Anak kecil adalah makhluk yang paling penasaran terhadap segala macam hal. Sampai ada pepatah yang mengatakan “hiduplah seperti anak kecil dan kamu akan mengetahui segalanya”. Rasa ingin tahu yang tinggi membuat anak kecil selalu penasaran dengan apa yang terjadi di sekitarnya sehingga membuat mereka tidak berhenti bertanya. Terkadang pertanyaan-pertanyaan mereka sulit dijawab karena kita berpikir bahwa jawaban yang akan kita berikan terlalu rumit untuk tingkat pemikiran mereka. Setelah mencari-cari konteks yang sesuai dengan dunia anak-anak, terkadang juga tidak menyelesaikan masalah karena si anak merasa tidak puas dengan jawaban kita. Entah itu karena tidak masuk akal mereka ataupun memang mereka punya ekspektasi yang lebih tinggi terhadap jawaban kita.

Beberapa pertanyaan ini mungkin akrab di telingamu dan mungkin pernah kamu tanyakan juga waktu masih kecil. Apa saja?

1. “Pak, Bu, aku itu lahir dari mana sih?”, pertanyaan yang hampir pasti ditanyakan semua anak kecil di dunia. Kamu juga?

Bayi lahir darimana? via newstatesman.com

2. “Tuhan itu ada dimana dan seperti apa sih Ma?”, hayo ngaku dulu kamu membayangkan Tuhan dalam wujud seperti apa?

Seperti apa? via mvslim.com

3. Lagi iseng melihat-lihat akuarium, kamu pun bertanya-tanya “Ikan kok nggak pernah tidur ya?”

Udah malam ikan bobo.. via sealife.com

4.  “Matahari pergi ke mana sih kalau hari sudah gelap?”, waktu itu kamu khawatir matahari akan hidup sendirian saat malam~

Advertisement

Dadah matahari via purefreedom.com

5. Tiap ingin sesuatu kamu bertanya-tanya “Kenapa membeli harus pakai uang?” dan “Siapa sih yang menciptakan uang?”

Ingin beli tapi nggak punya duit via learnvest.com

6. Serius ini memang aneh, “Kenapa di tempat umum toilet cewek sama cowok dipisah, tapi kalau di rumah enggak?”

kok beda sama di rumah? via rosariouniversal.org

7. “Kenapa kalau kita naik mobil, pohon bisa ikut jalan ke arah yang berbeda?”, lalu pertanyaan ini terjawab di pelajaran IPA

Ma, kok pohonnya jalan via abclearningcenter.com

8. “Kenapa harus ada cewek dan cowok?”, karena manusia diciptakan berpasangan? Tapi kok aku nggak punya pasangan sekarang?

hai pasanganku via babychildname.com

9. Siapa nih yang pernah sempat tanya kayak begini: “Kok orang bisa masuk kotak televisi, bagaimana caranya?”

Nonton televisi via hufffingtonpost.com

10. “Orang yang sudah mati perginya ke mana?”, jangan bilang sekarang kamu masih belum tahu jawabannya

Ke kuburan? via queningtonpc.com

11. “Biji yang masuk ke dalam perut, beneran bakal tumbuh jadi tanaman di tubuh kita?”

Bijinya bakal tumbuh ma? via huffingtonpost

12. Sebelum teori bumi bulat versus datar ribut, kamu sudah bertanya “Ujung dunia itu ada dimana sih? Kok jalan nggak habis-habis.”

Ada jalan kemana-mana via time.com

14. Setelah nonton film sejenis Land Before Time, kamu akan penasaran “Dinosaurus itu kemana sih?”

Tirano… via tesco-baby.com

15. “Hantu kok munculnya malam hari doang sih? Kalau siang dia ke mana?” dan kemudian minta ditemani ibu ke kamar mandi

Hoaaaa via grabhouse.com

Dari 15 pertanyaan tadi, berapa pertanyaan yang pernah muncul di kepalamu saat kamu masih kecil?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya