Nggak bisa dimungkiri lagi, penggunaan emoji dalam menulis pesan udah kayak kegiatan ngopi yang dibarengi nyamil pisang goreng. Nggak mesti ada sih, tapi berasa kurang aja kalau salah satunya nggak hadir. Sebab, penggunaan emoji mampu melengkapi atau menegaskan sebuah makna dari pesan sehingga meminimalisasi kesalahpahaman.

Tapi ternyata eksistensi emoji nggak sebatas mewakili perasaan dan memudahkan penyampaian pesan saja. Mengutip dari CNN, survei yang dilakukan oleh Match.com mengatakan, emoji ternyata dapat membuat kencan, hubungan seks, dan bahkan hubungan pernikahan menjadi lebih baik. Sedang menurut Metro.co.uk, emoji terong dan buah persik adalah yang paling sering disalahgunakan. Nah, berikut beberapa emoji yang sering disalahgunakan untuk menyiratkan pesan dewasa. Simak!

1. Emoji cabai ini sering digunakan bukan untuk menyiratkan kepedasan sesuatu

emoji cabe via emojipedia.org

Alih-alih menggunakan emoji ini sebagaimana maksud aslinya, kebanyakan malah menggunakannya untuk mengatakan bahwa si penerima pesan sangat “hot” atau sensual. Dalam level chatting tingkat lanjut atau sexting, penggunaan emoji ini nggak ada hubungannya dengan cabai secara harfiah. Malahan digunakan untuk menyampaikan gagasan, bahwa si pengirim pesan ingin sesuatu yang lebih menantang dari lawan chatting.

2. Emoji hotdog dengan sosis di tengahnya, bagi sebagian orang dimaknai bukan sekadar makanan

emoji hot dog via emojipedia.org

Secara bentuk, entah kenapa emoji ini diasumsikan oleh sebagian orang sebagai Mr. P. Secara hotdog adalah sosis yang disajikan dengan roti ditambah saus dan kadang mustard. Tapi bagi beberapa orang, sosis dalam hotdog yang berwarna kecokelatan itulah, yang menjadi alasan penggunaannya bisa diasumsikan sebagai Mr. P. Hmmm, bergantung kepada konteks kalimat juga nih.

3. Emoji taco ternyata bagi sebagian pengguna bukan dimaksudkan untuk menggambarkan makanan

emoji taco via emojipedia.org

Sederhananya, taco adalah makanan khas Meksiko yang terbuat dari gulungan tortilla dengan isian berbagai sayuran dan daging di dalamnya. Namun dalam imajinasi beberapa pengguna, dengan pemaknaan tingkat tinggi, emoji ini bisa digunakan untuk menggambarkan area genital wanita. Duh.

4. Emoji terong atau eggplant, lagi-lagi sering disalahgunakan sebagai penggambaran untuk sesuatu yang nggak ada hubungannya dengan sayuran

emoji eggplant via emojipedia.org

Padahal sayuran yang satu ini kaya manfaat dan nikmat jika dihidangkan sebagai lalaban. Tapi bagi kebanyakan orang, penggunaan emoji ini sering menjadi simbol dari citra phallic, yaitu hal-hal yang berkaitan dengan alat kelamin pria. Sungguh penggunaan yang nggak ada hubungannya dengan vitamin C dan K yang dikandung terong, ya.

5. Emoji buah peach atau buah persik juga paling sering digunakan tapi nggak ada hubungannya dengan buah tersebut

emoji peach via emojipedia.org

Di dunia nyata, kamu pernah lihat buah persik nggak sih? Tapi di dunia chatting, mungkin kamu sering melihatnya, ya. Yup, emoji ini salah satu yang paling sering disalahgunakan, sebagai penggambaran pantat besar wanita. Sederhananya karena visual buah ini hampir menyerupai.

6. Emoji wind blowing ini mungkin nggak terlalu umum digunakan, tapi cukup sering disalahgunakan

emoji wind blowing via emojipedia.org

Secara visual emoji ini sungguh biasa saja. Tapi siapa sangka dalam penyalahgunaannya, emoji ini bisa dimaksudkan untuk menggambarkan seks oral yang dilakukan wanita. Ada-ada aja, ya!

7. Emoji splash atau bulir keringat ini juga sering digunakan untuk maksud yang jauh dari aktivitas olahraga

emoji splash via emojipedia.org

Kalau kamu menggunakan emoji ini dibarengi dengan emoji orang berlari, maka penggunaanmu benar, dengan makna berkeringat sehabis olahraga. Tapi ada sebagian orang yang menggunakan emoji ini untuk maksud lain dan jauh dari aktivitas olahraga. Yaitu untuk menyimbolkan cairan sperma laki-laki. Cukup menggelikan, ya.

8. Emoji lidah menjulur ternyata nggak sekadar digunakan sebagai simbol mengejek saja

emoji tongue via emojipedia.org

Untuk dapat memaknai emoji sebenarnya bergantung pada kalimat yang mengikutinya. Kalau kalimat isinya ledek-ledekan ditambah emoji lidah menjulur, bisa jadi memang maksudnya untuk mengejek. Tapi, bagi sebagian orang, dan ini sepertinya umum di dunia sexting, emoji ini bermakna seks oral yang dilakukan pria.

Namun begitu, tafsir atas emoji-emoji di atas sepenuhnya berangkat dari asumsi kolektif dan cukup umum digunakan dalam sexting atau chat mesum dari orang asing yang baru kamu temui dalam aplikasi kencan online.

Belum ada konfirmasi dari kreator emoji, makna apa yang sesungguhnya ingin mereka sampaikan. Tapi setidaknya dengan pengetahuan dari asumsi kolektif ini, kamu bisa waspada dan mengantisipasi bentuk pelecehan di dunia chatting. Jadi, kalau ada seseorang yang tiba-tiba mengirimkanmu emoji yang nggak mengikat dengan konteks kalimatnya, kamu sudah bisa memaknai dan mengantisipasi kerugian.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya