Pada dasarnya, hampir semua cewek nggak mengharapkan cowok yang cuma tampang yang rupawan tapi isi otaknya nol. Iya, cewek pastinya suka cowok tampan, tapi jelas buat cewek, tampang bukanlah hal yang paling penting. Terlebih lagi untuk urusan menikah dan memiliki keturunan, bisa dipastikan semua cewek menginginkan cowok yang pintar. Iya nggak girls?

Dari fakta di atas, cowok harusnya mulai sadar betapa pentingnya isi otak. Jangan cuma tampan, tapi kamu juga harus pintar. Nah, untuk itu, kalian para cowok harus mulai mencoba untuk mengurangi atau mengakhiri kebiasaan-kebiasaan yang terlihat sepele ini. Sebab lambat laun kebiasaanmu ini bisa mengakibatkan IQ-mu semakin terjun bebas. Emang ada cewek yang mau sama cowok dengan IQ di bawah rata-rata sebagai kepala keluarganya kelak? Think twice!

Menjadi perokok aktif atau pasif. Kebiasaan yang emang sulit ditinggalkan, tapi membahayakan diri sendiri dan orang-orang

Sebat dulu, ya! via pexels.com

Mungkin ini yang menjadi hal paling sulit bagi cowok-cowok, terutama bagi yang perokok pasif. Sebab setiap cowok nongkrong, pasti ada aja temannya yang merokok.  Padahal pasif ataupun aktif,  keduanya memiliki dampak yang sama. Keduanya sama-sama mengisap karbon dioksida beserta semua racun yang terkandung dalam rokok, dan menggeser posisi oksigen yang harusnya menyebar ke dalam saraf-saraf otak. Belum lagi terjadinya kerusakan pada pembuluh darah dan saraf yang bisa merusak sel-sel dalam otak. Serem, ‘kan? Makanya kurang-kurangi lah, atau kalau bisa ya hentikan sekalian!

Jangan keseringan bepergian jarak jauh. Sebab jetlag juga bisa mengakibatkan bermacam penyakit yang berujung pada kemampuan IQ

Tepar di bandara. via srbijadanas.com

Advertisement

Orang nggak bakal mengira bahwa jetlag bisa mengakibatkan IQ menurun. Buat kamu yang suka bepergian jarak jauh, sebaiknya mulai dikurang-kurangi, jangan keseringan. Sebab beberapa penelitian menyebutkan bahwa bepergian melintasi zona waktu yang berbeda bisa mengacaukan jam biologis tubuh seseorang. Dan ini menyebabkan jam tidur berubah-ubah, pola makan yang berantakan, serta regulasi hormon yang nggak teratur, yang pada akhirnya akan memengaruhi kinerja otak. Makanya bagi kamu yang merasa keren karena sering traveling, coba pikirin lagi deh!

Stres dan merasa banyak tekanan dalam hal apapun juga bisa memicu penurunan kerja otak. Jangan dipikirin melulu makanya!

Sama halnya dengan jetlag, stres dan merasa tertekan dengan pekerjaan dan urusan pribadi, juga bisa menyebabkan turunnya kemampuan berpikir atau IQ. Tingkat depresi yang tinggi bisa mengacaukan fungsi dan kinerja otak, sehingga IQ pun akan terganggu. Belum lagi, sekresi dari hormon stres yang turut meningkat juga bisa memicu timbulnya masalah lain, yakni Alzheimer. Santai aja boy! Nggak usah terlalu serius gitu!

Biar terlihat keren, maka kamu terbiasa dengan sistem multitasking. Padahal kebiasaan ini juga bisa bikin stres

Atur agenda yang bener. via www.pexels.com

Terkadang, orang mengupayakan suatu hal hingga di luar batas kemampuannya, cuma demi untuk mempersingkat waktu. Seperti bekerja secara multitasking. Harapannya sih sekali dayung, dua-tiga pulau terlampaui. Tapi pada kenyataannya, sistem kerja seperti ini bisa berdampak buruk pada fungsi otak, yang juga mengakibatkan penurunan IQ, seperti halnya seorang yang mengonsumsi narkoba atau yang suka begadang.

Penelitian dari Stanford University semakin memperkuat bahwa sistem kerja multitasking ini buruk bagi kesehatan otak. Otak memiliki kemampuan untuk mengontrol empati, kognitif, dan emosional yang berada di daerah Anterior Cingulate Cortex. Area ini akan terganggu ketika kamu melakukan multitasking, yang berarti kepadatan otakmu akan menjadi lebih kecil dari orang biasa.

Hal yang paling sering dan susah buat nggak dilakukan adalah mengonsumsi junk food. Tahu sendiri, ‘kan, dampaknya seperti apa?

Obesitas juga memengaruhi IQ! via tumblr.com

Makanan cepat saji emang paling enak sih. Apalagi buat mahasiswa, anak kosan, dan orang yang mager buat keluar rumah. Apalagi sekarang sudah ada jasa antar makanan. Semua terasa menyenangkan, ketika kita hanya menunggu makanan datang ke rumah kita. Kebiasaan yang telah mendarah daging, bukan? Tapi ternyata, kebiasaan mengonsumsi junk food ini nggak pernah baik buat fungsi otak loh. Tahu sendiri, ‘kan, bagaimana bahayanya kandungan yang ada dalam makanan siap saji?

Nah, itu dia beberapa kebiasaan cowok yang tanpa disadari bisa memengaruhi kinerja otak dan penurunan IQ. Buat cowok, malu dong kalau kelihatan kurang pintar di depan cewek? Apalagi kalau tampangmu pas-pasan. Apa yang mau kamu banggain coba? Kurang-kurangi, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya