Semakin pesatnya perkembangan teknologi dan peradaban zaman saat ini, semakin gila juga dampak globalisasi bagi setiap masyarakat di setiap negara. Mungkin salah satunya adalah model pacaran anak zaman sekarang yang mulai mengadopsi model orang-orang barat. Bahkan, nggak jarang mereka menjalani hubungan yang nggak seharusnya mereka lakukan. Hal yang paling ‘wajar’ bagi mereka adalah ciuman. Ya, kalau sebatas cium kening sih nggak masalah. Kalau ciuman bibir atau bahkan mulut?

Nah, buat kamu yang masih suka pacaran model begini, perhatikanlah kesehatanmu. Sebab, ternyata ciuman mulut bisa berdampak pada gangguan kesehatanmu. Inilah beberapa penyakit yang bisa menyerangmu ketika keseringan melakukan ciuman!

Penyakit yang paling sering menyerang anak muda: kissing disease. Ini berpengaruh pada hati atau limpamu loh!

Pacaran yang wajar aja, ya! via www.funtwin.com

Dikutip dari Mayoclinic, kissing disease disebut juga sebagai penyakit ciuman atau mononucleosis. Penyakit ini disebabkan oleh virus cytomelago yang terdapat pada kelenjar air liur, air kencing, sperma, lendir leher rahim, air susu ibu, dan bahkan darah. Ketika virus ini masuk melalui air liur, dia akan berkembang biak dan menginfeksi sel darah putih. Pada awalnya, kamu akan mengalami flu ringan, demam, sakit tenggorokan, sering ngantuk, sering merasa lelah, hingga akhirnya kamu ke dokter, dan ternyata hati dan limpamu sudah mengalami pembengkakan. Untuk mengatasinya, jangan keseringan melakukan ciuman mulut! Penyebarannya paling mudah itu dengan ciuman, donor darah, transplantasi organ, oral seks, dan persalinan. Nah, ‘kan!

Virus yang kerap kali orang alami, tapi nggak sadar bahayanya. Ternyata herpes itu mematikan!

Nah, ‘kan! via m.soltana.ma

Advertisement

Mungkin kamu sering terkena penyakit ini. Ciri-cirinya adalah muncul gelembung-gelembung kecil berisi air pada kulit dan kadang terasa panas. Ini merupakan herpes. Sebanarnya ada dua jenis virus herpes; Herpes Zoster dan Herpes Simpleks. Nah, yang menyerang orang yang sering melakukan ciuman adalah virus kedua. Herpes Simpleks (HSV-1) ini menyerupai sariawan biasa di bibir. Menurut WHO, sekitar dua per tiga populasi di dunia pernah terkena virus ini, yang dikenal sebagai jenis herpes oral. Tapi kamu bisa mengantisipasinya, dengan cara nggak ciuman sama orang yang sariawan. Siapa tahu dia sariawan gara-gara HSV-1?

Pernah mendengar penyakit Tangan, Kaki, dan Mulut (KTM)? Ini juga bisa menyerang kamu yang suka ciuman sembarangan!

Jangan, Mz….. via estet-portal.com

Virus dari penyakit KTM ini bisa dengan mudah tertular melalui kontak langsung dengan air liur orang yang berciuman. Penyakit yang lebih sering disebut Flu Singapura ini merupakan virus yang sangat bahaya yang muncul sebagai erupsi vesicular di mulut. Kalau kamu terkena virus ini, kamu akan merasakan sakit di bagian leher (tenggorokan), pilek, ruam di mulut (khususnya langit-langit mulut), tangan, kaki, dan kehilangan nafsu makan. Jaga kebersihan, itu kuncinya!

Air liur yang bercampur dalam mulut, bisa melahirkan infeksi gusi akut atau periodontitis

Bahaya loh, ya! via www.youtube.com

Periodontitis lahir nggak cuma dari hasil percampuran air liur aja. Bahkan, menggunakan sikat gigi yang sama dengan orang lain juga bisa menyebabkan kerusakan pada gusimu. Mungkin kamu mengira ini infeksi gusi biasa, sebab kamu akan merasakan nyeri di gusi aja. Tapi, lambat laun, tulang penyangga gigi, paru-paru, hingga jantungmu bisa terkena periodontitis kalau kamu masih suka ciuman!

Bahkan, ciuman juga dapat menyerang selaput otak dan tulang sumsummu loh. Meningitis tersebar melalui air liur juga

Maaf, aku nggak mau ciuman. via www.hd-wallpapersdownload.com

Jangan salah, meningitis (peradangan pada selaput otak dan tulang sumsum) juga bisa menyebar melalui air liur. Ini bukan masalah pola makan aja. Ciuman juga bisa menyebabkan meningitis. Bakteri ini bisa berpindah hanya dengan kontak langsung seperti ciuman dan atau tetesan air liur si penderita.

Mungkin orang tahunya sifilis itu akibat dari hubungan seksual aja. Nyatanya, ciuman juga bisa menyebabkan penyakit mematikan ini!

Nggak nyangka, ‘kan? via www.huffingtonpost.com

Jangan senang dulu karena kamu nggak pernah melakukan hubungan seksual, maka terhindar dari penyakit kelamin. Justru, sifilis juga bisa tertular melalui ciuman. Ya, ciuman mulut. Penyebaran ini juga bisa melalui air liur pasanganmu. Kamu nggak pernah tahu, apakah pasanganmu mengidap penyakit kelamin, ‘kan? Bakteri spiroset treponema palladium sub-spesies palladium ini juga bisa hidup dan menempel di luar dan di dalam mulut, termasuk lidah!

Nah, itulah beberapa penyakit yang bisa menyerangmu kalau keseringan ciuman. Lagipula, buat apa sih ciuman kalau kamu masih pacaran? Sekadar untuk mengungkapkan rasa sayang, kenapa nggak cium kening aja? Mengusap mesra rambutnya juga sudah cukup, bukan?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya