Siapa bilang jadi desainer logo itu pekerjaan yang mudah? Selain harus menguasai kemampuan menyunting grafik, desainer logo juga dituntut untuk selalu kreatif dalam menciptakan makna yang filosofis. Sebab dengan logo-logo tersebutlah, wajah perusahaan bisa kelihatan. Makin bagus logonya dan makin dalam maknanya tentu akan memberikan kesuksesan yang luar biasa.

Tapi desainer logo juga manusia biasa yang terkadang kurang ngopi dan kehilangan konsentrasi. Akibatnya logo yang tadinya dibuat mati-matian dan dimaksudkan untuk merepresentasikan sebuah perusahaan justru kelihatan ambigu. Nggak jarang logo yang ambigu maknanya menimbulkan salah fokus. Alih-alih bagus, orang justru melihat sisi lain yang sedikit memalukan dari logo-logo tersebut. Kalau kamu melihatnya, kamu mungkin bisa tergelak dan heran.

1. Mungkin ini logo perusahaan antena, tapi kok sinyalnya yang penuh di bagian itunya, ya?

Permisi, ekspresinya bisa diganti aja? via www.groundzeroweb.com

2. Coba perhatikan gambar tetikus alias mouse di tulisan Computer. Berasa kenal belahannya nggak?

Desainernya sengaja kali nih! via cdn.ebaumsworld.com

3. Kalau pikiranmu nggak neko-neko, mungkin kamu nggak menyadarinya. Tapi coba perhatikan lagi deh, logo ini mirip apa?

Kalau masih bingung, coba tanya temanmu yang cowok. via www.thelogofactory.com

4. Maksud logo ini jelas menggambarkan dokter yang lagi memeriksa pasien. Tapi kenapa, ya, kalau lihat ini bawaannya mikir yang nggak-nggak

Ah, nggak semua dokter begitu kok. via www.groundzeroweb.com

5. Huruf K memang huruf paling susah dibuat logo, nggak heran kalau desainer logo kehabisan ide dan jadi begini

Kalau titik di atas itu diibaratkan kepala, maka …. via www.flickr.com

6. Awalnya biasa saja, tapi kalau rangkaian hurufnya dibikin berdiri agaknya jadi seperti …

Itu logo orang lagi ngapain deh? via umk-javorova.blogspot.com

7. Sepertinya desainer logo harus mengurangi penggunaan lengkungan, apalagi yang mengarah pada belahan. Fatal, Bung!

Iya, ini hidung anjing yang lagi pilek. via www.lolwot.com

8. Kenapa sih tangannya orang yang lebih tinggi posisinya harus di kepala orang yang lebih pendek, begitu?

Mana ada yang mau nitipin anak di sini! via digitalsynopsis.com

9. Entah kenapa, perusahaan ini kok masih eksis sampai sekarang. Padahal logonya bikin geli-geli manja …

Masih sabar menghadapi pikiran yang sudah ke mana-mana? via www.businessinsider.co.id

10. Logo dari AIGA Association di tahun 1973 ini sempat menuai kontroversi besar. Bagaimana nggak ngeri, kalau penampakannya begini?

Apa nggak dicek dulu sih sebelum launching logo? via id.pinterest.com

11. Logo ini bahkan terkenal banget saking ambigunya. Sering dijadikan stiker motor sama orang-orang yang isengnya kebangetan

Ini huruf A biasa kok. via www.yellowstiro.it

Advertisement

Yakin nih kamu masih punya tekad bulat jadi desainer logo? Pokoknya kuncinya sih cuma satu, teliti lagi berulang kali. Akibatnya bisa fatal banget kayak logo di atas kalau ketelitian sudah diabaikan. Akhir kata, kita doakan semoga desainer logo-logo di atas kariernya selamat dan bisa belajar dari kesalahan. 😀

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya