Ed Sheeran Bantah Tuduhan Lagu Shape of You Hasil Jiplakan

Lagu ini dituduh menjiplak lagu Oh Why milik Sami Switch dan produser Ross O'Donoghue

Siapa sih yang tak kenal dengan Ed Sheeran? Musisi andal yang pernah memperoleh dua Grammy Awards tahun 2016 untuk kategori Best Pop Solo Performance dan juga Song of the Year ini sangat produktif menghasilkan banyak karya ya Sobat Hipwee. Tak khayal jika pada tahun 2015 album yang berjudul X dinobatkan sebagai album dengan penjualan terlaris di seluruh dunia.

Advertisement

Pemilik nama lengkap Edward Christopher Sheeran mengeluarkan album pertamanya yaitu + di tahun 2011. Tiga tahun kemudian dia merilis album kedua dengan judul X. Selanjutnya ada album ÷ tahun 2017, No 6 Collaborations Project tahun 2019, dan album kelima bertajuk = di tahun 2021.

Sederet lagu populer yang sudah dihasilkan pria berusia 31 tahun tersebut yaitu Give Me Love, Thinking Out Loud, Photograph, Bad Habits, Galway Girl, Perfect, Shape of You, dan masih banyak lagi. Terbaru ini, Ed Sheeran membawa kabar yang kurang menyenangkan karena dirinya mendapat tuduhan menjiplak karya musisi lain lewat lagu Shape of You.

Ed Sheeran dengan tegas membantah tuduhan menjiplak karya Sami Switch dan Ross O’Donoghue

Ed Sheeran

Ed Sheeran ketika menerima salah satu penghargaan | Credit: Instagram (@teddysphotos)

Dilansir dari laman Reuters, Ed Sheeran memberikan bukti dalam persidangan hak cipta di Pengadilan Tinggi London pada Senin, 7 Maret 2022 waktu setempat. Dia juga membantah tudingan telah memotong bagian dari lagu Oh Why (2015) milik Sami Chokri alias Sami Switch dan produser Ross O’Donoghue untuk dimasukkan ke dalam lagu miliknya yang berjudul Shape of You (2017).

Advertisement

“Saya telah membangun karier yang panjang dan sangat sukses dengan menulis lagu-lagu orisinil untuk diri saya sendiri dan artis ternama lainnya. Saya tidak akan bisa melakukan hal itu jika memiliki kebiasaan menjiplak penulis lain.” ungkap Ed Sheeran.

Selain itu, Ed Sheeran mengatakan bahwa dirinya sama sekali tidak mengenal Sami Switch dan juga Ross O’Donoghue. Apalagi menjiplak lagi Oh Why yang sebelumnya tidak pernah dia dengarkan.

Awal mula lagu Shape of You dituduh hasil jiplakan

Ed Sheraan

Penampilan Ed Sheraan membawakan lagu Shape of You | Credit: Instagram (@teddysphotos)

Advertisement

Awal mula kasus ini muncul adalah ketika Ed Sheeran dan rekan penulisnya, yakni Steven McCutcheon dan John McDaid, meminta pengadilan tinggi menyatakan mereka tidak melanggar hak cipta Sami Switch dan Ross O’Donoghue pada tahun 2018.

Pengacara Sami Switch dan Ross O’Donoghue yaitu Andrew Sutcliffe saat dimintai keterangan mengatakan bahwa Ed Sheeran sebenarnya tahu siapa Sam Switch karena mereka berdua pernah muncul di SBTV, platform musik online Inggris.

Menurut Sutcliffe, Ed Sheeran bahkan sempat meneriakkan nama Sam Switch di Reading Festival pada tahun 2011 saat sahabatnya yaitu Jamal Edwards mengajaknya untuk datang bersama di acara tersebut.

Sami Switch dan Ross O’Donoghue dalam persidangan juga mengatakan bahwa lirik lagu bagian hookOh I” di lagu Shape of You sangat mirip dengan karya mereka. Sehingga, keduanya meyakini bahwa Ed Sheeran kemungkinan pernah mendengar lagu mereka yang berjudul Oh Why.

Sebelumnya Ed Sheeran juga pernah tersandung kasus yang sama untuk untuk lagu Photography

Ed Sheraan

Penampilan sederhana ala Ed Sheraan | Credit: Instagram (@teddysphotos)

Sebelumnya Ed Sheeran juga pernah mengalami kasus yang serupa lewat lagu berjudul Photograph (2015), yang menurut dua musisi California memiliki komposisi yang sama dengan lagu mereka yang berjudul Amazing.

Akhirnya, Ed Sheeran setuju untuk menyerahkan 35 persen dari pendapatannya, mengakui musisi sebagai co-writer, dan membayar lebih dari lima juta dolar AS atau sekitar Rp 71 juta kepada mereka atas saran dari pengacaranya kala itu.

Untuk kasus Shape of You sendiri, pihak pengadilan belum memutuskan hasil akhir karena harus melalui proses persidangan selanjutnya, meski Ed Sheran sendirisudah menyatakan bantahan atas tuduhan tersebut.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE