6 Film Indonesia yang Gunakan Efek Canggih CGI untuk Percantik Visualnya. Mana yang Paling Oke?

Efek CGI film Indonesia

Teknologi CGI atau Computer Generated Image sekarang nggak melulu dikaitkan dengan video games. Seiring dengan berkembangnya zaman, teknologi penggambaran 3 dimensi yang dibuat oleh komputer ini berkembang penggunaannya, mulai dari televisi, iklan digital, bahkan media cetak. Tentunya film juga nggak ketinggalan dong untuk memanfaatkan teknologi ini.

Advertisement

CGI dalam film biasanya digunakan untuk mempercantik visual yang ada hingga menjadi sebuah alternatif untuk merekayasa adegan yang nggak mungkin dilakukan oleh aktor dan aktris. Meski belum banyak, ternyata film-film Indonesia sudah ada lho yang menggunakan CGI untuk memperdalam dan mempercantik ceritanya. Nih SoHip 6 film Indonesia yang punya efek CGI memukau untuk membangkitkan ceritanya!

1. Film adaptasi dari novel “Bumi Manusia” ternyata menggunakan efek CGI untuk mendapatkan latar tempat dan waktu seperti zaman kolonial

Untuk mendapatkan latar waktu dan tempat di zaman kolonial, film hasil adaptasi dari buku berjudul sama ini menggunakan efek CGI untuk mendapatkan suasana tersebut. Film garapan Hanung Bramantyo ini menggunakan efek CGI untuk menyatukan lokasi yang berbeda agar terlihat rapi dan nyata. Bahkan sekitar 45 persen bagian film Bumi Manusia dibuat dengan menggunakan polesam CGI.

Penggunaan efek ini bisa dibilang sukses, karena jika kamu sudah menontonnya, dapat dipastikan kamu akan dibawa untuk berimajinasi dan bertanya “apakah memang seperti ini peristiwa, latar dan rasa pada zaman itu?”

Advertisement

2. Selain dibumbui dengan koreografi pertarungan yang keren, film “The Raid” juga dibantu oleh efek CGI untuk menghasilkan pertarungan dan efek tembak menembak yang spektakuler

Film aksi yang dibintangi oleh Iko Uwais ini tentunya masih lekat di ingatan kita semua. Sinematografi yang cantik dan koreografi pertarungan yang brutal menjadi salah satu senjata yang diandalkan oleh film ini. Meski begitu, efek CGI tetap digunakan untuk memoles adegan pertarungan agar terlihat lebih nyata.

Jika SoHip perhatikan secara cermat, selain adegan tembak-menembak, cipratan dara yang terjadi saat adegan perkelahian di film ini semuanya dihasilkan dengan menggunakan efek CGI, nggak berhenti di situ aja, bahkan beberapa pertarungan dipoles menggunakan efek CGI agar terlihat lebih realistis dan sedikit sadis. Dengan menggunakan efek CGI film ini sukses mengemas adegan baku hantam dan tembak menembak yang dihadirkan menjadi lebih intens!

3. Meskipun menuai kritik, film “Rudy Habibie” menggunakan efek CGI untuk merombak Reza Rahadian menjadi seperti Habibie muda

Advertisement

Film yang dibintangi oleh Reza Rhardian yang menceritakan kisah presiden ketiga Indonesia di masa mudanya ini juga nggak ketinggalan untuk menggunakan efek CGI. Efek CGI ini digunakan untuk memoles dan megubah wajah Reza Rahardian agar menjadi semakin mirip dengan wajah Bapak B. J. Habibie.

Walau penggunaannya ditentang oleh beberapa pihak karena dianggap tidak menghormati Pak Habiebie, tetapi sesungguhnya ide ini sangat brillian. Sedikit pengetahuan, teknik yang memerlukan potret wajah 360 derajat pemerannya sebelum dipoles ini juga digunakan untuk menampilkan aktor Paul Walker di akhir film Fast and Furious setelah kematiannya.

4. Kekuatan efek CGI tentunya menjadi salah satu alat yang digunakan untuk membangkitkan Gundala si putra petir ke layar lebar!

Soal urusan efek CGI, Gundala udah bisa banget deh bersaing di kancah internasional, pasalnya bagaimana lagi cara menciptakan sambaran petir selain menggunakan CGI? Terlebih CGI yang digunakan adalah kualitas wahid dan kabarnya menghabiskan biaya produksi hingga RP.30 muliar, sebanding dengan efek yang dihasilkan.

Di film ini, SoHip bisa menikmati adegan CGI ketika Sancaka alias Gundala yang diperankan oleh Abimana menggunakan kekuatan petirnya. Transisi, warna, dan cahaya yang terjadi ketika petir tersebut digunakan sudah sangat halus dan terlihat alami. Meskipun belum sehalus petir Thor garapan Marvel Studios, tetapi Gundala adalah sebuah bukti bahwa orang Indonesia bisa kok bikin film dengan CGI yang bagus!

5. Selain bertabur bintang, film “Foxtrot Six” juga menggunakan ahli efek CGI yang didatangkan langsung dari Hollywood

Film aksi yang dirilis pada tahun 2019 ini memang digarap secara serius. Efek CGI yang digunakan dalam film ini dikemas dengan menarik dan penempatan yang pas. Bukan cuma itu aja, film ini juga didukung oleh aktor-aktor papan atas Indonesia.

Bagian tembak-tembakan memang menjadi salah satu kekuatan CGI film ini. Tetapi penggunaan CGI untuk menampilkan kota dari jarak jauh dan peralatan tempur canggih yang digunakan juga enak dilihat. Menjadi wajar ketika kita tahu bahwa artis visual efek dan CGI yang digunakan adalah Mario Kassar yang menangani film Terminator serta Andrew Juano yang menukangi serial TV populer The Walking Dead. Jadi visual efek dan CGI film ini, nggak usah kamu ragukan lagi deh

6. Ingat film “Janus Prajurit Terakhir”? Meskipun belum sehalus sekarang, film yang keluar pada tahun 2003 ini adalah salah satu pelopor film dengan efek CGI di Indonesia

Jika kamu ingat, film yang diperankan oleh Derby Romero dan dirilis pada tahun 2003 ini menceritakan kisah tentang seorang prajurit dari masa depan yang melarikan diri ke masa lalu.  Di saat belum banyak film Indonesia yang mengguanakn teknik CGI, film ini mampu hadir menjadi sebuah pembeda.

Efek CGI digunakan untuk menghidupkan karakter Janus dan komplotan penjahat yang mengejarnya dari masa depan. Meski belum sehalus efek CGI sekarang, menyatukan karakter CGI dan pemeran asli untuk membangun sebuah cerita fantasi bukanlah perkara mudah, apalagi hal tersebut dilakukan oleh sineas asal Indoensia setelah industri perfilman baru bangkit kembali setahun sebelumnya.

Nah SoHip, itulah beberapa film Indonesia yang menggunakan efek CGI untuk mempercantik apa yang sudah ada. Meskipun belum sehalus film-film keluaran Hollywood, tetapi hal ini menandakan bahwa Industri film kita punya potensi untuk bersaing dalam hal CGI dan visual efek di kancah Internasional ke depanya. Dari daftar tersebut, kita-kira film mana aja yang berkesan dan udah kamu tonton nih?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

What is bravery, without a dash of recklessness?

CLOSE