Dalam sebuah hubungan, kerap kali terjadi yang namanya ketidakpuasan. Rasa kurang puas ini meliputi banyak hal, bisa karena pasangan kurang peduli, kurang perhatian, hingga bahkan kurang atraktif dalam ranjang. Dan dari permasalahan ini, muncullah masalah baru: perselingkuhan. Entah siapa yang mulai, dan siapa yang layak disalahkan, hingga akhirnya hancurlah hubungan tersebut.

Meskipun cowok dan cewek bisa aja melakukan perselingkuhan, kenyataannya memang mayoritas cowoklah yang melakukan hal itu dalam hubungan. Nah, kali ini Hipwee Boys akan membahas tentang daya toleransi pasangan, terutama cewek, terhadap perselingkuhan. Seperti yang sudah banyak diketahui bahwa cewek bisa lebih bisa memaafkan saat ada perselingkuhan. Beda dengan cowok. Mereka cenderung susah memaafkan. Lalu, kenapa sih cewek seperti sangat toleran dengan perselingkuhan cowok? Yuk, langsung disimak aja pembahasannya!

Sebelum membahas lebih jauh, pahami dulu penelitian dari jurnal American Psychological Society ini

Cuma ngobrol temen kok. Dianggap selingkuh. via huffingtonpost.com

Gagasan utama dalam paragraf di atas merupakan hasil hipotesis dari sebuah jurnal American Psychological Society (Sex Differences in Jealousy: Evolution, Physiology, and Psychology) yang dikutip dari Insanayu.com yang dilakukan Buss dan kawan-kawannya pada tahun 1992 lalu. Lawas. Tapi setelah adanya jurnal ini, begitu banyak penelitian yang mengangkat masalah perselingkuhan ini. Dan sebagian besar penelitian-penelitian ini menghasilkan kesimpulan yang sama, bahwa cowok dan cewek emang berbeda dalam memandang kecurangan dalam hubungan.

Kesimpulannya adalah cowok lebih suka kalau ceweknya melakukan hubungan hati dengan cowok lain, dan bertolak belakang dengan cowok, cewek lebih memilih cowoknya berselingkuh seksual daripada hati. Bertolak belakang, bukan? Tapi begitulah kesimpulan yang ada berdasarkan psikologi cowok dan cewek secara umum.

Ada beberapa cewek yang memperbolehkan cowoknya berhubungan badan dengan cewek lain asalkan tak memiliki rasa suka

Advertisement

Kirim duit bulanan! via noamclinic.co.il

Nggak masalah kalau kamu mau tidur sama dia. Selama kamu tetap tanggung jawab sama keluarga! – ucap sebagian besar cewek pada cowoknya mengenai perselingkuhan.

Dalam kesempatan apapun, pasti kamu pernah mendengar kalimat di atas, entah dalam buku, film, hingga pertengkaran yang nggak kamu dengar dari tetangga atau temanmu yang sudah berkeluarga dan diambang kehancuran.

Di dalam kalimat tersebut, sebenarnya cewek memikirkan banyak hal. Secara semantis dan psikologis, kalimat tersebut memiliki tafsir seperti ini: cewek nggak pengen cowoknya berhubungan hati dengan cewek lain, karena beberapa hal. Pertama, kalau cowok sudah melakukan selingkuh perasaan dengan cewek lain, bukan nggak mungkin cowok akan punya tanggung jawab lain untuk mengorbankan uang, waktu, dan tentu hatinya pada cewek tersebut. Kedua, sebagai cewek apalagi istri, mereka butuh yang namanya materi untuk menghidupi anak dan keluarganya. Meski tanpa adanya suami atau pendamping, dia tetap butuh materi. Maka dari itu, cewek lebih memilih cowoknya untuk berhubungan seksual aja daripada harus mengorbankan perasaannya.

Sementara dari cowok, mereka akan lebih suka kalau ceweknya melakukan selingkuh perasaan aja. Sebab, cowok nggak mau menjalani hidup dengan anak yang mungkin bukan anak kandungnya sendiri, kalau seandainya ceweknya mengandung anak dari cowok lain. Di sini cowok akan merasa rugi.

Kalau selingkuh hati, itu berarti cowok bakal selingkuh fisik juga. Ini yang cewek nggak mau dari cowoknya

Awalnya sih selingkuh perasaan. Abis itu… via youqueen.com

Ya, seperti dijelaskan pada poin sebelumnya. Alasan kenapa cewek lebih suka kalau cowoknya selingkuh seksual adalah karena kalau cowok selingkuh perasaan, itu sudah pasti akan menjadi selingkuh seksual juga. Artinya, kalau cowok sudah melakukan selingkuh perasaan, itu berarti cowok sudah nggak mau menjalin hubungan dengan pasangannya. Jelas, cewek nggak mau cowoknya melakukan hal itu, kecuali emang mereka menginginkan untuk mengakhiri hubungan. Dan ‘untungnya’, kebanyakan cowok akan lebih tertarik untuk melakukan one night stand daripada harus berkomitmen atas perasaan. Sedangkan cowok, nggak akan bisa menolerir ceweknya yang berselingkuh seksual dengan cowok lain. Alasannya sudah jelas, seperti yang diuraikan di poin sebelumnya.

Selingkuh hati bagi cewek adalah sumber kehancuran yang paling mendasar. Perasaanlah yang menjadi awal dari segalanya

Hancur sudah… via www.pexels.com

Secara kodrati, cewek emang terlahir dengan perasaan yang begitu kuat daripada logikanya. Dan cewek juga percaya, ketika perasaan sudah berbicara, semua hal bisa terjadi dengan sendirinya. Berbeda dengan cowok, mereka bisa melakukan apa aja tanpa harus ada perasaan.

Sebagai contoh kasus, ketika ada cowok tampan, kaya, mengajak cewek untuk tidur, cewek manapun pasti akan menolaknya. Selain karena belum kenal satu sama lain, cewek juga nggak akan mau tidur dengan cowok tanpa adanya ikatan perasaan atau pernikahan. Sementara cowok, kalau ada cewek cantik, seksi, dan langsung mengajaknya tidur, pasti cowok manapun langsung mengiyakannya. Apalagi kalau gratis. See? Inilah yang menjadi dasar perbedaan pandangan antara cowok dan cewek dalam perselingkuhan.

Hubungan antara cowok dan cewek memang sangat rumit. Tidak akan habis tema yang bisa dibicarakan. Yang jelas, ada beberapa hal yang harus direlakan. Cewek harus belajar rela bahwa ada beberapa cowok yang memang nggak bisa hidup dengan satu wanita untuk urusan seksual. Di sisi lain, cowok juga harus mulai rela dan menyadari bahwa cewek butuh cinta yang sangat besar yang nggak mungkin diberikan oleh satu orang. Jadi, ya wajar kalau kadang cewek jatuh cinta dengan cowok lain. Asal nggak pergi nggak masalah, ‘kan? 😀

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya