Hayooo ngaku… Siapa di antara kamu yang ingin berkulit putih? Karenanya, kamu jadi rajin beli hand & body lotion, whitening dan semacamnya khusus untuk memutihkan/mencerahkan kulit. Bahkan ada juga yang sengaja pergi ke klinik kecantikan untuk konsultasi dan mendapatkan kulit ala bule Amerika atau Eropa.

Hmm… Gak papa sih kalau kamu ingin kulit yang putih. Tapi kulit asli kamu sebenarnya sudah cantik lho, sekalipun warnanya gelap. Bahkan bisa dikatakan, memiliki kulit gelap adalah sebuah privilege khusus. Tak cuma soal penampilan eksotis dan alamiah, kulit gelap pun punya proteksi tersendiri yang menjadikannya sehat.

Banyak yang gak pede sama kulitnya yang gelap. Kesannya, kamu gak bersih dan kusam.

Iri kulit putih via www.youtube.com

Advertisement

Ah, kamu tergoda sama iklan aja kalik.

Selama ini digambarkan bahwa orang-orang, khususnya cewek berkulit putih itu selalu menjadi pusat perhatian di tempat umum. Sebab nampak putih itu dianggap cantik, bersih, dan menarik buat dijadikan gebetan. Pokoknya, bangga deh kalau punya kulit putih.

Ke klinik dokter buat mutihin badan dijabanin, meski harus pakai resiko kulit jadi sensitif sama matahari.

Dok, saya pengen putih

Dok, saya pengen putih via www.dhakatribune.com

Belakangan ini, sudah marak klinik kecantikan dokter yang menyediakan perawatan bagi seluruh tubuh. Salah satunya untuk pemutihan dari wajah hingga ujung kaki. Selama mereka punya lisensi jelas, gak papa sih kamu mencobanya.

Advertisement

Tapi resiko yang perlu kamu ketahui adalah kulit putih justru sangat rawan dan sensitif terhadap sinar matahari. Istilah lainnya, mudah terbakar sinar matahari. Ini beda dengan orang berkulit gelap yang pigmennya punya pertahanan lebih terhadap sinar matahari.

Karena lebih sensitif terhadap sinar matahari, kulit putih juga rentan sama kanker kulit kalau terpapar matahari terlalu lama.

If anyone needs a little motivation to not lay in the tanning bed and sun here ya go! This is what skin cancer treatment…

Posted by Tawny Willoughby on Saturday, April 25, 2015

Mbak Tawny jadi contohnya. Sebagai orang berkulit putih yang kita sirikin kulitnya, dia justru tertarik untuk berkulit gelap. Maka berjemurlah yang dia lakukan. Namun akibatnya malah jauh lebih parah. Ia malah merusak sendiri wajahnya yang indah dan terpaksa harus terus menerus periksa ke dokter karena kanker kulit yang menimpanya.

Di saat Mbak Tawny harus berjibaku melawan kanker kulit, artis kita yang berkarya di dunia internasional berhasil mencuri perhatian karena kulit gelapnya.

Tiara Lestari

Tiara Lestari via fc04.deviantart.net

Beberapa tahun yang lalu, nama Tiara Lestari ramai disebut-sebut dalam pemberitaan selebriti kita. Wanita yang asalnya dari Indonesia ini ramai dibicarakan karena menjadi foto model dalam cover majalah Playboy. Dalam balutan busana yang memang minim, malukah ia menampakkan warna kulitnya yang gelap? Tidak, dia bangga dengan keeksotisannya.

Eksotis memang menarik. Orang asing bahkan rela pergi jauh ke daerah tropis demi mendapatkan kulit yang gelap.

Seharian berjemur di pantai

Seharian berjemur di pantai via www.iceriks.com

Pantai Kuta, Bali atau pantai mana pun di Indonesia, pasti mereka jadikan sasaran dan kesempatan untuk berjemur dengan bikini dan mendapatkan kulit yang gelap.

Iya, demi sekeren kita!

Sekalipun tanning dengan cara berjemur yang mereka lakukan gagal dan membuatnya tampak aneh, mereka tetaplah bangga.

Kim Kardashian bahkan memposting foto wajah anehnya di sosial media.

Bahkan gosong

Bahkan gosong via img.thesun.co.uk

Sedangkan orang lain tetap tersenyum difoto saat difoto selfie… meski mukanya seperti gosong!

Di saat kamu sibuk mencari produk pemutih, mereka membeli krim, lotion, atau gel tanning yang harganya muaahaall!

Harganya mahal ini

Harganya mahal ini via www.lepotaizdravlje.rs

Jangan pernah tanya nama dan harga produk pemutih di Eropa atau Amerika!

Produk demikian bahkan gak laku di sana. Bahkan iklan produk pemutih yang dibintangi oleh orang Eropa atau Amerika, juga ga ada. Yang ada, produk tanning atau penggelap kulit yang banyak dicari. Banyak produsen yang beramai-ramai menjualnya dengan harga bervariasi, bahkan bisa jauh lebih mahal dari produk pemutih yang kamu beli. Artis ternama pun membuat line tanning-nya sendiri. Ini karena berjemur di pantai tidak menjamin gelapnya merata di seluruh tubuh.

Orang berkulit gelap di luar negeri mampu membuktikan kalau mereka tetap laku, baik secara karir atau asmara.

Gelap? Siapa takut?

Gelap? Siapa takut? via kupdates.com

Si seksi Nicki Minaj jadi buktinya. Pacar punya, karir cemerlang juga lancar.

Di awal karir internasionalnya, Agnes Monica menggelapkan kulit. Mungkin dia paham kalau Orang Amrik menganggap gadis berkulit gelap itu menarik.

Tau aja sih mbak

Tau aja sih mbak via www.pikiran-rakyat.com

Agnes tahu betul bagaimana cara mencuri perhatian dunia…

Nikita Willy pun mengikuti jejaknya…

Katanya Niki, dia juga suka sama cowok berkulit gelap. Nah, ada yang mau siap-siap daftar gak?

Jadi, masihkah kamu malu berkulit gelap? No, kulit kamu yang apa adanya itu sehat. Terlebih kita hidup di iklim tropis.

Ingat, mencerahkan itu boleh! Memutihkan itu beresiko!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya