Kebanyakan orang membaca karakter atau watak orang lain dari bahasa tubuhnya. Mulai dari wajah, tangan, dan yang lainnya. Tapi, ada satu hal yang luput dari penilaian orang atas orang lain. Yakni bahasa kaki.

Menurut penulis buku “How To Get The Man You Want, How To Get The Woman You Want” sekaligus seorang ahli bahasa tubuh dari Australia, Katia Loisel mengatakan bahwa kaki adalah anggota tubuh yang jarang kita kendalikan secara sadar. Maka dari itulah, kaki dapat memberikan informasi tentang apa yang orang pikirkan. Nah, buat cowok yang ingin tahu tentang bahasa kaki dari cewek yang lagi ditaksir, kamu bisa membaca pikirannya dari bahasa kakinya. Perhatikan kakinya, jangan yang lainnya!

Pas lagi ngobrol, dan kaki gebetanmu mulai goyang-goyang atau nggak bisa diam, itu artinya dia udah nggak nyaman ngobrol sama kamu

Kakinya gerak-gerak mulu nggak tuh? via www.poringa.net

Jauh sebelum ada penelitian dari mana pun, pemahaman bahwa orang yang duduk dengan kaki selalu bergerak nggak karuan adalah tanda bahwa dia mulai bosan dan nggak nyaman dengan keadaannya saat itu. Kalau cewek menggerakkan kakinya melulu pas lagi ngobrol sama cowok, itu berarti dia udah nggak nyaman ngobrol sama cowok tersebut.

Dilihat dari posisinya berdiri, kalau kedua jempol kakinya mengarah ke kamu, itu berarti dia tertarik dengan kamu

Jempolnya mengarah ke mana? via pixabay.com

Advertisement

Kita mengarahkan telapak kaki dan kaki ke arah hal yang kita suka, dan memilih untuk tidak menghadapkan kaki ke arah hal yang tidak kita sukai. – Katia Loisel

Menurut Katia Loisel, cewek yang berdiri dengan jempol atau telapak kaki mengarah ke cowok itu berarti cewek tertarik dengan cowok tersebut. Begitu pula sebaliknya. Kalau arah jempol kakinya mengarah ke tempat lain, itu tandanya cewek nggak tertarik sama cowok.

Cewek yang menyilangkan kakinya ke belakang juga menjadi tanda bahwa dia nggak tertarik sama kamu. Sabar, Bro!

Kalau posisi ini susah liat kakinya sih. 😐 via www.dulichgiaitri.com.vn

Cewek yang menyilangkan kakinya ke belakang ketika sedang ngobrol dengan cowok, merupakan tanda bahwa cewek nggak tertarik. – Geoffrey Beattie

Menurut psikolog asal Inggris, Geoffrey Beattie, kaki merupakan jendela hati yang lebih kuat daripada mata. Tapi orang jarang banget buat merhatiin kaki lawan bicaranya. Nah, ketika cewek menyilangkan kakinya ke belakang, itu tanda bahwa cewek nggak tertarik sama cowok yang diajaknya bicara. Jadi, ketika cewek yang kamu taksir mulai menyilangkan kakinya ke belakang, mending kamu sadar diri. Mundur perlahan, dan cari cewek lain lagi.

Ketika cewek melebarkan kakinya dan bertumpu pada salah satu kakinya, ini tanda cewek suka sama cowok di depannya!

Gimana, tertarik nggak? via fashiongum.com

Wanita telah belajar untuk secara sadar menampilkan pose yang menarik perhatian, dengan menonjolkan bagian tubuh mereka. – Katia Loisel

Berdiri seperti peragawati di hadapan cowok, itu berarti cewek tersebut menunjukkan ketertarikkannya. Kalau ada cewek yang berdiri dengan melebarkan kakinya dan bertumpu pada salah satu kakinya, udah seharusnya cowok seneng. Karena ini tanda bahwa cewek mulai menggoda cowok dengan pose seperti menggoda atau menarik perhatian si cowok.

Ketika cewek duduk menyilangkan atau menumpangkan kakinya di depan cowok, itu berarti cewek suka dengan cowok tersebut

FIX. Dia suka sama kamu! via livejournal.com

Kalau ada cewek yang lagi ngobrol sama cowok, dan cewek tersebut mulai menyilangkan kakinya, itu tanda bahwa dia tertarik dengan si cowok. Dengan menunjukkan guratan dan lekuk kakinya, tanpa disadari cewek, itu bahasa kaki yang menyatakan ketertarikan pada cowok di hadapannya. Kamu pernah merhatiin nggak sih?

Kalau kedua kakinya menghadap ke arah dalam seperti kaki burung merpati, itu tanda bahwa dia mulai males nanggepin kamu lagi

Kakinya kayak kaki burung merpati? via pixabay.com

Katia Loisel juga mengatakan bahwa ketika cewek menekuk kakinya seperti kaki burung merpati, itu merupakan isyarat bahwa dia males nanggepin cowok yang ngobrol dengannya. Tapi nggak semua posisi kaki seperti ini menunjukkan tanda tersebut, kecuali emang bola matanya selalu bergerak ketika cowok ngajak ngobrol, posisi duduk yang keliatan nggak tenang, atau tangan yang bersedekap. Kalau semua tanda ini terlihat pada cewek tersebut, itu tandanya dia males sama kamu.

Nah, sekarang udah tahu, ‘kan, gimana cara membaca bahasa kaki cewek? Pernah kepikiran sampai merhatiin kaki lawan bicaramu nggak?

Artikel ini diadaptasi dari MensHealth.com dengan berbagai tambahan data dari sumber lainnya.