Selain The Last of Us, ini Deretan Film Populer yang Dibintangi oleh Christine Hakim

Kemunculan Christine Hakim dalam serial terbarunya yakni The Last of Us sempat menghebohkan jagat perfilman Indonesia. Aktris senior tersebut muncul di episode ke-2 dan memerankan dokter Ratna, ilmuwan mikologi asal Indonesia. Peran vitalnya itu mengungkap fakta penting dalam serial ini yakni Jakarta sebagai sumber penyebaran virus zombie yang akan membahayakan dunia.

Advertisement

Christine Hakim memang terkenal sudah memerankan banyak film di sepanjang kariernya sejak tahun 1973 sampai sekarang. Lebih dari 40 judul film telah ia bintangi dan beberapa di antaranya sangat populer. Berikut ini rangkuman 6 film yang dibintangi oleh Christine Hakim.

Tjoet Nja Dhien (1988)

Tjoet Nja Dhien

Tjoet Nja Dhien | Foto dari IMDB

Film tentang biografi sejarah ini  menjadi film terbaik pada masanya. Mengisahkan tentang perjuangan seorang wanita asal Aceh bernama Cut Nyak Dien yang diperankan oleh Christine Hakim dalam melawan tentara Kerajaan Belanda yang saat itu sedang menguasai wilayah Aceh.

Film Tjoet Nja Dhien ini memenangkan Piala Citra sebagai Film Terbaik dalam Festival Film Indonesia tahun 1988. Film ini juga menjadi film pertama yang ditayangkan di Festival Film Cannes pada tahun 1989.

Advertisement

Jamila dan Sang Presiden (2009)

Jamila dan Sang Presiden

Jamila dan Sang Presiden | Foto dari IMDb

Disutradarai oleh Ratna Sarumpaet, film ini menceritakan kisah hidup seorang Pekerja Seks Komersial (PSK) yang masuk penjara karena telah membunuh seorang menteri. Film ini diadaptasi dari sebuah drama yang berjudul Pelacur dan Sang Presiden. Di film ini, Christine Hakim berperan sebagai Ria.

Ditayangkan pada tanggal 30 April 2009, film ini mendapatkan sambutan yang cukup hangat dari para penikmat film. Beberapa penghargaan dari berbagai negara juga didapatkan seperti Prancis, Italia, dan Taiwan.

Eat Pray Love (2010)

Eat Pray Love

Eat Pray Love | Foto dari IMDb

Advertisement

Eat Pray Love merupakan film Amerika Serikat yang diadaptasi dari novel Eat, Pray, Love karya Elizabeth Gilbert. Disutradarai oleh Ryan Murphy, film ini diperankan oleh aktris ternama Julia Roberts sebagai Elizabeth Gilbert yang memutuskan bercerai dengan suaminya yakni Steven yang diperankan oleh Billy Crudup.

Gilbert pun memutuskan untuk pergi ke berbagai negara seperti Italia, India, dan Indonesia. Dirilis pada tahun 2010, di film ini Christine Hakim memerankan karakter bernama Wayan yang merupakan sahabat Gilbert di Bali.

Perempuan Tanah Jahanam (2019)

Perempuan Tanah Jahanam

Perempuan Tanah Jahanam | Foto dari IMDb

Perempuan Tanah Jahanam merupakan salah satu film horror terbaik yang ditulis dan disutradarai oleh Joko Anwar. Dirilis tahun 2019, film ini mengisahkan tentang perjuangan dua orang sahabat yang bernama Maya dan Dini untuk bertahan hidup di ibukota.

Di film ini, Christine Hakim memerankan sosok Nyi Misni yang merupakan seorang tetua desa. Totalitas Christine Hakim dalam perannya membuat film Perempuan Tanah Jahanam mendapatkan banyak pernghargaan dengan berbagai kategori di Festival Film Indonesia.

Just Mom (2021)

Just Mom

Just Mom | Foto dari IMDb

Di film ini Christine Hakim berperan sebagai Ibu Siti yang merasakan kesepian karena anak-anaknya mulai sibuk dengan kehidupan masing-masing. Kondisi fisik Siti semakin menurun karena ia menderita kanker namun harus tetap merawat gelandangan yang memiliki gangguan jiwa bernama Murni.

Berkat perannya tersebut, film Just Mom mendapatkan penghargaan kategori Global Feature Award di Jakarta Film Week pada tahun 2021.

Sri Asih (2022)

Sri Asih

Sri Asih | Foto dari IMDb

Film bergenre action ini dirilis pada tahun 2022 dan diadaptasi dari seri buku komik klasik Indonesia berjudul sama karya R. A. Kosasih. Mengisahkan tentang seorang gadis kecil bernama Alana yang selalu melawan kemarahan yang seringkali menguasai dirinya.

Ketika beranjak dewasa, Alana menyadari bahwa ia bukanlah manusia biasa. Ia harus bisa mengendalikan amarahnya agar tidak mengalami kehancuran. Di film ini, Christine Hakim berperan sebagai Eyang Mariani.

Itu dia deretan film yang diperankan oleh Christine Hakim. Judul film mana yang paling jadi favoritmu?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Writing...

CLOSE