Dear, Bapak/Ibu Pejabat yang ngurusin masalah Kereta Api…

Kalau suatu saat kamu sedang ada rezeki untuk jalan-jalan ke Jepang, jangan lupa menyempatkan diri untuk naik Shinkansen. Apa itu Shinkansen? Shinkansen atau Bullet Train adalah jalur kereta api cepat Jepang yang kecepatan tertingginya bisa mencapai 300 km/jam. Waw, cepat sekali ya untuk ukuran transportasi umum antar kota sehari-hari?

Ini dia penampakan

Ini dia penampakan Shinkansen via id.wikipedia.org

Advertisement

Gak cuma soal kecepatan yang bikin kamu sayang buat melewatkannya. Shinkansen terkenal punya ruang yang begitu tenang, bersih, dan nyaman untuk ditumpangi sesering dan selama mungkin. Kok bisa dibilang begitu?

Ternyata, rahasia kenyamanan Shinkansen ada pada petugas cleaning service yang melakukan segalanya hanya dalam 7 menit!

Memangnya apa saja yang bisa mereka lakukan selama tujuh menit? Cek dulu video berikut!

Advertisement

Dengan jam terbang 323 kereta per hari dari Tokyo serta 400.000 penumpang setiap harinya, Jepang tahu betul bagaimana menciptakan layanan transportasi yang profesional serta memberi pelayanan terbaik bagi penumpangnya. Saking profesionalnya, apa yang dilakukan oleh cleaning service yang disebut “Tessei Cleaning Crew” dapat dikatakan sebagai keajaiban.

Penampakan Tessei Cleaning Crew

Penampakan Tessei Cleaning Crew via en.rocketnews24.com

Dalam waktu tujuh menit, Tessei Cleaning Crew yang rata-rata berusia 52 tahun ini dapat membersihkan seluruh gerbong kereta dari kepala hingga ekornya. Tiap orangnya akan bertugas menangani satu gerbong yang terdiri dari 100 kursi. Satu barisnya hanya boleh memakan waktu 12 detik. Menyapu lantai, mengelap jendela, mengambil sampah, mengelap meja makan lipat di balik kursi penumpang, hingga mengecek kabin dilakukannya dengan cepat, lincah, gesit dalam waktu tujuh menit. Jika lambat sedikit saja, penumpang akan buru-buru masuk sebelum pekerjaan selesai. Petugas cleaning service pun akan terbawa hingga perhentian selanjutnya.

Tak cuma soal bersih-bersih, kereta Shinkansen sendiri didesain untuk memudahkan kerja mereka. Bayangkan, ada tombol rahasia yang bisa membalik semua kursi di gerbong supaya menghadap ke arah yang tepat untuk perjalanan selanjutnya!

Semua pekerjaan pun usai, mereka langsung berjajar kembali di depan kereta yang telah bersih. Kemudian menunduk dan membungkukkan badan pertanda menghormati setiap penumpang yang akan segera menikmati transportasi Shinkansen. Waw, keren sekali! Benar-benar melayani penumpang sepenuh hati.

Salut buat mereka!

Salut buat mereka! via en.rocketnews24.com

Jadi, kapan ya Indonesia punya yang beginian? Jangankan kereta cepat, untuk menikmati kereta yang bersih saja kita harus memilih kelas eksekutif terlebih dahulu. Hmmm… Kalau saja ada Shinkansen di Indonesia, dijamin deh libur mudikmu nanti super nyaman dan cepat sampai kampung halaman tercinta!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya