Rifqi: Anjaaay! Lu baik banget sama Winda, Jok! Ada rasa lu, ya?
Joko: Hah? Enggak kok.
Yoga: Apaan, orang sama gue, Joko juga baik banget!
Rifqi: Ya, berarti Joko ada rasa sama lu, Ga! haha

Ini nih yang jadi masalah ketika cowok bersikap baik dengan semua orang, tapi beberapa orang menyangka bahwa dia bersikap baik hanya pada satu orang, dan itu pada cewek. Mungkin sikap terlalu baik yang dimaksud. Untuk beberapa kasus, sikap terlalu baik ini memang nggak terlalu bagus bagi kehidupan bersosial. Sebab, nggak sedikit dari mereka yang menaruh curiga dan tanda tanya atas sikap baik yang seseorang berikan padanya.

Advertisement

Baik sama semua orang memang bagus, tapi kebaikan juga kadang mendatangkan kesalahpahaman. Meskipun semua orang pastinya harus baik, ternyata sikap seperti ini nggak selamanya baik loh! Berikut adalah kenyataan yang akan cowok baik terima.

Kebaikanmu itu bisa jadi bumerang bagi dirimu sendiri. Kebaikanmu hanya jadi ladang pemanfaatan bagi para cewek, pun cowok!

Menertawakan kebaikanmu.

Menertawakan kebaikanmu. via loveyourstory.me

Enggak sedikit memang cewek yang mencari pasangan hidup yang baik dan bisa mengerti dirinya. Cowok yang bersikap baik, dalam hal apapun, adalah yang mereka cari. Tapi, nggak sedikit pula cewek yang lebih suka memanfaatkan sikap cowok yang super baik. Ya, bukannya su’udzon, tapi cukup banyak loh kasus pemanfaatan sikap baik cowok oleh cewek, pun oleh cowok. Entah karena mereka merasa nyaman atau sekadar mencari apa yang mereka butuhkan, lalu pergi setelah mendapatkan apa yang dia inginkan. Dan akan begitu seterusnya. Hingga kamu sadar bahwa kebaikanmu itu bisa jadi bumerang bagi dirimu sendiri. Karena terlalu baik itu beda tipis dengan polos, dan polos itu beda sangat tipis dengan bodoh. 🙁

Semakin lama kamu bersikap terlalu baik, semakin ngelunjak pula cewek yang deket sama kamu. Bahaya!

Cuma disuruh bayarin pesta. :(

Cuma disuruh bayarin pesta. 🙁 via www.tumblr.com

Nah, ini kasus ketika ada cewek yang mengerti kamu dengan benar; bahwa kamu cowok yang terlalu baik. Dengan kesempatan itulah, mereka memanfaatkan kebaikanmu secara lebih sering dan lebih intim alias ngelunjak. Memanfaatkan kebaikanmu aja itu udah cukup jahat, apalagi kalau keseringan alias ngelunjak begitu? Kita para cowok yang memang bersikap baik ke semua orang, akan merasa ‘nggak enakan’ kalau kita nggak membantu mereka yang membutuhkan. Tapi, beberapa orang lebih memilih untuk dikasihani dan selalu butuh pertolongan karena sikap kita yang selalu baik ke orang lain. Ini adalah sebuah dilematis; antara ingin membantu dengan tulus dan membantu karena kita nggak tahu bahwa kita cuma dimanfaatkan. Kasian cowok-cowok yang terlalu baik ini, Bro!

Bahayanya, nanti ada cewek yang salah paham. Mereka ngiranya kamu ada rasa dengan dia, padahal mah enggak ada.

Cuma piknik biasa kok, nggak maksud lain. :(

Cuma piknik biasa kok, nggak maksud lain. 🙁 via daily.jstor.org

Advertisement

Bagi cewek yang belum kenal lama denganmu dan mulai merasa bahwa kamu sangat baik padanya, dia akan mengira yang enggak-enggak, pastinya. Mungkin ada yang merasa GR atau bahkan sampai baper. GR karena dia merasa kamu baik banget banget dengan bermaksud tertentu, atau dia merasa kamu sedang modusin dia supaya dia bisa jadi pacarmu, atau juga dia jadi kecewa karena kamu baik doang, tapi nggak buru-buru nembak, dan sebagainya. Malah jadi baper dah tuh cewek. hehe

Lebih buruk lagi, cewek-cewek akan menuduhmu kalau kamu punya maksud lain di balik kebaikanmu itu

Jangan ngarep buat sampe ke tahap ini, ya!

Jangan ngarep buat sampe ke tahap ini, ya! via www.fastfirstdates.com

Bisa jadi, ketika cewek-cewek itu baper karena dia salah tangkap atas sikapmu yang baik ke dia aja (padahal ke semua orang), dia mulai mikir yang aneh-aneh lagi. Mungkin dalam pikiran cewek seperti ini: “Kalau cowok baik banget ke cewek, apa sih yang dia cari kalau bukan untuk mencuri hati?”

Emang sih, cowok bakal jadi baik banget ke cewek yang dia suka dengan maksud untuk jadi pacarnya. Tapi, cowok yang terlalu baik ini bersikap baik nggak cuma ke satu orang aja. Ke semua orang dia bersikap baik dan bikin nyaman. Nah, berawal dari GR dan baper-lah, cewek merasa cowok ini pasti punya maksud lain di balik sikap baiknya itu.

Mungkin menjadi orang yang bersikap terlalu baik itu nggak selamanya baik. Seperti dalam puisi W. S. Rendra, ia bertanya, Kenapa maksud baik tak selamanya berguna? Ya, karena memang nggak semua orang bisa menerima sikap baik seseorang dengan baik. So, bersikaplah baik dengan batasan-batasan tertentu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya