Merokok memang sebuah kecanduan yang bisa dibilang mematikan. Meski efeknya nggak instan, tapi pecandu rokok akan merasakan sakit ketika belasan atau puluhan tahun kemudian. Namun nggak bisa dimungkiri juga kalau berhenti merokok benar-benar susah. Apalagi bagi yang sudah merokok dalam jangka waktu yang lama, akan semakin susah untuk lepas dari kecanduan nikotin. Bagi sebagian perokok ini memang ada hasrat pengen berhenti. Karena selain masalah kesehatan, uang yang dikeluarkan pun juga nggak sedikit.

Harus diakui kalau berhenti merokok memang nggak bisa saat itu juga. Butuh proses dan juga motivasi yang sangat besar untuk bisa melepaskan diri dari kecanduan itu. Nggak cuma dari diri sendiri, tapi juga peran serta lingkungan untuk membantumu berhenti merokok. Nah, salah satu cara seperti gadis ini mungkin bisa kamu coba!

Seorang gadis asal Malaysia memberikan calon suaminya buket yang berisi rokok sewaktu perayaan kelulusan

Kasih buket rokok, jangan bunga! via www.sinarharian.com.my

Advertisement

Dilansir dari laman sinarharian.com.my, seorang gadis asal Malaysia bernama Nornajiha Mohd Tarmizi, punya cara tersendiri untuk mendukung sang calon suami untuk berhenti merokok. Saat perayaan kelulusan, Mohd Ihsan Zahidi bukannya mendapat buket bunga layaknya rekan-rekan yang lain, tapi malah mendapatkan buket yang berisi beberapa bungkus rokok dari calon istrinya. (Nggak kepikiran, kan?)

Meski terlihat “menyindir”, ini justru jadi salah satu bentuk dukungan agar calon suaminya tersebut benar-benar sanggup untuk berhenti merokok

bentuk dukungan via www.instagram.com

Tujuan Nornajiha bukan tanpa sebab, ia memberikan buket rokok ini sebagai bentuk dukungan agar Ihsan berhenti merokok. Sebelumnya, Ihsan sudah berjanji akan berhenti merokok ketika nanti setelah menikah. Oleh karena itulah Nornajiha memberikan tiga bungkus rokok yang diharapkan bisa menjadi rokok terakhir yang diisap sang calon suami sebelum pernikahan dilangsungkan sekitar dua bulan lagi.

Meski terlihat sebagai bentuk ‘sindiran’, tapi Ihsan paham bahwa apa yang diberikan calon istrinya tersebut sebagai bentuk dukungan terhadapnya. Ia mendukung Ihsan untuk bisa berhenti merokok sesegera mungkin, sesuai janjinya yang akan berhenti merokok setelah menikah. Dengan tiga bungkus rokok tersebut, Ihsan berharap bisa dikuatkan niatnya untuk benar-benar lepas dari kecanduan nikotin.

Kalau mau berhenti merokok dengan cara yang lebih ekstrem, apa yang dilakukan oleh laki-laki ini juga bisa ditiru loh 🙂

kepala dikasih sangkar via citizen6.liputan6.com

Advertisement

Cara Nornajiha dalam mendukung calon suaminya untuk berhenti merokok tentu saja masih terbilang wajar, meski dengan cara yang unik. Namun nggak sedikit juga melakukan hal-hal ekstrem untuk bisa berhenti merokok. Seperti yang dilakukan oleh pria bernama Ibrahim Yucel asal Turki ini yang memilih cara nggak biasa dan terbilang keras untuk bisa berhenti merokok. Ia membuat ‘kandang’ untuk mengurung kepalanya. Sehingga ia benar-benar nggak bisa merokok. Kandang itu pun dikunci lalu diberikan kepada sang istri. Hanya saat makan kandang tersebut dibuka oleh sang istri. Meski awalnya malu, tapi sang istri tetap mendukung suaminya karena ia tahu Ibrahim benar-benar serius untuk berhenti merokok. Dan terbukti, cara tersebut efektif untuk melepaskan Ibrahim dari kecanduan rokok.

Keinginan untuk benar-benar merokok harusnya didukung nggak hanya oleh diri sendiri tapi juga oleh lingkungan. Apalagi orang-orang terdekat, tentu sangat berperan agar si pecandu rokok bisa berhenti. Kalau cara Ibrahim terlalu ekstrem, mungkin cara Nornajiha bisa kamu tiru sebagai dukungan untuk orang-orang terdekatmu. Atau kamu punya cara lain untuk mengakhiri kebiasaan merokok orang tersayangmu?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya