9 Film Adaptasi dari Buku yang Akan Rilis Tahun 2021. Menarik dan Layak Ditunggu

Film adaptasi buku 2021

Sebagai produk budaya, buku dan film merupakan dua hal yang tak terpisahkan. Sebagai pendukung cerita, buku sering muncul di dalam adegan-adegan film. Begitupun sebaliknya, cuplikan film kadang juga dituturkan dalam sebuah buku. Dalam beberapa tahun belakangan, film yang dibuat berdasarkan buku laris juga semakin digandrungi baik oleh penonton, maupun para sineas.

Advertisement

Untuk buku yang diadaptasi jadi sebuah film, harus diingat kalau itu merupakan dua hal berbeda. Biar kamu nggak kecewa ketika mendapati cerita film yang didasarkan dari buku kesukaanmu nggak seratus persen sama, gitu. Karena faktanya, yang namanya adaptasi itu memang bukan memindahkan keseluruhan cerita dalam buku menjadi film.

Nah, buat kamu yang gandrung baca buku dan nonton film, berikut Hipwee rangkum 9 film adaptasi dari buku yang akan tayang tahun 2021. Siapa tahu ada yang dari buku kesukaanmu~

1. Dibintangi Lily James dan Ralph Fiennes, The Dig tayang mulai 29 Januari 2021

Diadaptasi dari novel berjudul sama karya John Preston, The Dig mengusung kisah tentang penggalian Sutton Hoo, situs pemakaman dari abad ke-6, dengan setting waktu tahun 1939 di Inggris Raya. Film yang dibintangi Lily James, Carey Mulligan, dan Ralph Fiennes ini dijadwalkan rilis terbatas pada tanggal 15 Januari, dan akan tersedia di Netflix mulai 29 Januari 2021.

Advertisement

2. Chaos Walking, berkisah tentang Todd Hewitt yang hidup di sebuah planet di mana penduduknya hanya laki-laki

Film Chaos Walking merupakan adaptasi dari buku The Knife of Never Letting Go, buku pertama dari serial Chaos Walking karya Patrick Ness. Film petualangan fantasi dan fiksi ilmiah ini menceritakan kehidupan Tood Hewitt (Tom Holland) di sebuah planet bernama New World. Di planet tersebut semua penduduknya adalah laki-laki, hingga satu kejadian membuat Todd bertemu perempuan di antara serpihan pesawat luar angkasa yang terdampar di hutan. Film ini dijadwalkan tayang tanggal 22 Januari 2021.

3. Drama komedi French Exit mengisahkan petualangan duo ibu-anak di kota Paris

Diadaptasi dari buku bernuansa komedi berjudul sama karya Patrick DeWitt, French Exit akan bercerita tentang pasangan ibu dan anak bernama Michelle Pfeiffer dan Lucas Hedges. Mereka berdua melakukan petualangan di kota Paris untuk menghabiskan warisan terakhir dari almarhum suami Michelle sekaligus ayah Lucas. Film yang disutradarai Azazel Jacobs ini akan tayang tanggal 12 Februari 2021.

4. Dibintangi Michael B. Jordan Without Remorse bercerita tentang usaha balas dendam agen CIA

Advertisement

Dibintangi oleh Michael B. Jordan, Without Remorse merupakan adaptasi buku berjudul sama karya Tom Clancy. Film ini bercerita tentang mantan Navy SEAL yang alih profesi jadi agen CIA, dan dalam perjalanannya berusaha membalas dendam atas kematian pacarnya. Dijadwalkan rilis tanggal 25 Februari, Without Remorse merupakan spin-off dari serial Jack Ryan.

5. Cherry dibintangi Tom Holland yang stress pasca trauma dan akhirnya menjadi kriminal

Didasarkan pada novel laris berjudul sama karya Nico Walker, Cherry mengisahkan mantan tenaga medis Angkatan Darat yang menderita gangguan stres pasca trauma. Diperankan oleh Tom Holland, mantan tenaga medis ini jadi kecanduan opioid padahal tujuannya untuk mengatasi gangguan stres. Long story short, ia kemudian harus merampok bank untuk memenuhi kecanduannya tersebut. Film ini dijadwalkan tayang di bioskop pada 26 Februari 2021.

6. Sarat akan emosi, Fatherhood bercerita tentang perjuangan seorang ayah tunggal membesarkan putrinya

Dibintangi oleh Kevin Hart, Fatherhood merupakan adaptasi dari buku berjudul Two Kisses For Maddy karya Matthew Logelin. Secara cerita, baik buku maupun film kabarnya nggak memiliki perbedaan berarti. Film Fatherhood bercerita tentang seorang ayah yang berjuang untuk membesarkan seorang putri, pasca kematian sang istri sehari setelah putri mereka lahir. Film yang sarat emosi ini dijadwalkan tayang tanggal 16 April 2021.

7. Komedi romantis Marry Me menceritakan kisah seorang bintang pop yang menikahi penggemarnya

Diadaptasi dari buku berjudul sama karya Bobby Crosby, film Marry Me yang dibintangi Jennifer Lopez dan Owen Wilson ini bercerita tentang seorang bintang pop yang memutuskan untuk menikahi penggemarnya, setelah tahu sang suami berselingkuh darinya. Film komedi romantis arahan sutradara Kat Coiro ini dijadwalkan tayang tanggal 14 April 2021.

8. Sempat tertunda karena pandemi, Dune yang bercerita tentang usaha seorang pemuda membebaskan sebuah planet dipastikan tayang 1 Oktober 2021

Film adaptasi dari buku berjudul sama karya Frank Herbert ini sejatinya akan tayang pada tahun 2020. Tapi karena pandemi Covid-19, jadwalnya digeser sampai 1 Oktober 2021. Film fiksi ilmiah yang dibintangi oleh Timothee Chalamet, Jason Mamoa, Zendaya, dan Rebecca Ferguson ini bercerita tentang karakter bernama Paul Atreides yang ditakdirkan membebaskan sebuah planet dan menguasai rempah-rempah yang ada.

9. Berangkat dari kisah nyata, The Last Duel menceritakan duel maut seorang suami dan sang sahabat yang diduga telah melecehkan istrinya

View this post on Instagram

A post shared by Claudia (@cldreads)

Dibintangi Ben Affleck, Matt Damon, Jodie Comer, dan Adam Driver, film The Last Duel yang diadaptasi dari buku berjudul sama karya Eric Jager ini berangkat dari kisah nyata tentang seorang wanita yang mengaku telah dilecehkan oleh sahabat suaminya. Mengambil setting waktu Perancis abad ke-14, sang suami dan sahabat yang diduga melakukan pelecehan akhirnya memutuskan untuk bertempur sampai mati. Film arahan sutradara Ridley Scott ini dijadwalkan tayang pada 15 Oktober 2021.

Itu dia 9 film adaptasi buku yang dijadwalkan tayang pada tahun 2021. Ada yang diadaptasi dari buku favoritmu?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE