Serial Drakor ini Sempat Tuai Kontroversi dari Warganet. Terbaru “Snowdrop”

Drakor tuai kontroversi

Siapa sih yang nggak tahu serial drama dari Negeri Gingseng? Yup, semakin ke sini, antusiasme fans internasional terhadap serial drama Korea semakin tinggi. Banyak warganet yang menunggu judul drakor kesayangannya untuk tayang di beragam platform menonton digital. Tetapi, di antara banyaknya serial drama yang tayang, ada beberapa serial yang sempat menuai protes dan kontroversi dari warganet.

Advertisement

Kebanyakan warganet melayangkan protes karena serial tersebut menyajikan cerita yang lekat dengan sejarah dan budaya Korea. Nah, bagi kamu yang penasaran, yuk langsung simak beberapa judul series drama berikut ini!

1. “Snowdrop” sempat menuai kontroversi karena diduga mendistorsi sejarah Korea dan menyajikan jalan cerita yang tak nyaman bagi penonton

Drama tuai kontroversi | Credit via iMDb

Serial drama Korea berjudul “Snowdrop” ini diperankan oleh Jisoo Blackpink dan aktor Jung Hae In. Belum lama tayang, serial ini menuai protes dari warganet. Komisi Penyiaran Korea mendapatkan 452 komplain dari warga sipil yang mengatakan kalau “Snowdrop” menceritakan pemeran wanita yang secara keliru menyelamatkan mata-mata gerakan anti-demokrasi.

Selain itu, serial drama ini juga menayangkan lagu sejarah yang membuat para penonton tak nyaman karena lagu tersebut melambangkan penderitaan para aktivis dalam gerakan anti-demokrasi.

Advertisement

2. Serial drama “Joseon Exorcist” juga mendapatkan kritik pedas dari warganet dan berujung gagal tayang

Drama tuai kontroversi | Credit via iMDb

Nggak jauh berbeda dengan drakor “Snowdrop” yang menuai kontroversi, serial “Joseon Exorcist” juga mendapatkan banyak kritik pedas dari warganet. Drama ini diduga menyajikan distorsi sejarah yang mencampurkan sejarah budaya Korea Selatan dengan budaya negara lain. Akibatnya, serial ini hanya tayang hingga dua episode dan pihak stasiun televisi SBS menghentikan penayangan serial drama tersebut.

Baca konten menarik seputar drama Korea: Cara Berdamai dengan Cinta Bertepuk Sebelah Tangan ala Second Lead K-drama

3. Berbeda dari serial sebelumnya, “River Where The Moon Rises” justru menuai kontroversi karena skandal pemeran utamanya

Advertisement

Drama tuai kontroversi | Credit via iMDb

Warganet Korea juga melayangkan protes untuk pada serial drama “River Where The Moon Rises”. Bukan karena alur cerita yang menyinggung sejarah atau peristiwa penting Korea, serial ini justru mendapatkan protes dari warganet karena skandal yang dialami oleh pemeran utamanya. Aktor Ji Soo diduga terlibat kasus perundungan dan pelecehan sehingga diminta untuk mengundurkan diri dari produksi serial drama.

Akhirnya, Ji Soo pun merilis permintaan maaf dan mengundurkan diri dari produksi drama tersebut. Perannya pun digantikan oleh Na In Woo dan seluruh kru dan artis melakukan proses shooting ulang. Meski sempat diwarnai kontroversi, serial ini berhasil tayang hingga episode terakhir dan meraih rating tinggi.

4. Kontroversi serial “Racket Boys” membawa nama Indonesia karena dituding rasisme

Drama tuai kontroversi | Credit via iMDb

Penggemar drakor Indonesia awalnya antusias menyambut penayangan serial drama “Racket Boys” karena menyajikan cerita mengenai atlet bulu tangkis. Penayangannya berjalan lancar hingga tiba saat episode lima tayang, beberapa permasalahan pun muncul. Pada episode tersebut, terdapat dialog yang mengatakan bahwa panitia turnamen bulu tangkis Indonesia nggak menyediakan sarana akomodasi dan ruang latihan yang layak untuk atlet Korea Selatan.

Selain itu, terdapat dialog yang mengatakan bahwa Indonesia sengaja melakukan hal tersebut untuk menjegal lawan. Pihak SBS pun merilis permintaan maaf, tetapi hal tersebut nggak membuat serial tersebut mendapatkan rating yang tinggi.

5. Drama Korea bertajuk Saeguk berjudul “Mr. Queen” juga diprotes warganet karena masalah sejarah dan budaya

Drama tuai kontroversi | Credit via iMDb

Serial drama ini menceritakan kisah seorang arwah koki di masa depan yang terperangkap di dalam tubuh ratu di era Dinasti Joseon. Warganet melayangkan protes usai munculnya dialog yang mengatakan bahwa catatan sejarah Dinasti Joseon hanya merupakan sebuah tabloid, padahal catatan tersebut menjadi salah satu Warisan Budaya yang telah diakui oleh UNESCO. Selain itu, catatan ini juga menjadi salah satu aset nasional Korea Selatan.

6. Serial berjudul “It’s Okay Not To Be Okay” yang sempat ramai diperbicangkan juga tuai kontroversi karena sarat adegan pelecehan seksual

Drama tuai kontroversi | Credit via iMDb

Serial drama Korea yang diperankan oleh aktor Kim Soo Hyun dan Seo Ye Ji ini sempat ramai diperbincangkan oleh warganet. Serial ini mendapatkan lima puluh keluhan akibat beberapa adegan yang mengandung unsur pelecehan seksual.

7. Serial drama yang diperankan oleh aktor Ji Chang Wook berjudul “Backstreet Rookie” ini menampilkan adegan provokatif dan hal berbau rasisme

Drama tuai kontroversi | Credit via iMDb

Serial ini mendapatkan cukup banyak keluhan dari warga sipil yaitu sekitar enam ribu keluhan karena dianggap menampilkan karakter remaja berkelahi dan melawan orang tua. Selain itu, serial drama yang diadaptasi dari webtoon ini juga menampilkan adegan kartunis yang menggambar webtoon dengen menekankan tubuh wanita serta rasisme.

Nah, itu dia deretan serial drama Korea yang sempat mendapatkan kontroversi dari warganet. Dari tujuh drakor di atas, mana aja yang pernah kamu tonton SoHip?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE