4 Fakta Absurd dan Menarik dari Film “Ambiance” yang Berdurasi 720 Jam. Luar Biasa!

Fakta film Ambiance

Kita semua tahu bahwa rata-rata film yang dibuat dan ditayangkan untuk publik di seluruh belahan dunia ini biasanya berdurasi sekitar 1,5-2 jam lamanya. Pasalnya, setelah melebihi durasi tersebut, orang-orang bakalan merasa bosan dan akhirnya malah merasa nggak nyaman sendiri ketika menonton film tersebut. Namun rupanya, hal itu nggak membuat sutradara asal Swedia bernama Anders Weberg mengekspresikan karyanya dan membuat publik jadi bengong saat mendengar kabar pertama kalinya.

Advertisement

Gimana nggak bengong, sutradara yang satu ini membuat film berjudul “Ambiance” (2020) yang menceritakan tentang aktivitas dua seniman di sebuah pantai di Swedia. Sekilas nggak ada yang aneh dengan film tersebut, tapi setelah mendengar seberapa lama durasi film ini, dijamin kamu bakal terheran-heran. Ya, “Ambiance” ini merupakan film dengan durasi sekitar 720 jam atau 30 hari. Bayanginnya aja susah banget, kan? Berikut ada empat fakta menarik tentang film garapan Anders Weberg yang satu ini. Simak, yuk!

1. Didanai sendiri oleh sutradaranya, film ini melibatkan hingga 100 aktor

Cuplikan film Ambiance / Credit: Cinecelluloid via cinecelluloid.com

Fakta tentang lamanya durasi film ini rupanya nggak cukup mengejutkan bagi publik. Pasalnya, ada beberapa fakta menarik lain di balik pembuatan “Ambiance” ini. Salah satunya adalah di mana Anders Weberg ternyata mendanai film ini secara pribadi tanpa ada sedikitpun bantuan dari luar alias sponsor. Alasannya sih biar dirinya bebas mengekspresikan bagaimana nantinya film yang akan dibuatnya. Nggak cuma berhenti sampai di situ aja, film ini juga melibatkan sedikitnya 100 aktor untuk bermain bersama. Banyak banget, kan?

2. Meski durasinya segitu panjang, film ini nggak ada dialognya

Cuplikan film “Ambiance” / Credit: Technote via technote.az

Fakta yang kedua ini mungkin bakalan makin bikin bengong siapapun yang belum pernah nonton filmnya. Bayangin deh, satu judul film dengan durasi sebulan, tapi di dalamnya hampir nggak ada percakapan alias dialog sama sekali. Ini bikin bingung juga sih kalau kita nggak ada taste tinggi untuk menikmati film-film semacam ini. Lha wong disuruh nonton film pendek tanpa dialog aja terkadang untuk sebagian orang udah bikin bosen, apalagi ini durasinya satu bulan. Out of the box banget memang :’)

Advertisement

3. Trailer filmnya aja lebih panjang dibandingkan film-film biasanya, 7 jam!

Film “Ambiance” / Credit: Techeblog via www.techeblog.com

Layaknya film pada umumnya, “Ambiance” ini juga memiliki trailer alias cuplikan yang merangkum seluruh isi film. Tapi, karena film ini sendiri memiliki total durasi hingga 720 jam, pasti kamu juga udah kebayang seberapa lama trailer-nya kan? Yap, trailer film ini sendiri bahkan lebih lama jika dibandingkan dengan film-film full pada umumnya. Nggak hanya cukup dalam hitungan 2-5 menit saja, film ini memiliki trailer hingga 7 jam lamanya! Nah lo, buat nonton trailer filmnya aja kayaknya udah menguras tenaga dan bikin capek nih. Kecuali kalau kamu memang lagi gabut, bisa sih nonton trailer film selama ini~

4. Udah susah-susah membuatnya, sutradara film ini menghancurkan karyanya setelah tayang serentak. Unik banget memang orangnya

Uniknya film “Ambiance” / Credit: Huckmag via www.huckmag.com

Bukan Anders Weberg namanya kalau nggak memiliki sisi keunikannya sendiri. Setelah membuat karya film dengan durasi sepanjang itu, dirinya lantas berencana menghancurkan film tersebut tak lama setelah ditayangkan secara serentak di beberapa negara. Ini sih kayaknya memang mental-mental seniman banget ya, udah susah-susah bikin karya, eh habis dipamerin ke depan publik langsung sihancurkan sendiri. Alasannya sih sepele, biar nggak ada lagi yang memutarnya setelah sekali penayangan tersebut. Kocak bener, kan?

Jadi gimana nih, kamu tertarik buat nonton film berdurasi selama satu bulan ini? Meski memang udah lumayan susah buat dicari, tapi di beberapa penyedia layanan streaming dan download film masih ada beberapa yang bisa kamu tonton kok. Siapa tahu sebulan ini kamu gabut dan nggak tahu mau ngapain lagi. 😀

Ikuti Instagram @wolesjon, biar nggak ketinggalan informasi seputar cowok dan dunia hiburan lainnya, kuy!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE