini cukup merepotkan jika dibawakan dalam panggung live karena ketukan drumnya yang memburu. Namun, Watts tak pernah tampak kerepotan dengan lagu ini di setiap panggungnya.

3. “Paint It, Black” (1966)

Permainan drum Watts seperti pada lagu ini menjadi pasangan serasi untuk musikalitas Stones yang pada era ini diperkaya oleh instrumen dari Timur eksplorasi Brian Jones.

4. “Jumpin’ Jack Flash” (1968)

Lagu satu ini seakan memiliki berbagai dimensi berkat tabuhan dinamis drum yang disuguhkan Watts sejak pembukaan hingga chorus dengan aksen khusus.

Advertisement

5. “Stray Cat Blues” (1968)

Perlu perhatian khusus kepada departemen drum untuk menemukan detail dan ketukan ciamik Watts lantaran liriknya yang cukup menyita perhatian. Rekaman “Stray Cat Blues” yang dibawakan secara live pada album Get Yer Ya-Ya’s Out! dengan apik menangkap detail permainan Watts.

6. “Sympathy For the Devil” (1968)

Diiringi fakta bahwa Watts pada lagu ini ikut sumbang suara, permainan drumnya menjadi terasa makin spesial. Di sini Watts memainkan polyrhythmic samba dengan berbagai instrumen perkusi.

7. “Honky Tong Women” (1969)

Seorang yang piawai tahu, kapan harus show-off dan kapan harus menahan diri agar tidak menjadi berlebihan. Pada lagu yang punya banyak ruang eksplorasi untuk departemennya ini, Watts hanya memainkan drum dengan gayanya yang biasa berikut sisipan cowbell.

8. “Live With Me” (1969)

Pada lagu ini Watts bermain sangat teknis dan pintar. Ia menerapkan double-time rhythm yang kemudian berubah menjadi groove empat bar standar sebelum kembali ke gaya permaianan awalnya.

9. “Gimme Shelter” (1969)

Masih dari album yang sama dengan lagu sebelumnya, pada “Gimme Shelter” permainan drum Watts mengalami perbedaan menjadi cenderung gelap, menyusul karakter musik Stones yang mulai dipertanyakan.

Itu dia 9 lagu-lagu Rolling Stones yang menunjukkan kepiawaian Charlie Watts di balik drum. Mana yang jadi favoritmu?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

CLOSE