Setiap orang pasti pengen meraih kesuksesan dalam hidupnya. Terlebih kalau kamu seorang cowok. Di mata masyarakat, cowok adalah seorang kepala keluarga, imam, pemberi nafkah sekaligus tulang punggung keluarga, makanya kamu perlu kerja lebih keras. Nggak hanya untuk meraih kebanggaan dari orang-orang terdekat, tapi juga demi menciptakan masa depan yang lebih baik dan jaminan yang cukup untuk keturunannya.

Meraih kesuksesan memang sulit.  Nggak semudah membalikan telapak tangan, begitu kata orang-orang. Dan kalau kamu saat ini mengalami stuck, dan merasa karirmu jalan di tempat, mungkin ada faktor eksternal yang bikin kamu kurang berkembang. Bukan bermaksud membuatmu berada di atas angin, tapi di samping effort, ambisi, dan semangat yang nggak pernah luntur, kamu juga perlu memperhatikan faktor eksternal. Faktor cewekmu, misalnya. Bisa jadi pasanganmu saat ini memengaruhi kebuntuan kamu dalam berkarir.

1. Pasanganmu yang super cemburu cuma bakal bikin sempit lingkaran sosialmu. Gerakanmu dalam karir juga nggak akan luwes

Pusing kalo udah cemburu gini.

Pusing kalo sudah cemburu gini. via kelascinta.com

Advertisement

Untuk menggapai kesuksesan tentunya kita perlu punya lingkaran sosial yang luas. Punya banyak teman dan relasi adalah salah satu hal yang wajib dimiliki orang sukses. Dengan lingkaran sosial yang luas, kamu bisa mendapat banyak kemudahan dalam apa saja.

Namun, coba bayangkanlah kalau kamu punya pasangan yang super cemburan. Dia hanya bisa jadi batu sandungan buat kamu. Ruang gerakmu sempit dan kamu nggak akan seluwes orang-orang biasanya. Kamu hendak meeting dengan klien yang kebetulan cewek, kemudian atmosfer berubah, sikapnya menjadi lebih sensitif terhadapmu. Padahal dengan kamu sudah berkata sebelumnya, kamu berarti telah jujur kepadanya, daripada dilihat orang dan malah jadi fitnah.

2. Di jam sibuk kantor dan di tengah himpitan deadline, cewekmu sering ribet sendiri buat minta perhatian dari kamu

Terdistraksi.

Terdistraksi. via strategicpsychology.com.au

Banyak cewek yang nggak mau tahu soal cowoknya. Biasanya tipe-tipe ini adalah cewek yang haus akan perhatian cowoknya. Padahal di sisi lain, si cowok lagi sibuk dengan kerjaannya. Apalagi kalau kamu lagi di jam-jam kerja, tapi pasanganmu terus menanyakan kabarmu dan secara implisit pengen mendapatkan perhatianmu. Hadeuh!

Advertisement

Cewekmu harus dikasih tahu dengan baik-baik bahwa kamu punya kehidupan sendiri di luar masalah cinta. Kalau masih susah, bilang padanya, “Jangankan handphone, kalau aku lagi sibuk-sibuknya dan dikejar deadline, nasib perut sendiri pun sering aku telantarkan.”

Ada cara yang lebih tegas dan bisa kamu gunakan semisal cewekmu nggak kunjung mengerti.

“Saya akan lebih fokus mengejar cita dibanding cinta. Bodoh kalau ada cowok memprioritaskan pacarnya (yang juga belum jadi istri di atas karirnya. Dia hanya bisa jadi budak cinta.”

3. Dia orang yang gampang marah. Hal-hal sepele pun bisa jadi pemantik pertengkaran

Dikit-dikit marah.

Dikit-dikit marah. via www.goingyourownway.com

Orang yang benar-benar mencintaimu pasti pengen melihatmu sukses. Dia akan menghormati segala ambisimu untuk meraih kesuksesan. Namun, bagaimana kalau kamu mempunyai pasangan yang sedikit-sedikit marah. Hal-hal sepele jadi masalah dan ujung-ujungnya marah. Jelas sangat mengganggu. Pikiranmu kemudian nggak lagi segar dan fokus untuk menghadapi masalah kerjaan. Sedikit atau banyak, masalah personalmu akan mengganggu ranah profesionalmu.

Apalagi kalau kamu suka ingat dengan apa yang dikatakannya. Kata-kata yang menyayat hati bikin kamu terus kepikiran. Kalau kamu pengen sukses di masa depan, kata-kata yang merendahkan kemampuanmu adalah sesuatu yang haram dilakukan. Alih-alih mengingatkan kalau kamu punya ambisi dan impian yang layak dikejar, dia malah menjatuhkan kamu begitu saja lewat kata-katanya. Kalau ada pasanganmu yang begitu, sudah saatnya kamu melepaskannya. Bijaksanalah terhadap dirimu sendiri. Dia hanya bisa jadi penghalang buat kesuksesanmu.

4. Pelit untuk melontarkan pujian. Dia nggak tahu sekecil apapun pujian bisa bikin kepercayadirian kamu bertambah

Nambah pede nih..

Nambah pede nih.. via www.barenakedlife.com

Untuk sebuah meraih kesuksesan, selain dari diri sendiri, kamu terkadang butuh boost dari orang-orang terdekatmu. Salah satunya dari pasanganmu. Sebaik-baiknya pasangan adalah pasangan yang bisa mendukung perkembangan kariermu. Mungkin ini jadi hal yang sepele, tapi sepatah dua patah kata berbentuk pujian tentunya bakal menjadi lecutan tersendiri buat kamu. Semacam penyemangat spesial untuk kamu.

Selain bakal bikin kamu lebih semangat, beberapa kata pujian dari pasanganmu akan membuat kamu lebih pede dan yakin dalam menghadapi segala urusan profesional. Pasangan yang baik nggak bakal segan-segan untuk memberimu kata pujian. Sekecil apa pun itu pasti bakal bikin kamu senang, bukan?

5. Hidupnya sekadar menunggu kamu. Nggak punya cita-cita sendiri untuk dicapainya

Sama-sama mengejar cita yang disertai cinta.

Sama-sama mengejar cita yang disertai cinta. via i.huffpost.com

Setiap orang tentu punya cita-cita masing, termasuk cewekmu. Kalau cewekmu hanya bisa berdiam diri, cuma menunggu kamu, maka kemungkinan besar dia menjadi makhluk pemalas semakin besar. Doronglah dia untuk menjadi orang yang punya cita-cita juga, apalagi soal kerjaan. Kan kalau cewekmu punya ambisi dalam mengejar cita-citanya, pasti bakal jadi pelecut buat kamu juga untuk menjadi lebih baik ke depannya.

Dalam proses meraih cita, kamu dan pasanganmu mungkin akan kehilangan momen-momen indah bersama saat ini. Namun, percayalah setiap pengorbanan pasti di akhir perjuangan akan mendapatkan ganjaran yang setimpal. Setiap hasil tak akan mengkhianati usaha.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya