Fakta dan Keajaiban Nasi Padang, Makanan yang Seharusnya Masuk Jadi Salah Satu Keajaiban Dunia~

Fakta nasi Padang

Buat kamu para penggemar kuliner, tentunya udah nggak asing lagi sama yang namanya masakan Padang. Sebuah sajian yang terkenal berasal dari Sumatra Barat, tanahnya orang Minangkabau. Biasanya, masakan Padang ini punya banyak sekali pilihan isian. Mulai dari kuahnya yang khas, sambel ijonya, gulai kepala kakapnya, perkedel, ayam goreng dan masih banyak lagi yang lainnya. Semua menu itu disajikan secara prasmanan oleh para penjualnya, jadi kita sebagai pembeli bisa memilih sendiri apa lauk yang akan kita makan. Harganya pun terjangkau banget. Nah, ini biasanya yang bikin anak kos rajin makan nasi Padang. Mulai dari 10-15 ribu biasanya kita udah bisa makan dengan pilihan lauk sekaligus minum. Tapi, semua juga tergantung daerahnya sih, hehe.

Advertisement

Seperti memiliki kesan magis, masakan Padang ini selalu membuat jatuh cinta siapa aja yang memakannya. Apalagi untuk kamu yang sedang diet, wah ini bisa bahaya banget. Saking enaknya masakan Padang ini, kamu tahu nggak sih fakta unik dan keajaiban dari makanan khas Indonesia yang satu ini?

Hampir setiap kota ada tempat makan yang menyediakan masakan Padang. Lucunya, di daerah asalnya sendiri malah tidak ada!

Ilustrasi RM Padang / Credit: Lifepal

Kalau kamu jauh dari Sumatra, sebenarnya nggak perlu repot-repot, kamu bisa temukan nasi padang ini di mana saja kok. Mulai di warung-warung kecil pedesaan, hingga di kota manapun di Indonesia. Semuanya sama. Dijual dengan cara prasmanan alias pembeli mengambil sendiri apa yang mau kita makan. Rasanya juga semua hampir sama, khas masakan Padang tentu saja, idola semua umat! Tapi uniknya, warung makan Padang ini ternyata malah nggak ada di daerah asalnya, lo. Mungkin karena di sana memang awal mula ketenaran makanan ini berlangsung, jadi masyarakat setempat tak perlu lagi menggunakan nama “warung makan Padang”.

Harganya murah, cocok untuk anak kos. Aman di kantong pokoknya~

Masakan Padang / Credit: Instagram Lapercuy

Untuk kamu yang hidup di kota orang lain dengan cara ngekos, jajan masakan Padang adalah salah satu opsi yang benar untuk menghemat uang bulanan. Tapi, dengan catatan asal nggak tiap hari nggak melulu jajan nasi Padang, sama aja tekornya nanti. Diselingin sambil masak sendiri lebih baik, untuk menumbuhkan sifat keibuan dan keflamboyananmu tentu saja. Salah satu hal yang perlu diingat, semua masakan Padang itu murah, kecuali di Rumah Makan Padang Sederhana. Meskipun namanya Sederhana, tapi Rumah Makan Padang yang satu itu biasanya harganya jauh dari kata sederhana alias mahal. Walaupun berbeda dengan tempat makan masakan Padang lainnya, RM Padang Sederhana punya keistimewaan tersendiri kok. Wajar kalau harganya memang sedikit beda.

Advertisement

Kamu hendak diet? Gugur sudah niatmu kalau liat masakan Padang. Percayalah!

Bikin gagal diet / Credit: Padangkita

Masakan Padang bagi sebagian orang adalah godaan terbesar, apalagi bagi mereka yang sedang berniat diet. Ia bagaikan oase di tengah gurun, siapapun yang melihatnya biasanya akan tergoda. Nah, untuk kamu yang sedang berusaha diet, hati-hati sama masakan Padang, ya! Apalagi kalau pilihan laukmu banyak yang berlemak dan berminyak. Ngaku deh, kamu juga pasti nggak kuat setiap kali melihat wujud dari masakan khas yang satu itu, kan?

Hampir semua warung masakan Padang memakai kaca transparan

Pakai kaca transparan / Credit: Jogjaasik

Kalau kamu cermati nih, bagian depan warung masakan Padang itu pasti memakai penutup berupa kaca transparan. Tahu nggak alasannya apa? Tentu saja biar kita semua tergoda, dengan melihat menu makanan bermacam-macam yang ditata rapi ala warung masakan Padang. Hal itu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi orang-orang yang memandangnya dari luar. Strategi yang cakep!

Makan masakan Padang terbukti lebih nikmat pakai tangan, nggak perlu pakai sendok

Advertisement

Nikmat tanpa pakai sendok / Credit: Gotravelly

Buat kamu yang sebelumnya udah terbiasa makan dengan sendok, kamu harus mencoba cara yang satu ini untuk menikmati masakan Padang. Tanpa menggunakan sendok, menyantap masakan Padang terbukti lebih nikmat dan rasanya lebih kenyang. Nggak percaya? Coba buktikan sendiri deh~

Masakan Padang adalah salah satu kekayaan Indonesia terutama dalam hal kuliner. Kepopuleran masakan ini tak hanya di Indonesia saja, bahkan sudah sampai ke mancanegara dan diakui oleh dunia. Kamu paling suka pakai lauk apa kalau makan masakan Padang?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE