5 Film Hitam Putih ini Bakal Menyita Perhatianmu dengan Ceritanya. Nggak Kalah sama Film Berwarna

Film hitam putih

Perkembangan dunia film di dunia dari waktu ke waktu sangatlah signifikan dan banyak sekali dirasakan perubahannya. Mulai dari cerita atau tema yang diangkat, teknologi yang digunakan, hingga kualitas dari film-film itu sendiri. Dulu, bisa menonton sebuah film dengan gambar hitam putih aja rasanya udah seneng banget, beda dengan zaman sekarang yang udah fullcolor alias penuh dengan warna yang begitu unik. Tentunya dengan menyesuaikan tema film tersebut.

Advertisement

Kamu pernah nggak sih, nonton film dengan gambar hitam putih di zaman yang udah modern ini? Film dengan gaya lawas tersebut rupanya sampai sekarang pun masih banyak dipertahankan dengan berbagai macam alasan lo. Ada yang biar lebih dapat sensasinya, biar lebih menjiwai tentang isu yang diangkat, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah lima film bergaya jadul alias hitam putih di era modern yang bakal menyita perhatianmu dengan jalan ceritanya. Dijamin nggak bakal kalah dengan film-film berwarna kayak zaman sekarang!

1. Ngomongin tentang film hitam putih rasanya nggak lengkap jika nggak menyertakan “Schindler’s List”

Cuplikan Schlindler’s List / Credit: Cultura via cultura.id

Bagi para penikmat kisah-kisah tentang PD (Perang Dunia), tentu udah nggak asing lagi dengan film yang satu ini. “Schindler’s List” menjadi salah satu film terbaik dengan gaya hitam putihnya yang menceritakan betapa kelamnya sejarah holocaust yang dilakukan oleh Jerman. Hanya dengan mengikuti film yang satu ini, kamu akan paham bagaimana ngeri, ketakutan, dan kesedihan yang dirasakan oleh orang-orang pada saat itu. Meski berwarna hitam putih, film ini benar-benar menghipnotis kita dengan sinematografi serta jalan ceritanya yang begitu apik.

2. Melompat ke tahun 2013, jangan lewatkan juga film berjudul “Ida”

Ida / Credit: Sokreview via sokreview.wordpress.com

Singkat dan padat, begitulah kalimat yang tepat untuk merepresentasikan film yang dirilis pada tahun 2013 ini. “Ida” adalah film yang mengambil latar di Polandia pada tahun 1962. Film ini berkisah tentang seorang yatim piatu bernama Anna yang dibesarkan di sebuah biara. Ketika dewasa dan hendak diambil sumpah menjadi seorang biarawati, Anna memutuskan untuk menemui satu-satunya keluarga yang tersisa. Dari situlah drama dan perjalanan Anna dimulai. Oiya, film ini juga masuk nominasi Oscar  pada tahun 2014 lo!

Advertisement

3. Suka dengan isu-isu feminisme? Kayaknya kamu harus nonton “Roma”

Roma / Credit: Medium via medium.com

Bergeser ke tahun 2018, film rilisan Netflix yang satu ini juga bakal membiusmu dengan ceritanya yang begitu apik dan epik. “Roma” bercerita tentang seorang perempuan dari Meksiko yang membanting tulang sebagai asisten rumah tangga di keluarga berdarah campuran. Lewat Roma, pembuat film ini berhasil memasukkan isu-isu feminisme dan juga permasalahan politik yang terjadi di Meksiko pada tahun 1970-an silam.

4. Sedikit mundur ke tahun 2012, ada “Frances Ha” yang sarat dengan pelajaran hidup yang penuh dengan lika-liku

Frances Ha / Credit: Cultura via www.cultura.id

Bisa dibilang bahwa film ini merupakan salah satu film bergaya jadul yang di dalamnya penuh dengan pelajaran hidup. “Frances Ha” adalah film yang bercerita seputar gadis berusia 27 tahun yang tinggal di New York untuk mengejar impiannya sebagai penari profesional. Suatu ketika, ia mendapat persoalan yang membuatnya nggak bisa membayar sewa apartemen yang ia tempati. Nah, kalau kamu lagi pengin lihat gimana perjuangan orang-orang di luar sana untuk mengejar mimpinya, bisa nih nonton film yang satu ini.

5. “The Lighthouse”, kisah dua penjaga mercusuar yang melawan kesepian saat bertugas

The Lighthouse / Credit: Indiewire via www.indiewire.com

Membaca kata mercusuar seharusnya udah terbayang-bayang bagaimana cerita yang diangkat dalam film ini. Dingin, kesepian, depresi, dan berbagai macam perasaan kalut lainnya tergambar dalam film tersebut. “The Lighthouse” adalah film yang menceritakan tentang dua orang petugas mercusuar yang berperang melawan rasa kesepian mereka di tengah gelapnya tempat kerjanya. Meski sedikit membingungkan, penonton akan benar-benar dibawa masuk ke dalam rasa sepi yang dialami oleh mereka berdua.

Film dengan warna hitam putih yang khas dengan gaya jadul tentu memiliki sensasi tersendiri saat dinikmati. Terlebih jika film tersebut mengangkat cerita masa lampau yang menjadi sejarah besar bagi dunia. Dijamin kamu bakal menemukan warna lain selain dua warna yang dihadirkan pada film-film tersebut.

Ikuti Instagram @wolesjon, biar nggak ketinggalan informasi seputar cowok dan dunia hiburan lainnya, kuy!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE