Seni melupakan mantan memang bukanlah hal yang mudah. Bukan hanya bagi cewek, namun bagi cowok hal ini juga merupakan tantangan yang kadang susah dimenangkan. Belum lagi si mantan yang kelihatan makin cantik aja dari hari ke hari, sedangkan hubunganmu dengan pacarmu yang semakin ada-ada aja permasalahannya. Bikin rasanya pengen revisi aja sama hubunganmu yang terdahulu.

Tapi jangan buru-buru ambil keputusan boys. Kamu harus kenali dulu tipe-tipe mantan cewekmu yang sebenarnya berbahaya kalau terus-terusan kamu tanggepin. Nggak semua mantanmu punya niat tulus ingin baikan, bahkan ada yang memang berniat menghancurkan hubungan. Masa cewek bisa sejahat itu sih? Makanya disimak dulu yuk, uraian Hipwee Boys berikut biar kamu nggak salah langkah kalau mau balikan ke mantan.

1. Mantan rasa teman, niat sebenarnya ingin berteman. Tapi siapa yang tahu kalau ke depannya bakal bikin kebaperan

Ada aroma modus dalam pertemanan via www.cosmo.ph

Advertisement

Selayaknya manusia yang tidak menyukai permusuhan, terkadang kita memang selalu berharap bisa menjaga hubungan dengan mantan agar baik-baik saja. Apalagi kalau mantan dulunya adalah teman kita sendiri, teman akrab, bahkan teman satu kelas. Rasanya kalau ada rasa saling membenci memang kurang enak dijalani. Seringnya kita pun berusaha jaga hubungan dengan menganggap bahwa kita dan mantan memang sudah berteman lagi seperti dulu. Melupakan bahwa kita dan mantan pernah bersama, dan menganggap itu semua nggak pernah terjadi.

Tapi siapa sangka kalau justru hubungan rasa temanmu dengan sang mantan justru lama-lama bikin salah satu atau kalian berdua jadi baper. Memang nggak masalah sih kalau kalian berdua balikan dan kembali lagi seperti dulu. Tapi kalau salah satu atau kalian berdua sudah punya pasangan masing-masing jadi bahaya laten nih. Lebih baik kamu jaga jarak deh boys. Komunikasi seperlunya dan usahakan jangan terlalu dekat. Bahkan ada pepatah yang bilang kalau dua orang mantan bisa jadi teman itu antara mereka masih sayang sampai sekarang atau tidak pernah sayang sama sekali. Jadi, nggak perlu memaksakan bisa berteman akrab seperti dulu sama mantan, karena semuanya sudah berubah kan?

2. Mantan cari perhatian. Cewek yang begini cuma pengen tahu kalau kamu masih sayang, selanjutnya yasudah…

Jangan tergoda bang! via www.breatheheavy.com

Persis sama lagunya Charlie Put-Attention, mantan kamu bisa saja cuma cari perhatian. Bahkan ada lho, yang dibela-belain untuk bertemu atau kontak langsung denganmu hanya untuk memastikan kalau kamu belum move on. Kebanyakan cewek melakukan ini tanpa sadar. Sebenarnya mereka memang sudah nggak sayang, tapi masih menyimpan rasa sakit hati denganmu. Jadi, mantan tipe ini pun berusaha menjalin kontak denganmu untuk tahu secara langsung kalau kamu memang masih sayang. Setelah itu bagaimana? Yasudah, setelah itu mereka pergi dan nggak akan mau diajak balikan. Ini bahaya banget buat kesehatan jiwamu, karena dia hanya akan membuatmu makin terpuruk aja.

3. Mantan perusak hubungan. Misinya adalah untuk mendapatkanmu kembali sementara kamu sudah dengan yang lain

Ketika mantan dan pacar bertemu via www.marieclaire.com

Advertisement

Saking sayangnya, kadang cewek bahkan rela melakukan apa pun demi keinginannya terwujud. Misalnya saja dengan terus-terusan menghubungimu dan mengajak bertemu. Padahal dia jelas-jelas tahu saat ini kamu sudah punya gandengan. Dia pun tahu persis kalau pacarmu pasti akan marah besar kalau tahu kamu dan mantan masih berhubungan. Tapi bukannya kapok dan merasa bersalah karena hadir sebagai orang ketiga diantara hubunganmu yang baru, mantan tipe ini justru terus-terusan mengganggu. Banyak cara yang bisa dia lakukan agar kamu mulai tumbuh rasa lagi, mulai dari mengingatkan kenangan indah masa lalu, hingga kehadirannya yang nggak pernah absen ketika kamu membutuhkan.

Kalau boleh saran sih boys, sebaiknya kamu menjaga hubunganmu yang sekarang aja deh. Bagaimana pun juga kamu sudah pernah memutuskan untuk meninggalkan mantan pasti dengan suatu alasan. Sedangkan jika kamu meninggalkan pacarmu yang sekarang demi mantan, rasanya itu adalah sebuah kesalahan yang hanya akan kamu ulang kembali. Mulailah dengan tegas tidak menanggapi ajakan mantanmu ini, atau bilanglah terus terang bahwa kehadirannya kamu khawatirkan dapat merusak hubunganmu yang sekarang.

4. Mantan penyimpan dendam. Misinya sederhana, membuatmu menderita dan menyamakan skor penderitaan, apa-apaan nih?

Sinis banget mbak! via www.sonyclassics.com

Mengakhiri suatu hubungan tidak selamanya damai dan tanpa pertengkaran. Beberapa pasangan pun akhirnya putus dengan tidak baik-baik dengan permasalahan yang masih belum selesai dan perasaan yang belum saling memaafkan. Jika kamu pernah menjalin sebuah hubungan dan putusnya hubungan kalian dipicu oleh kesalahan fatalmu misalnya perselingkuhan, atau putus sepihak karena alasan yang sulit diterima, kebanyakan cewek akan memendam perasaan sakit yang menurutnya adalah sebuah ketidakadilan. Sehingga sebagian besar tipe mantan ini ingin sekali kamu juga merasakan penderitaan, biar skor-nya seimbang dan satu sama.

Menjaga hubungan dengan mantan memang bukanlah hal yang salah. Namun mengetahui batasan masing-masing dan saling sadar bahwa hubungan kalian memang sudah berakhir bisa mencegah terjadinya hal-hal yang nggak mengenakan di dua pihak. Nggak semua cewek terbagi dalam 4 tipe diatas kok boys, tapi ini bisa jadi upaya jaga-jaga buatmu buat menghadapi mantanmu yang bisa bahaya kalau sampai kelewatan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya