6 Fakta Menarik Film KKN di Desa Penari, Penulis dan Lokasi Masih Misterius

Film horor Indonesia berjudul KKN di Desa Penari menjadi salah satu film yang hangat diperbincangkan. Pasalnya, film yang disutradarai oleh Awi Suryadi ini sudah ditunggu-tunggu oleh seluruh masyarakat sejak dua tahun lalu.

Advertisement

KKN di Desa Penari menceritakan tentang kejadian mistis yang dialami enam mahasiswa KKN, yakni Nur (Tissa Biani), Widya (Adinda Thomas), Ayu (Aghniny Haque), Bima (Achmad Megantara), Anton (Calvin Jeremy), dan Wahyu (Fajar Nugraha).

Sebelum diangkat ke layar lebar, kisah KKN di Desa Penari memang sudah banyak diperbincangkan di media sosial Twitter. Tak heran jika sejak pertama kali penayangan, film ini mendapat antusiasme yang luar biasa dari para penonton.

Sejumlah fakta menarik terkait film KKN di Desa Penari pun muncul. Berikut enam fakta yang perlu kamu tahu tentang film horor ini.

Advertisement

1. Merupakan kisah nyata yang diangkat dari sebuah utas di Twitter

kkn di desa penari

Kisah nyata yang diangkat dari sebuah utas di Twitter | Credit: IMDb

Sebelum menjadi film layar lebar, cerita KKN di Desa Penari lebih dulu viral di Twitter pada tahun 2019 lalu. Pemilik akun Twitter bernama SimpleMan pernah menulis utas cerita KKN di Desa Penari dalam dua versi, yakni versi Nur dan Widya.

Keduanya merupakan dua mahasiswa dalam kegiatan KKN di Desa Penari yang asli. Sejak pertama kali diunggah, utas tentang KKN di Desa Penari berhasil tembus hingga ratusan ribu retweet. Akhirnya, kisah itu kembali diperbincangkan setelah film dengan adaptasi cerita yang sama muncul kembali.

2. Nama penulis asli dan nama desa masih menjadi misteri

Nama penulis asli dan nama desa masih menjadi misteri | Credit: IMDb

Advertisement

Sejak utas tentang KKN di Desa Penari viral, sosok penulis di balik akun SimpleMan masih menjadi misteri. Tak hanya itu, nama-nama desa dan tokoh dalam cerita pun juga masih menjadi teka-teki. Pasalnya, sang penulis merahasiakan nama mahasiswa dan tempat aslinya dengan alasan amanat.

Namun dalam cerita tersebut, lokasi KKN disebutkan berada di sebuah kabupaten di Jawa Timur dengan inisial B. Warganet pun banyak yang menyimpulkan bahwa lokasi KKN tersebut berada di Banyuwangi.

3. Menghabiskan dana produksi sangat besar

Menghabiskan dana produksi sangat besarĀ  | Credit: IMDb

Sama seperti judulnya, film KKN di Desa Penari memiliki latar cerita di desa yang masih tampak seperti hutan. Oleh karena itu, Manoj Punjabi selaku produser mengungkapkan bahwa penggarapan film ini menghabiskan dana hingga miliaran rupiah.

Dana itu belum termasuk dengan biaya tambahan yang dikeluarkan pascaproduksi. Selain faktor dana, para pemain pun mengalami tantangan cuaca yang buruk di hutan. Sebab, syuting film ini dilakukan pada bulan November hingga Desember di musim hujan.

4. Penulis utas sempat menyesal telah bercerita

Penulis utas sempat menyesal telah bercerita | Credit: IMDb

Kepopuleran cerita KKN di Desa Penari membuat komedian Raditya Dika sempat mengangkat cerita ini di kanal YouTube pribadinya. Dalam YouTube tersebut, SimpleMan selaku penulis utas mengaku merasa tidak ingin menulis kisah tersebut.

Pasalnya, lewat cerita tersebut banyak pihak yang kemudian terlibat sekaligus bisa membuka luka lama para korban. Namun, karena dirasa banyak pelajaran yang bisa diambil, ia pun akhirnya memberanikan diri untuk menulis kisah tersebut.

5. Penayangan film sempat tertunda selama dua tahun

Penayangan film sempat tertunda | Credit: IMDb

Pada dasarnya, film KKN di Desa Penari sudah rampung digarap pada tahun 2019 dan dijadwalkan rilis pada 2020. Akan tetapi, kasus Covid-19 yang tak terkendali membuat perilisan film ini tertunda berkali-kali hingga dua tahun lamanya.

Bahkan pada awal 2022 lalu, film ini sudah dijadwalkan tayang bulan Februari. Namun, penayangan akhirnya tertunda kembali karena PPKM hingga berhasil ditayangkan pada 30 April 2022. Tak heran sejak pertama kali tayang, tiket film ini habis terjual di mana-mana.

6. Tembus lebih dari 3 juta penonton sejak pertama kali rilis

Tembus lebih dari 3 juta penonton | Credit: IMDb

Antusiasme para penonton film KKN di Desa Penari sudah terlihat sejak pertama kali penayangan di bioskop. Bahkan di sejumlah unggahan media sosial, tampak antrean tiket sampai mengular di sejumlah tempat.

Benar saja, sejak pertama kali rilis pada 30 April 2022 lalu, film horor ini telah menggaet lebih dari tiga juta penonton di bioskop. Jumlah tersebut tentu saja masih akan terus bertambah mengingat KKN di Desa Penari masih tayang di bioskop tanah air.

Bagaimana SoHip, tertarik untuk menonton film horor satu ini?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE