Susahnya Jadi Anak Generasi 90-an Akhir Hingga 2000-an Awal. Segala Dikatain ‘Angkatan Corona’ Lagi :(

Derita angkatan corona

Dampak dari adanya pandemi yang berasa nggak ada ujungnya ini, lama-kelamaan kalau dirasakan ternyata juga semakin resek. Nggak cuma jengkel karena kita disuguhi langkah-langkah pemerintah dalam menangani hal ini dengan begitu konyol, tapi juga dampak sepele yang bahkan bisa terjadi di sekitarmu sendiri. Pernah denger istilah ‘angkatan corona‘, kan? Pasti pernah dong, ya~

Advertisement

Predikat tersebut rupanya kini sedang beken banget digunakan sebagai bahan bercandaan buat kehidupan anak-anak sekolah dan kuliahan di tengah karut marut kondisi pandemi. Mau bagaimana lagi, orang situasinya memang kayak gitu. Padahal kamu nggak tahu, kan, apa aja derita yang dialami oleh orang-orang yang sering disebut anak ‘angkatan corona’ itu? Coba simak deh.

1. Dari lahir aja deritanya udah dimulai, hadir ke muka bumi pas lagi momen-momen krisis moneter, kebayang nggak tuh gimana kacaunya situasi saat itu?

Anak generasi akhir tahun 90-an~ via hai.grid.id

2. Menginjak usia TK sih belum ada apa-apa, tapi giliran udah SD langsung disambut Ujian Nasional sebanyak 5 paket. Baru jadi anak SD lo 🙁

Ilustrasi UN anak SD. via borobudurnews.com

Advertisement

3. Udah gitu, mau masuk SMP kan pengen tuh SMP yang favorit. Dulu ada namanya SMP RSBI alias Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional, masuknya nggak main-main ujiannya. Eh, giliran udah lulus ternyata RSBI-nya dicabut

Penghapusan RSBI. via www.solopos.com

4. Dikiranya sih ujian 5 paket saat SD itu udah mimpi buruk banget untuk zaman itu, ternyata pas SMP malah jadi 20 paket. Nggak kira-kira!

Ilustrasi UN SMP. via posmetropadang.co.id

5. Menginjak bangku SMA pun derita juga nggak lepas, ada yang masuknya pakai sistem zonasi, keluarnya juga masih aja ujiannya pakai sistem 20 paket! Mau meledak nggak tuh rasanya?!

Ilustrasi UN SMA. via www.kalderanews.com

Advertisement

6. Seneng sih karena nggak ada alasan putus sama pacar cuma gara-gara mau fokus belajar buat UN, tapi putusnya gara-gara nggak bisa ketemu karena karantina pandemi. Sama aja 🙁

Pandemi bikin repot semua orang. via www.pikiran-rakyat.com

7. Anak angkatan lain pas waktunya KKN dapat banyak pengalaman, ‘angkatan corona’ pusing mikirin bikin sistem baru KKN online

Nggak bisa merasakan momen penerjunan KKN. via www.urbanasia.com

8. Tunggu dulu, cobaan baru masih ada lagi! Kebayang nggak sih gimana beratnya skripsian pas lagi pandemi? Kacau maksimal!

Ilustrasi sidang skripsi online. via www.tagar.id

9. Pengin cepetan lulus biar bisa jadi PNS, eh, muncul kabar bahwa nggak ada penerimaan CPNS selama 2 tahun. Dua tahun ke depan kita nggak bisa jadi menantu idaman 🙁

Kabar buruk banget, Guys! via www.youtube.com

10. Salah satu impian buat bisa nyenengin calon mertua udah kandas, giliran mau cari kerjaan lain juga bingung. Orang banyak perusahaan yang lagi ngurangin karyawannya juga 🙁

Banyak perusahaan yang mengurangi karyawan di masa pandemi. via theconversation.com

Makanya, sebelum pada ngeledekin kami sebagai anak-anak ‘angkatan corona’, coba dilihat dulu dong jalan hidup yang baru aja dilewati. Cobaan anak ‘angkatan corona’ ini bukan baru kali ini aja, tapi memang udah ada sejak dulu lahir ke dunia. Semoga dengan terlahir sebagai generasi yang sekarang, nantinya kami sebagai ‘angkatan corona’ ini malah bisa lebih kuat dibandingkan yang lainnya deh, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE