8 Film Horor Lokal Terbaik Era 2000-an yang Bisa Bikin Kamu Merinding Ketakutan

Pada tanggal 30 Maret kemarin, kita baru saja melewati Hari Film Nasional. Hari tersebut merupakan momen untuk mengapresiasi karya-karya film di Indonesia. Film Indonesia sendiri sudah memuai produksi semenjak zaman penjajahan Belanda. Namun titik terang perfilman Indonesia dimulai pada 1950, ketika Umar Ismail berhasil memproduksi film berjudul Darah dan Doa atau The Long March of Siliwangi.

Advertisement

Perfilman Indonesia pun terus berkembang seiring berjalannya waktu. Berbagai tema pun sering diluncurkan oleh para pegiat film di Indonesia. Salah satu tema film yang digandrungi oleh masyarakat Indonesia adalah horor.

Ngomongin tentang film horor, tahun 2000-an merupakan masa di mana film-film horor lokal  mengalir deras. Mulai dari film horor yang absurd sampai film horor yang memiliki kengerian tinggi tinggi. Hipwee hiburan telah merangkum sederet film horor terbaik era 2000-an tersebut.

1. Jelangkung (2001)

Poster Film Jelangkung

Poster Film Jelangkung (2001) | via IMDb via www.imdb.com

Bisa dibilang film Jelangkung (2001) menjadi pelopor suksesnya film horor sukses secara kualitas maupun penonton pada tahun 2000-an. Film ini berkisah mengenai empat sabahat yang memiliki hobi mengenai hal-hal yang berbau klenik.

Advertisement

Suatu hari mereka berkunjung ke sebuah desa yang benama Angker batu. Mereka pun melakukan hal gila yaitu bermain jelangkung diatas kuburan keramat. Akibatnya, ritual memanggil Jelangkung membawa malapetaka besar.

Film yang digarap oleh Rizal Mantovani dan Jose Purnomo menjadi pembuka pintu bagi para sineas lainnya untuk membuat tema yang sama.

2. Tusuk Jelangkung (2003)

Tusuk Jelangkung

Tusuk Jelangkung | via IMDb via www.imdb.com

Advertisement

Film yang merupakan sequel daari film Jelangkung yang disutradarai oleh Dimas Djayadiningrat. Seperti kisah sebelumnya, film Tusuk Jelangkung juga mengisahkan sekelompok anak muda yang bermain jelangkung di rumah salah satu anak muda yang masih hidup di film Jelangkung pertama.

Tidak kalah dengan film Jelangkung sebelumnya, film Tusuk Jelangkung menyuguhkan adegan-adegan yang menyeramkan dan lebih berani dari film sebelumnya. Ditambah dengan visual yang mencekam dan ditambah adegan action yang membuat penonton lebih deg-degan.

3. Pocong 2 (2006)

Pocong 2006

Pocong 2006 | via IMDb via www.imdb.com

Film Pocong 2 merupakan sequel dari film Pocong yang di sutradarai  oleh Rudi Soedjarwo dan Monti Tiwa yang sempat dilarang tayang oleh Lembaga Sensor Indonesia akibat adegan yang terlalu sadis. Film Pocong 2 mengisahkan dua saudari yang membeli apartemen murah. Apartemen yang dijual murah tersebut ternyata memiliki rahasia kelam yang tersimpan. Kehadiran pocong yang meneror mereka memberikan petunjuk tentang rahasia kelam apartemen tersebut.

4. Kuntilanak (2006)

Kuntilanak (2006)

Kuntilanak (2006)  | via IMDb via www.imdb.com

Samantha (Julie Estelle) tinggal di sebuah kosan murah yang menyimpan misteri. Di kosan tersebut memiliki sebuah jermin antik yang menyimpan misteri kemunculan sosok kuntilanak yang sangat menyeramkan.

Film yang disutradarai oleh Rizal Mantovani ini sempat menjadi Box Office pada jamannya. Lagu Lengsir Wengi yang dinyanyikan dalam film itu membuat siapapun yang menontonnya pasti merindik ketakutan.

5. Takut: Face of Fear (2008)

Takut: Faces of Fear (2008)

Takut: Faces of Fear (2008) | via IMDb via www.imdb.com

Sesuai slogan dalam poster, film Takut menampilkan enam cerita pendek yang menyeramkan. Salah satu andalan dalam film ini adalah Dara/Darah yang di sutradarai oleh The Timo Brother.

6. Rumah Dara/Darah (2009)

Rumah Dara (2009)

Rumah Dara (2009) / via IMDb via www.imdb.com

Mendulang kesuksesan dalam Film Takut: Faces of Fears (2008), Timo Brother sukses membuat full-lenght feature Rumah Dara. Film ini berkisah mengenai sebuah kelurga yang sering menculik dan memangsa orang asing. Film Rumah Dara sukses memenangkan penghargaan di dalam maupun luar negeri, salah satunya dalam Festival Film Busan di Korea Selatan.

7. Pintu Terlarang (2009)

Pintu Terlarang (2009)

Pintu Terlarang (2009) / via IMDb via www.imdb.com

Salah satu film Joko anwar yang menawarkan kengerian dan plot twist yang luar biasa.  FIlm ini menceritakan mengenai seorang seniman patung bernama Gambir yang sukses dengan karyanya. Ia pun memutuskan menikah dan pindah ke rumah sang istri. Gambir menemukan sebuah pintu misterius. Rasa penasaran Gambir pun membuka suatu rahasia terpendam.

8. Keramat (2009)

Keramat (2009)

Keramat (2009) | via IMDb via id.wikipedia.org

Film ini bercerita mengenai sekelompok crew film yang sedang membuat sebuah film di Bantul. Namun, mereka diterpa masalah ketika salah satu pemain film bernama Migi dirasuki sosok nenek dan tiba-tiba hilang. Para crew film tersebut pun haru mencari Migi sebelum matahari terbit.

Suguhan yang berbeda yang ditambilkan oleh Monty Tiwa. Tidak adanya skenario dalam film ini menjadi suguhan yang menarik dan sangat mencekam. Adegan-adegan yang disuguhkan layanya seperti video dokumentasi menambah kesan horor yang membuat penontonnya ketakutan.

Gimana, apakah kamu sudah pernah menonton film-film diatas? Film-film horor Indonesia pun tak kalah menyeramkan dengan film horor luar negeri. Jika kamu menyukai film yang bertemakan horor, bisa banget film di atas masuk daftarmu~

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE