Indonesia adalah surga bagi para produsen kendaraan bermotor roda dua. Bisa kita rasakan sendiri. setiap keluarga punya minimal satu sepeda motor di rumahnya. Tengok saja keadaan di sekitar kita. Atau nggak jangan jauh-jauh deh, lihat di keluargamu sendiri. Pasti minimal ada satu sepeda motor yang terparkir di rumah setiap malam.

Nah, pertumbuhan jumlah pengguna sepeda motor jelas menambah demand peralatan penunjang berkendara. Salah satunya helm. Setiap pengendara, entah itu yang boncengin atau yang dibonceng, wajib menggunakan helm.

Kini, helm nggak cuma punya fungsi sebagai pelindung saja, tapi bisa buat . bergaya Jenis, bentuknya hingga warna makin sini makin bervariasi. Harganya juga nggak main-main.

Harganya itulah yang bikin benda tersebut jadi rawan dicuri. Kira-kira kiat apa aja yang bisa membantu helm kamu aman dari pencuri. Nih Hipwee kasih kiatnya, langsung geser aja layarnya ke bawah ya!

Kalau urat malumu putus, cobalah untuk jinjing helmmu ke mana pun kamu pergi

Jinjing kemana-mana via pbs.twimg.com

Advertisement

Untuk memastikan helmmu aman dari tangan-tangan pencuri, langkah yang bisa kamu lakukan adalah sederhana. Bisa sesimpel: bawa ia kemana-mana. Tapi ini ribet sih. Aman sih aman, tapi bisa malu-maluin juga.

Tinggalkan pesan sumpah serapah di secarik kertas, lalu tempel di helmmu

Sumpahin aja! via hipwee.com

Buat para mahasiswa, kamu pasti kenal kertas post it. Kalau nggak punya, kamu cukup berbekal kertas biasa dan alat perekat aja. Kemudian tuliskan sumpah serapah di secarik kertas tersebut. Tuliskan sumpah-sumpah yang sadis. Biar nggak berani macem-macem sama helmmu. Tau sendiri kan, orang Indonesia masih sangat percaya dengan kutukan macam ini, jadi ya pasti pikir-pikir lagi kalau mau nyuri.

Mending kehilangan beberapa ribu rupiah doang ketimbang kehilangan helm ‘kan? Makanya titip ke jasa penitipan helm aja

Kasus helm hilang lumrahnya terjadi di parkiran sebuah tempat yang ramai pengunjung. Mulai dari pasar, mall, bahkan sampai kampus sekalipun. Namun bagi beberapa tempat seperti mall, kamu bisa mengatasi potensi pencurian dengan menitipkannya. Biasanya sih mereka punya jasa penitipan helm. Nggak masalah kamu mesti mengeluarkan sedikit isi dompetmu, tapi ‘kan yang penting helmmu nggak hilang. Coba kalau kejadian hilang, kamu kudu beli helm baru yang harganya bisa ratusan kali lipat dari harga jasa penitipan helm.

Kaitkan helmmu ke kait yang tersembunyi di bagian bawah jok motormu

Mengaitkan tali helm pada bagian kait yang tersembunyi di bawah jok memang langkah preventif paling umum yang diketahui orang-orang. Meskipun nggak terlalu kuat, tapi setidaknya bisa membuat pencuri membutuhkan waktu ketika menjalankan aksinya. Gerak-geriknya bisa dicurigai orang atau para petugas yang bekerja di sekitar wilayah parkir.

Gunakanlah helm paling jelek yang kamu punya. Kalau kira-kira kamu jalan sendiri, nggak usah gaya-gaya pakai helm yang mahal

Nggak gini juga tapi via www.pontianakpost.com

Makin jelek helm seseorang, makin turun minat orang jahat untuk mencurinya. Mereka juga milih-milih kali kalau nyuri. Hipwee yakin, tiap kali kamu membeli (atau mengkredit) motor, kamu biasanya dapet helm bawaan dari motornya. Banyak orang memandang sebelah mata helm-helm jenis ini. Nggak ada prestisnya dan nggak laku kalau dijual. Padahal helm ini mahal lho, harganya seharga satu motor~

Siapkan rantai besi dan gembok. Pencuri biasanya bakal lebih milih helm yang lebih gampang buat dicuri

Protektif banget via us.images.detik.com

Tindakan ini memang ekstrim. Memaksamu untuk membawa rantai dan gembok setiap kali pergi kemana-mana. Namun langkah ini paling bisa mencegah pencurian. Kalaupun ada yang mencoba nyuri helmmu, pencuri harus lebih ekstra dalam melakukannya. Gerak-geriknya pun bisa lebih mudah kentara ketika melakukan aksi. Pada akhirnya, mereka bakal mikir-mikir lagi buat nyuri helmmu, dan nyari helm lain yang lebih mudah dicuri.

Simpan helmmu di bagasi motor. Helmmu nggak bakal hilang, kecuali… motormu hilang digondol maling

Masukin bagasi atau boks eksternal via ardiantoyugo.com

Pada masa kini, banyak motor yang menyuguhkan bagasi bervolume besar di bawah joknya. Hal ini memungkinkan si empunya untuk memasukkan helm ke dalamnya. Bagi kamu yang punya boks eksternal, kamu pun bisa memanfaatkannya untuk menyimpan helm. Tindakan ini jelas bisa membuat helmmu lebih aman. Helmmu nggak bakal hilang, kalau kamu nggak kehilangan motormu.

Bagaimana pun kalau kamu nggak punya usaha buat melindungi helmmu, potensi hilangnya bisa makin besar. Semoga langkah-langkah preventif di atas bisa membantu supaya helmmu nggak gampang hilang.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya